Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Memiliki Hobi yang Jarang Anda Sadari

7 Manfaat Memiliki Hobi yang Jarang Anda Sadari

Setiap orang memiliki satu aktivitas yang tidak berkaitan dengan pekerjaan atau cita-cita. Inilah yang disebut sebagai hobi atau sesuatu yang dilakukan saat melepas penat. Meski tak jarang dianggap sebagai kegiatan yang membuang waktu, hobi ternyata memiliki dampak yang positif untuk Moms, Dads, dan juga Si Kecil! Apa saja manfaat yang bisa dirasakan dengan memiliki dan melakukan hobi di waktu senggang?

1. Menghilangkan Stres

Kesibukan yang dijalani memang bisa menimbulkan stres pada diri kita. Karenanya, luangkan waktu Anda sejenak untuk melakukan hobi agar stres bisa teratasi. Selain menaikkan mood, tubuh akan lebih sehat secara fisik maupun mental. Kinerja otak juga bisa kembali segar dan Anda pun bisa fokus menjalani kegiatan berikutnya.



2. Menambah Teman

Melakukan hobi yang Anda sukai juga bisa menjadi sarana menemukan teman baru, lho. Moms dan Dads bisa mengikuti komunitas atau klub dengan anggota yang punya hobi serupa. Pertemanan pun tidak hanya berkisar di lingkup kecil, tapi bisa saja menyebar sampai ke berbagai daerah.

3. Melatih Kreativitas

Rutinitas yang monoton dan itu-itu saja setiap hari nyatanya bisa menumpulkan daya kreativitas Anda, khususnya orang dewasa. Misalnya dengan hobi bernyanyi atau menari, Anda dituntut untuk menghafal lirik maupun gerakan koreografi. Bagi Anda yang suka bermain word puzzle atau bereksperimen dengan hal lain, aktivitas tersebut akan melatih otak untuk menciptakan metode baru agar goals bisa terpenuhi.



4. Menambah Pendapatan

Hobi yang ditekuni dan dilakukan sesuai dengan passion bisa membantu Anda untuk menambah pundi-pundi. Sebagai contoh, bagi Moms dan Dads yang hobi memasak, Anda bisa menciptakan menu baru yang tak hanya disukai keluarga, tapi juga orang lain yang tertarik untuk membelinya. Anda bisa menjualnya secara online dan hobi ini pun dapat menjadi sumber penghasilan tambahan keluarga.


5. Meningkatkan Kemampuan (Skill)

Tak hanya kreativitas, skill atau kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu juga bisa bertambah dengan melakukan hobi. Misalnya Moms jadi bisa mengajarkan orang lain atau Si Kecil menciptakan prakarya unik dari hobi Anda menciptakan suatu benda dari barang bekas. Kemampuan ini juga akan menimbulkan pola pikir baru serta menjadi multitasking saat menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Jadi Lebih Tahu

Meski sudah dewasa, Moms dan Dads juga masih perlu memiliki sifat penasaran atau ingin tahu tentang sesuatu. Tidak hanya sekadar kepo, pengetahuan yang Anda dapatkan sembari menjalankan hobi akan bisa menambah kecerdasan dan wawasan Anda. Hal ini pun bisa Anda bagikan kepada Si Kecil sehingga ia juga jadi tahu tentang lebih banyak hal.

7. Menjadi Terkenal

Anda bisa merekam diri saat melakukan hobi lalu mengunggahnya ke media sosial. Hal ini bisa saja akan membuat Anda menjadi viral hingga terkenal dan banyak yang menyukai. Meski tidak menjadi tujuan utama, kepopuleran Anda di media sosial media bisa menjadi karier Anda selanjutnya, nih.

Jadi, apa hobi Moms dan Dads? (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   hobi,   manfaat punya hobi