Mother&Baby Indonesia
Gaya Pengasuhan Anak Paling Ideal Berdasarkan Zodiak Anda

Gaya Pengasuhan Anak Paling Ideal Berdasarkan Zodiak Anda

Menjadi orang tua dan membesarkan anak adalah tanggung jawab yang besar. Meskipun mungkin tampak mudah dan indah, mengasuh anak pada kenyataannya bukanlah perkara gampang. Setiap orang tua pun memiliki caranya masing-masing dalam membesarkan anak mereka. Begitu pula dengan pendekatan yang mereka gunakan saat mengasuh anak-anaknya sehingga bisa membentuk anak mereka menjadi pribadi yang baik dan luar biasa. 

Ada banyak parenting style yang bisa Anda jadikan referensi dalam mengasuh anak, salah satunya adalah sesuai dengan zodiak Anda, Moms. Ya, dengan memahami diri Anda sepenuhnya dan mengenal lebih jauh karakter zodiak Anda, Moms bisa melakukan pendekatan dan membesarkan anak-anak Anda dengan benar dan lebih mudah. Berikut ini, gaya pengasuhan atau cara membesarkan anak sesuai dengan zodiak Anda.



1. Aries

Orang tua Aries selalu antusias dengan masa depan dan ambisi anak mereka. Meski mendorong anak Anda untuk mencapai impiannya merupakan hal yang positif, namun terkadang sikap tegas Moms bisa berdampak buruk pada pikiran anak Anda. Oleh karena itu, meskipun Moms menyayangi anak Anda dan ingin ia menjadi yang terbaik, penting juga untuk membiarkannya tumbuh dan menjadi dewasa dengan kecepatannya sendiri.

2. Taurus

Orang tua Taurus akan selalu berusaha melindungi anak mereka dari segala kejahatan di dunia. Namun Moms sering lupa bahwa seberapa besar pun usaha Anda untuk melindungi anak Anda dari kejamnya dunia, Anda justru bisa menjauhkan diri dari anak Anda. Hal ini dikarenakan Anda merampas hak anak untuk menjelajahi dan menjalani berbagai hal di dunia sendirian.

3. Gemini

Seberapa keren dan hebatnya Anda, tetapi sebagai orang tua, Moms harus tahu kapan Anda harus bertindak sebagai teman dan kapan harus berperan sebagai orang tua. Karena itu, cobalah untuk menciptakan keseimbangan dalam hubungan Anda dengan anak Anda. Moms harus tahu kapan mesti bersenang-senang dengan anak Anda dan kapan harus bersikap tegas padanya.

4. Cancer

Pemilik zodiak Cancer adalah orang tua paling emosional dan sensitif saat mengurus anak. Meski Anda merasa benar karena telah membanjiiri anak dengan cinta, kasih, serta dukungan, namun Anda juga harus belajar untuk menjaga emosi Anda, terutama saat anak Anda membuat kesalahan. Dengan begitu ia akan memahami nilai cinta dan perhatian yang Anda berikan padanya dan tak akan menyalahgunakannya.



5. Leo

Memiliki kepribadian sebagai pemimpin secara alami, tak heran bila orang tua Leo tahu bagaimana harus mengurus anak-anak mereka dengan baik dan terkendali. Namun sebenarnya, daripada Anda telalu kasar dan mendominasi, coba tanyakan tentang kesukaan dan ketidaksukaan anak. Kenali perasaannya dan belajarlah untuk mendengarkan demi menjadi orang tua yang lebih baik.

6. Virgo

Orang tua Virgo dikenal karena ketulusan dan dedikasinya dalam membesarkan anak mereka. Selain memahami apa saja kebutuhan anak, mereka juga secara naluriah bisa mendeteksi rasa sakit dan ketidaknyamanan emosional anak. Namun terkadang, orang tua Virgo mungkin tampak terlalu kritis terhadap anak mereka, sehingga membuat anak tampak tidak bahagia dan stres. Maka sebagai orang tua, Anda harus belajar menjaga keseimbangan antara mendorong anak Anda mencapai kesuksesannya dan tetap mengajarinya tentang kegagalan.

7. Libra

Orang tua Libra paling mahir menjaga keseimbangan dalam mengurus anak. Mereka bisa sangat manipulatif dalam menangani perilaku anak, yang mungkin terlihat benar pada titik waktu tertentu, tetapi juga dapat menyebabkan konsekuensi serius di masa depan.

8. Scorpio

Dikenal penuh gairah, orang tua Scorpio bisa sangat posesif terhadap anak mereka. Mereka ingin anak mereka menjadi pribadi dewasa yang luar biasa sehingga mereka akan menempatkan anak di lingkungan yang terbatas, di mana anak tidak memiliki kebebasan untuk mempraktikkan individualitasnya. Meski terkesan sebagai langkah untuk melindungi anak Anda, kenyataannya, Anda hanya merampas kebebasannya.

9. Sagitarius

Orang tua Sagitarius mungkin tampak tidak terlalu peduli dan mengabaikan masalah anak mereka karena mereka dikenal memiliki pribadi yang bebas dan berpetualang. Namun, Anda tetap harus menjaga tanggung jawab Anda sebagai orang tua dan menyadari kebutuhan emosional dan fisik anak Anda.

10. Capricorn

Capricorn adalah tipe orang tua yang tegang. Karena hal ini, mungkin mereka akan kesulitan untuk bisa terhubung secara emosional dengan anak mereka, kecuali mereka mencobanya. Meski di sisi lain Anda mungkin sangat praktis dan logis, perlu diingat bahwa emosi adalah satu-satunya hal yang akan membantu Anda mengembangkan hubungan dengan anak Anda.

11. Aquarius

Orang tua Aquarius senang mengajari anak mereka tentang pentingnya kebebasan. Mereka tidak mengambil ruang anak mereka dan tidak membiarkan anak mereka melewati batas. Namun, dengan melakukan itu, mereka sepertinya menghilangkan kesempatan untuk membangun hubungan dekat dengan anak mereka. Maka selain mengasuh anak Anda dengan pemikiran kreatif dan kecerdasan, berikan pula anak cinta dan perhatian yang ia butuhkan.

12. Pisces

Pisces dikenal sangat idealis dan optimis. Dalam hal membesarkan anak, mereka sangat berhasil dan tahu bagaimana menjaga kepolosan anak. Namun sebagai orang tua, seharusnya Anda tak hanya memberikan gambaran positif tentang dunia, tetapi juga harus mengeksposnya pada kemungkinan bahaya yang suatu saat nanti menghampirinya sehingga anak tahu bagaimana caranya mempertahankan diri. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   gaya pengasuhan anak,   parenting style