Mother&Baby Indonesia
Self Love, Ini Pentingnya Ibu Mengapresiasi Diri dan Caranya!

Self Love, Ini Pentingnya Ibu Mengapresiasi Diri dan Caranya!

Ibu. Saat mendengar kata itu, apa sih, yang langsung terlintas di pikiran Moms?  Superwoman, kah? Sosok yang mengasuh anak tanpa pamrih, pintar memasak, bisa menjadi guru untuk Si Kecil, jago menata rumah, atau lainnya? Ya Moms, ibu merupakan sosok yang memegang peranan penting dalam keluarga. Ibu memiliki bermacam peran dan “dituntut” untuk bisa melakukan banyak hal demi memenuhi kebutuhan suami, anak-anak, dan keluarganya.

Namun, tak hanya perannya sebagai “expert” yang bisa mewarnai sebuah keluarga, kondisi emosional ibu juga sangat memengaruhi kebahagiaan emosional keluarga secara keseluruhan. Karena itu, bila muncul emosi yang bersifat negatif, salah satu penyebabnya adalah lantaran ibu yang jarang atau bahkan tak pernah mengapresiasi dirinya sendiri karena terlalu sibuk memikirkan keluarga dan orang-orang lain.



Pentingnya Ibu Mengapresiasi Diri

Menjadi ibu memang penuh tantangan ya, Moms. Apalagi, ketika Moms adalah seorang ibu baru, pastinya akan ada banyak hal yang harus Moms pelajari. Sering kali media sosial pun menjadi tempat belajar favorit bagi para orang tua karena alasan praktis dan kaya informasi.

Sayangnya Moms, terkadang apa yang Moms lihat di media sosial justru membuat Moms mulai membanding-bandingkan diri sendiri dengan pencapaian ibu lainnya. Alhasil, bukannya mendapatkan ilmu, para ibu baru ini justru menjadi tak percaya diri.

Bahkan, banyak juga ibu yang mulai menyalahkan diri sendiri, membenci diri sendiri, hingga berujung stres. Padahal, tanpa Moms sadari, sudah banyak lho, hal-hal yang sudah Moms lalui dengan hebat dan patut diapresiasi, setidaknya oleh Moms sendiri.

"To fall in love with yourself is the first secret to happiness."

-Robert Morely

Selain baik untuk kesehatan mental, sangat penting bagi para ibu untuk memiliki self love dan terbiasa untuk mengapresiasi dirinya sendiri, karena:

1. Dengan mengapresiasi diri sendiri, Moms akan lebih bisa menghargai segala usaha yang telah Moms lakukan selama ini. Percaya deh Moms, dengan menyadari kehebatan Moms untuk berjuang dan bertahan demi mencapai hal-hal yang diinginkan, semua kerja keras Moms rasanya terbayar lunas, meski tak semua hal tersebut tercapai sekalipun.



2. Jika Moms sudah merasa bahagia dengan diri sendiri, maka akan lebih mudah pula bagi Moms untuk membahagiakan anak, suami, dan orang-orang lain di sekitar Anda.

3. Saat Moms bisa mencintai dan mengapresiasi diri sendiri, maka akan muncul motivasi dan optimisme serta semangat untuk mencapai keinginan-keinginan, bahkan untuk meraih mimpi baru Anda.

Cara Sederhana Mengapresiasi Diri

Dalam keseharian, seorang ibu sering kali menaruh orang lain di atas segalanya sebelum diri sendiri. Padahal, seperti kata pepatah, bagaimana kita bisa mencintai orang lain jika kita tidak mencintai diri sendiri? Ya betul, sebelum membahagiakan suami, anak, dan orang-orang di sekitar Anda, tentu Moms harus bahagia dengan diri sendiri dulu.

Tak sulit kok, Moms! Anda bisa mulai melakukan cara-cara sederhana mengapresiasi diri sendiri seperti berikut:

1. Jujur dengan diri sendiri

Yang pertama kali harus Moms lakukan adalah melihat diri Anda apa adanya. Jika memang tidak suka, kenapa harus dilakukan? Jika memang tak mau, kenapa harus dipaksakan? Ya, jadilah pribadi yang lebih lembut terhadap diri sendiri dan coba untuk selalu memaafkan diri sendiri atas segala kegagalan, kesalahan, keputusan buruk, negative self-talk, kekurangan, bahkan atas kesalahan telah memercayai orang yang menyakiti kita. Dengan melakukan hal ini, Moms akan lebih mudah menerima diri sendiri dan membantu Anda untuk lebih jelas menentukan arah tujuan hidup serta memahami arti sukses versi diri Anda sendiri.

2. Memberi pujian setiap hari

Tak ada salahnya (justru bagus!) untuk memuji diri sendiri lho, Moms. Coba deh, lihat ke cermin setiap bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur malam sambil melontarkan pujian secara lisan terhadap diri sendiri. Moms bisa mengatakan hal-hal positif seperti, “Kamu hebat, cantik, dan keren!”, atau “Kamu layak untuk dicintai, lho”, dan sebagainya. Percaya deh, ini pasti bisa meningkatkan semangat Anda untuk menjalani aktivitas setiap harinya.

3. Luangkan waktu untuk me time

“Pekerjaan” menjadi ibu memang tak mengenal waktu, karena itu, untuk memiliki me time, ya harus diusahakan. Tak perlu pergi sendiri berhari-hari kok Moms, untuk memiliki waktu berkualitas untuk diri sendiri. Cukup lakukan hal-hal yang Anda suka, mulai dari sekadar tidur siang atau mandi tanpa diganggu, menonton film favorit, ngobrol dengan sahabat, melakukan hobi, dan sebagainya. Jangan lupa minta bantuan suami atau support system lainnya untuk menggantikan “tugas” Anda sementara. Ingat, jangan pernah merasa bersalah karena sudah meminta me time Anda, ya.

4. Dandan!

Berpakaian lusuh atau tidak menyisir rambut karena berpikir tidak perlu melakukannya saat berada di rumah? Duh, mungkin Moms tak sadar, tapi ini bisa memengaruhi mood, lho. Coba deh, kenakan pakaian rapi, sisir rambut Anda, pulaskan makeup tipis natural serta semprotkan parfum favorit Anda. Dijamin, ini bisa menjadi mood booster dan rasa percaya diri Moms makin meningkat. Bonusnya, dijamin Dads juga makin cinta!

5. Menghadiahi diri sendiri dengan barang idaman

Siapa sih, yang tidak senang mendapatkan barang yang sudah diimpikan sejak lama? Tapi ingat, jangan sampai menguras rekening dan mengganggu dana rumah tangga ya, Moms. Dalam rangka mengapresiasi diri, Moms bisa menyisihkan sedikit uang selama beberapa waktu dan membuat tabungan khusus untuk membeli barang yang Anda idamkan.

6. Menulis jurnal

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa menulis jurnal memiliki banyak manfaat. Selain untuk mengapresiasi diri, menulis jurnal bisa membuat kita lebih menghargai hidup. Mungkin awalnya terlihat sulit, tapi lama-kelamaan, Moms pasti terbiasa dan malah menyukainya. Coba untuk meluangkan waktu setiap hari untuk menuliskan hal-hal yang Anda syukuri di hari itu. Supaya lebih semangat, beli buku jurnal yang cantik dengan pulpen warna-warni.

7. Self healing

Mungkin tidak Moms sadari, namun kesalahan atau peristiwa tak menyenangkan di masa lalu bisa menghantui diri Anda di masa sekarang. Cara paling mudah melakukan self healing adalah dengan memilih waktu tenang, lalu berbaring atau duduk santai untuk menenangkan pikiran, tarik napas panjang dan embuskan, lalu kenali emosi Anda dan lakukan proses memaafkan diri sendiri. Jika masih ragu cara melakukannya, saat ini sudah banyak kok, Moms, kelas-kelas self healing yang bisa Anda ikuti.

8. Ceritakan pencapaian Anda!

Curhat ke orang terdekat juga bisa menjadi cara sederhana untuk mengapresiasi diri sendiri lho, Moms. Tanpa bermaksud pamer tentunya, Moms bisa berbagi kabar baik atas pencapaian Anda ke orang-orang yang Anda percaya. Dengan bercerita, Anda juga bisa melepaskan emosi bahagia yang akan membuat diri Anda lebih lega dan percaya diri.

9. You are enough!

Stop membanding-bandingkan karena menjadi ibu bukanlah suatu perlombaan. Mencari kesempurnaan adalah suatu hal yang berlebihan, jadilah bahagia dan merasa cukup.

Selamat berbahagia, Moms! (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: self love,   apresiasi diri,   ibu,   mental ibu