Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Pentingnya Orang Tua Merasa Bangga pada Anak

Moms, Ini Pentingnya Orang Tua Merasa Bangga pada Anak

Ada banyak faktor yang dapat membantu Si Kecil tumbuh optimal sebagai anak yang sehat, baik sehat fisik maupun sehat mental. Beberapa hal yang penting untuk anak antara lain adalah pemberian nutrisi yang cukup, stimulasi kognitif dan psikososial, serta tentunya dukungan emosi dari Moms dan Dads sebagai orang tuanya.

Pada Konferensi Pers Daring Gerakan 1 Juta Bunda Bangga bersama Nestlé Dancow Nutritods pada 2 Maret 2021 lalu, dinyatakan bahwa ada satu hal lain yang tak kalah penting dalam mendukung perkembangan Si Kecil, yakni mengekspresikan rasa bangga terhadap anak.



Kok bisa? Untuk tahu jawabannya, yuk simak penjelasan berikut ini, Moms!

Bukan Sekadar Kata-kata

Nutrisi yang cukup dapat menyokong pertumbuhan fisik balita Anda agar tubuhnya bugar dan sehat saat Si Kecil menjalani hari-harinya. Stimulasi kognitif dan psikososial yang memadai dapat mendukung proses anak belajar dan perkembangan mentalnya dengan optimal. Sedangkan rasa bangga orang tua bisa melengkapi seluruh proses tersebut.

Setiap proses yang dilakukan Si Kecil sama penting dengan pencapaiannya, sehingga orang tua perlu memberikan apresiasi dan merayakan setiap proses dan pencapaian yang diraih Si Kecil. Apresiasi terhadap proses dan pencapaian Si Kecil juga penting untuk mendukung tumbuh kembangnya lho, Moms. 



Di acara virtual ini Monica Sulistiawati, M.Psi., Psikolog Klinis, menyatakan bahwa sangat penting bagi orang tua untuk mengungkapkan rasa bangganya kepada Si Kecil yang masih balita.

“Di 5 tahun awal, otak anak berkembang dengan pesat. Sayangnya, di usia ini ia sangat sensitif sehingga momen ini termasuk kritis bagi perkembangannya. Mengekspresikan rasa bangga bisa membantu Si Kecil merasa aman sehingga ia dapat tumbuh dengan optimal,” kata Monica.

Rasa aman yang dirasakan oleh Si Kecil akan mendorongnya untuk mampu menyerap dan memproses stimulasi dan mendukungnya untuk bereksplorasi. Selain kesehatan fisik, kedua hal ini termasuk pilar penting dalam pertumbuhan seorang anak.

Manfaat Rasa Bangga dan Apresiasi

Di acara ini, Monica menekankan pentingnya bagi Moms dan Dads untuk menunjukkan perasaan bangga kepada Si Kecil. Pasalnya, Moms dan Dads adalah sosok yang signifikan bagi Si Kecil. “Anda adalah main influence bagi Si Kecil,” tutur Monica. Rasa bangga Anda membuat Si Kecil merasa dicintai dan diakui, mendorongnya merasa aman terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya, sehingga mampu mendorong perkembangan Si Kecil agar maksimal.

Menurut Monica, mengekspresikan rasa bangga dapat memberi dampak positif, baik bagi orang tua maupun anak. Bagi Si Kecil, apresiasi Anda dapat meningkatkan rasa harga diri yang positif (self-esteem), rasa percaya diri, kegigihan atau pantang menyerah, kemampuan fokus yang baik, kooperatif, serta lebih bahagia. “Semua hal tersebut bisa mendukung Si Kecil menjadi anak unggul Indonesia yang berani, cerdas, kreatif, peduli, dan berjiwa pemimpin,” ujar Monica.

Sedangkan manfaat merasa bangga terhadap anak bagi orang tua antara lain bisa menjadi lebih peka terhadap kebutuhan perkembangan anak, efikasi diri (rasa yakin bahwa dirinya mampu), serta meningkatkan kualitas interaksi yang positif. Hal-hal ini dapat mendukung Anda semakin siap dalam mendampingi pertumbuhan Si Kecil di masa depan. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: parenting,   keluarga,   bangga pada anak