Mother&Baby Indonesia
Khasiat Kuning Telur Bebek untuk Kesuburan dan Program Hamil

Khasiat Kuning Telur Bebek untuk Kesuburan dan Program Hamil

Moms, apakah Anda dan pasangan sedang menjalankan program hamil? Untuk mendukung hal tersebut, salah satu yang perlu Anda lakukan bersama pasangan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi guna meningkatkan kesuburan sehingga bisa memperbesar peluang kehamilan Anda.

Nutrisi memang menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan saat Anda tengah berusaha untuk hamil, Moms. Nah, salah satu makanan yang bagus untuk meningkatkan kesuburan adalah telur bebek, terutama bagian kuningnya. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat kuning telur bebek untuk meningkatkan kesuburan dan mendukung program hamil Anda.



Kandungan Nutrisi Kuning Telur Bebek

Moms mungkin lebih sering mengonsumsi telur ayam dibandingkan telur bebek. Namun, telur bebek juga tak kalah lezatnya, lho. Bahkan, kandungan nutrisi pada telur bebek jauh lebih tinggi dan lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam. Telur bebek sendiri lebih sering diolah menjadi telur asin untuk dikonsumsi.

Telur bebek mengandung protein, lemak, dan antioksidan. Selain itu, telur bebek juga kaya akan vitamin dan mineral. Sementara kuning telur bebek sendiri mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari My Fitness Pal, kuning telur bebek punya kandungan nutrisi berupa protein, kolin, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, sodium, kalium, kalsium, selenium, dan zat besi.



Manfaat Kuning Telur Bebek untuk Kesuburan

Seperti telah disebutkan, kuning telur bebek mengandung vitamin B12 yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Vitamin ini berperan dalam memproduksi komponen genetik DNA dan RNA dari telur serta sperma. Pada pria, vitamin B12 penting untuk pembentukan dan pematangan sperma. Kekurangan vitamin ini akan berpengaruh pada jumlah sperma. Sedangkan pada wanita, kekurangan vitamin ini akan menyebabkan masalah pada kesuburannya.

Kandungan selenium pada kuning telur bebek juga punya fungsi penting untuk kesuburan dan kehamilan. Mikronutrien ini membantu mendukung folikel rahim yang sehat, di mana telur dikembangkan dan dilepaskan. Kekurangan selenium dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, keguguran, dan dapat merusak sistem saraf janin yang sedang berkembang. Sementara, kekurangan selenium pada pria dapat menyebabkan kemandulan dengan menurunkan motilitas sperma dan kualitas air mani.

Kuning telur bebek juga mengandung vitamin E yang berfungsi untuk memperbaiki sel dan juga efektif sebagai vitamin kesuburan. Vitamin E merupakan nutrisi penting untuk ovarium dan baik dikonsumsi untuk mendukung kualitas sel telur. Selain itu, zat besi dalam kuning telur bebek juga punya pengaruh besar terhadap kesuburan. Kekurangan zat besi berisiko mengalami anovulasi, yaitu kondisi tidak terjadinya ovulasi (tubuh tidak memproduksi atau melepaskan sel telur).

Sebagai informasi tambahan, kuning telur bebek yang berwarna lebih oranye mengandung lebih banyak karotenoid, yaitu antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat adanya radikal bebas di dalam tubuh.

Perhatikan Ini saat Mengonsumsi Kuning Telur Bebek

Telur bebek memang lebih sering diolah menjadi telur asin untuk dikonsumsi. Namun, Anda juga bebas mengolah telur bebek menjadi masakan apa pun atau dibuat secara sederhana seperti telur dadar, telur ceplok, maupun telur rebus. Meskipun begitu, Moms juga perlu berhati-hati saat mengonsumsinya karena kandungan kolesterol pada kuning telur bebek lumayan tinggi, lho. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   telur bebek,   kuning telur bebek,   kesuburan