Mother&Baby Indonesia
8 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Picu Sakit Kepala

8 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Picu Sakit Kepala

Setiap orang tentu pernah mengalami sakit kepala. Meski lumrah terjadi, sakit kepala merupakan hal yang menyebalkan, apalagi bila sakit kepala tersebut terasa sangat menyakitkan sehingga jadi mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Sakit kepala bisa terjadi kapan saja, tak jarang terjadi secara tiba-tiba, dan disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurang tidur, mendengar suara keras, sampai stres. Selain itu, sakit kepala juga mungkin bisa terjadi setelah Anda melakukan atau tidak melakukan hal tertentu.



Namun, tanpa disadari, ada hal lain yang bisa memicu sakit kepala, yaitu makan yang Anda konsumsi. Diketahui ada jenis makanan dan minuman tertentu yang telah dikaitkan dengan penyebab sakit kepala, dan mengurangi mengonsumsinya dapat membantu meredakan nyeri. Apa saja jenis makanan dan minuman tersebut?

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah tersehat yang memliki banyak manfaat kesehatan. Namun bagi sebagian orang, mengonsumsi alpukat bisa memicu sakit kepala. Hal ini disebabkan kandungan tiramin pada alpukat yang diketahui bisa membuat pembuluh darah mengerut kemudian berkembang sehingga menyebabkan sakit kepala yang parah.

2. Pisang

Selain alpukat, pisang juga diketahui bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini juga dikarenakan kandungan tiramin di dalamnya, yang bila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang.



3. Makanan yang mengandung MSG

Monosodium glutamat atau MSG merupakan zat tambahan pada makanan yang disinyalir dapat menyebabkan mual dan sakit kepala. Melansir laman Halodoc, sakit kepala yang mungkin dialami setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung MSG dikaitkan dengan zat glutamat, di mana kandungan zat ini disebut bisa memengaruhi aktivitas pembuluh darah yang pada akhirnya memberi respons berupa sakit kepala.

4. Daging yang diawetkan

Hot dog dan bacon merupakan jenis daging yang diawetkan (cured meat) yang selalu terlihat segar. Hal ini dikarenakan penggunaan nitrat dan nitrit untuk proses pengawetannya. Namun, senyawa tersebut diketahui dapat melebarkan pembuluh darah dan pada gilirannya bisa memicu sakit kepala. Selain itu cured meat juga sangat asin, sehingga bisa menyebabkan dehidrasi dan memicu sakit kepala.

5. Keju

Keju tua juga mengandung tiramin yang dapat menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah Anda sehingga menyebabkan sakit kepala yang berat.

6. Kecap

Kecap diketahui memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan dehidrasi. Bahkan dehidrasi ringan sekalipun bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala.

7. Soda atau Kola

Pemanis buatan yang terkandung dalam soda atau kola dikaitkan sebagai penyebab sakit kepala, pusing, dan hilangnya ingatan. Meski tidak semua orang akan mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi soda, bagi sebagian orang hal tersebut bisa menjadi pemicunya.

8. Alkohol

Kandungan sulfit (pengawet buatan) yang biasa ditambahkan ke beberapa anggur (wine) dan minuman beralkohol lainnya untuk menjaganya tetap segar disinyalir dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya migrain. Meskipun minuman yang Anda konsumsi tidak mengandung sulfit, dehidrasi yang disebabkan saat Anda mengonsumsi alkohol dapat membuat Anda merasa pusing dan sakit kepala.

So Moms, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi jenis makanan dan minuman tersebut secara berlebihan, ya! (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: sakit kepala,   makanan penyebab sakit kepala,   nutrisi