Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Rosella, Bunga Indah Penghasil Teh Merah

7 Manfaat Rosella, Bunga Indah Penghasil Teh Merah

Rosella merupakan satu jenis bunga yang cocok disajikan sebagai teh. Bunga dengan nama latin Hibiscus sabdariffa ini memiliki kandungan vitamin C dan A, beta karoten, kalsium, omega-3, potasium, serta asam esensial. Warnanya yang merah dengan aroma khas ternyata menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, Moms.

1. Menjaga Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjaga berat badan atau diet, rutin meminum teh rosella bisa menjadi solusi. Bunga rosella dapat membantu menurunkan berat badan, lemak di tubuh, mendukung indeks massa tubuh, serta rasio pinggang ke pinggul yang ideal. Selain itu, penghasil teh merah ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga mencegah risiko penyakit jantung.



2. Kaya Antioksidan dan Mencegah Kanker

Teh bunga rosella juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal paparan radikal bebas. Kekebalan tubuh Moms akan terjaga lebih baik sehingga tidak mudah terkena masalah kesehatan. Organ dalam tubuh, terutama hati juga akan terlindungi. Kandungan polifenol yang terdapat dalam rosella juga dapat membantu melawan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Mengontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa teh rosella juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus, karena bunga ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga jumlahnya di dalam tubuh bisa lebih stabil.

4. Mencegah Hipertensi

Bunga rosella juga dipercaya sebagai obat herbal untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Rutin mengonsumsi teh merah dari rosella akan membantu tekanan darah Anda jadi menurun dan stabil.



5. Menurunkan Stres

Senyawa flavonoid yang terdapat di dalam teh rosella mampu mengurangi risiko stres, kecemasan, hingga depresi. Masalah kulit yang bisa menganggu pikiran pun dapat teratasi. Sebab, bunga rosella memiliki protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit wajah lebih sehat dan cerah.

6. Bersifat Antiinflamasi dan Antibakteri

Rosella juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Vitamin C berfungsi untuk mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan peradangan pada tubuh.

7. Menyembuhkan Penyakit Batuk dan Pilek

Vitamin C yang terkandung dalam bunga rosella juga bisa menyembuhkan penyakit ringan seperti batuk dan pilek. Suhu tubuh yang meningkat atau demam yang Anda alami juga bisa segera teratasi dengan mengonsumsi teh bunga rosella.

Jangan Konsumsi Berlebihan!


Anda bisa mengonsumsi teh rosella di pagi maupun sore hari, namun dalam jumlah yang sewajarnya. Sebab, sesuatu yang berlebihan justru akan menimbulkan dampak buruk pada kesehatan Anda. Hal ini pun juga perlu diperhatikan saat meminum teh bunga rosella.

Kandungan di dalam teh rosella bisa berkontradiksi pada beberapa obat. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter untuk mengetahui anjuran mengonsumsi teh rosella secara rutin yang baik untuk Anda dan keluarga. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   teh,   rosella,   kesehatan