Mother&Baby Indonesia
15 Makanan Penambah Energi yang Enak dan Sehat

15 Makanan Penambah Energi yang Enak dan Sehat

Walau bulan Ramadan masih beberapa minggu lagi, namun sudah banyak Moms yang siap-siap berburu makanan penambah energi agar tak lemas saat berpuasa. Ya, mengonsumsi makanan penambah energi memang efektif membuat Anda aktif seharian agar bisa lebih produktif dan performa kerja pun meningkat.

Walau semua makanan memberi Anda energi, namun beberapa makanan memberi Anda nutrisi yang dapat membantu meningkatkan level energi tubuh Anda. Tak hanya itu, beberapa makanan pemberi ekstra energi ini juga membantu Anda lebih waspada dan lebih fokus sepanjang hari lho, Moms. Yuk, ketahui sejumlah makanan yang terbukti dapat meningkatkan level energi tubuh Anda berikut ini.



1. Pisang

Enak dan mudah didapat! Buah khas daerah tropis ini merupakan sumber karbohidrat kompleks, potasium, dan vitamin B6 yang akan membantu meningkatkan kadar energi di dalam tubuh Anda.

2. Ikan Berlemak

Contoh ikan berlemak yang enak dan mudah ditemukan di pasaran adalah tuna, salmon, dan patin. Semua jenis ikan berlemak kaya akan protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B. Tentunya semua nutrisi tersebut sangat baik untuk menambah energi dan fokus seharian. Berita baiknya, vitamin B12 dan omega-3 juga bisa membuat tubuh enggak mudah lelah, lho.

3. Beras Merah

Dibandingkan beras putih, beras merah mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral. Beras merah juga kaya akan mangan, suatu jenis mineral yang membantu enzim tubuh memecah karbohidrat dan protein untuk kemudian diubah menjadi energi.

4. Ubi Manis

Inilah contoh makanan yang baik dikonsumsi guna menjaga tubuh tetap berenergi seharian. Kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam ubi membantu tubuh mengolahnya secara perlahan. Hasilnya, makanan ini bisa menjaga tubuh untuk selalu mendapatkan asupan energi seharian. Dalam 100 gram ubi terkandung 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, dan 25 persen kebutuhan harian mangan.

5. Telur

Makanan ini kaya protein yang akan memberi Anda energi untuk seharian. Ada juga kandungan leucine yang kaya akan asam amino, ini baik untuk menstimulasi produksi energi dengan berbagai cara lho, Moms.



6. Apel

Buah yang satu ini kaya akan karbohidrat, serat, gula alami, yang semuanya dapat membantu tubuh melepaskan energi secara perlahan. Hasilnya, Anda bisa mendapakan “suntikan” energi setiap saat sepanjang hari. 

7. Air Mineral

Sederhana, tetapi sangat baik untuk menunjang tubuh mendapatkan ekstra energi. Kapan pun Anda merasa lelah dan lemas, coba minum air mineral walau Anda tidak haus. Memenuhi kebutuhan harian akan cairan bisa membantu Anda senantiasa berenergi dan tak mudah lemas, lho.

8. Dark Chocolate

Kandungan kokoa pada dark chocolate lebih pekat dibandingkan jenis cokelat lainnya. Kandungan antioksidan pada kokoa dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memperbaiki pengantaran oksiden ke otak dan otot. Hasilnya, otak dan tubuh lebih optimal karena kebutuhannya akan oksigen telah terpenuhi. Dark chocolate juga bisa melawan lelah dan memperbaiki suasana hati Anda.

9. Quinoa

Bukan sekadar tren, quinoa juga kaya akan protein, karbohidrat, serat diet, serta vitamin dan mineral. Walau tinggi karbohidrat, indeks glikemik quinoa tetap rendah, artinya karbohidrat akan diserap dan dilepaskan perlahan agar tubuh berenergi seharian.

10. Oatmeal

Serealia yang satu ini memberikan Anda cadangan energi sepanjang hari, karena mengandung beta glucan (serat larut dalam bentuk gel kental ketika Anda campurkan dengan air). Gel tersebut membantu sistem pencernaan tubuh untuk mengosongkan perut dan menghambat penyerapan glukosa ke tubuh. Makanan ini juga kaya zat besi, vitamin B, dan mangan, yang baik untuk menghasilkan energi.

11. Yoghurt

Camilan lezat ini memiliki karbohidrat dari gula, seperti laktosa dan galaktosa. Ketika dipecah oleh tubuh, bentuk gula itu akan memberikan energi yang siap digunakan kapan saja. Lezat, sehat, dan berenergi.

12. Edamame

Camilan sehat, rendah kalori, namun tinggi akan protein, karbohidrat, asam folat, mangan, dan serat. Semuanya tentu sangat baik untuk memberikan energi sepanjang hari. Edamame juga mengandung molybdenum, suatu mineral yang menstimulasi enzim untuk memecah nutrisi menjadi energi.

13. Kopi

Kopi kaya akan kafein, yang dengan cepat masuk ke aliran darah dan otak, sehingga dapat mendongkrak kerja neurotransmitter di sistem saraf pusat tubuh Anda. Hasilnya, muncul epinephrine, hormon yang menstimulasi kerja tubuh dan otak. Moms jadi lebih waspada, fokus, dan tentunya bersemangat. Tapi jangan mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein per hari ya, itu setara dengan 4 cangkir kopi.

14. Alpukat

Superfood yang satu ini mengandung banyak lemak sehat, vitamin B, serat, yang dapat digunakan tubuh sebagai “bahan bakar” agar Anda tetap aktif seharian.

15. Popcorn

Camilan favorit untuk menemani movie time bersama keluarga ini juga tinggi akan karbohidrat dan serat, yang menjadikannya camilan peningkat energi. Namun agar lebih sehat, coba masak popcorn menggunakan teknik air-pop, dan jangan ditambahkan terlalu banyak karamel atau mentega ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   energi,   kesehatan,   nutrisi,   camilan