Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Kacang Hijau untuk Meningkatkan Kesuburan

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Meningkatkan Kesuburan

Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang digemari banyak orang karena rasanya yang khas dan mudah diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Tak hanya rasanya yang lezat, kacang hijau juga punya segudang manfaat untuk kesehatan, karena kandungan proteinnya yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral.

Secara umum, berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), kacang hijau merupakan sumber vitamin B yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dan membantu menjaga kesehatan otak. Sebuah jurnal pada tahun 2008 melaporkan bahwa kacang hijau juga mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti protein, karbohidrat, serat, asam folat, magnesium, mangan, zat besi, omega-3, kalium, zinc, selenium, dan antioksidan.



Kacang hijau juga telah sejak lama dipercaya mampu meningkatkan kesuburan, sehingga sering kali dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang tengah mendambakan hadirnya momongan di tengah mereka. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk kesuburan.

1. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Secara khusus, kacang hijau merupakan sumber vitamin B9 yang sangat baik. Vitamin B9, dikenal juga sebagai asam folat, berperan penting untuk meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita. Pada wanita, asam folat dapat membantu memelihara kesehatan dan fungsi ovarium, mendukung proses pembuahan dan pembentukan calon janin, serta menjaga kesehatan kandungan selama masa kehamilan.



Kandungan protein, zinc, dan asam folat dalam kacang hijau juga dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma untuk keberhasilan pembuahan. Oleh karena itu, tak heran jika makanan kaya asam folat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan.

2. Menyehatkan Organ Reproduksi

Kandungan protein di dalam kacang hijau diketahui dapat menyehatkan organ reproduksi wanita jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, kandungan zat besi dan mineralnya juga bisa membantu menstabilkan proses reproduksi. Adapun kandungan omega-3 yang terdapat di dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon reproduksi yang pada gilirannya dapat meningkatkan peluang kehamilan.

3. Meningkatkan Cairan Serviks

Pada dasarnya, cairan serviks diproduksi secara alami oleh jaringan serviks untuk melindungi vagina dari infeksi bakteri dan membantu sperma bergerak menuju rahim pada saat berhubungan intim. Selain itu, cairan serviks juga bisa membantu wanita mengetahui masa subur atau ovulasi untuk merencanakan atau mencegah kehamilan.

Meskipun diproduksi secara alami, namun Anda tetap membutuhkan booster guna membantu meningkatkan cairan serviks. Ini bisa Anda dapatkan dari kacang hijau. Lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam kacang hijau mampu meningkatkan ovulasi dan cairan serviks.

4. Melancarkan Aliran Darah Ke Rahim

Di samping hormon reproduksi dan cairan serviks untuk meningkatkan peluang kehamilan, aliran darah ke rahim juga dibutuhkan agar dapat membantu dinding rahim terbentuk secara kuat. Sekali lagi, terima kasih kepada kandungan omega-3 di dalam kacang hijau! Bukan tanpa alasan, omega-3 dapat membantu pembentukan dinding rahim yang lebih kuat.

5. Mengurangi Risiko Kehamilan Bermasalah

Setiap Moms pasti menginginkan janin di dalam kandungannya selalu dalam keadaan sehat sampai saatnya dilahirkan. Berkat kandungan asam folat yang tinggi, kacang hijau dapat memberikan perlindungan pada janin agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, atau cacat lahir. Selain itu, mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan juga dapat menghindari risiko preeklampsia atau komplikasi kehamilan yang cukup sering terjadi pada ibu hamil. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kacang hijau,   kesuburan