Mother&Baby Indonesia
Perlu Begadang? Ini Makanan yang Perlu Dimakan dan Dihindari!

Perlu Begadang? Ini Makanan yang Perlu Dimakan dan Dihindari!

Para ahli setuju bahwa durasi tidur yang cukup serta jadwal tidur yang rutin penting bagi kualitas tidur yang baik. Pasalnya, tidur yang berkualitas sangat berdampak pada kesehatan seseorang. Sebuah studi yang dimuat di jurnal Advances in Nutrition pada tahun 2018 menemukan bahwa orang-orang yang tidur larut berisiko lebih tinggi untuk mengalami berbagai macam penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Namun ada kalanya begadang tidak bisa dihindari karena suatu keperluan. Jangan khawatir, karena begadang bisa menjadi lebih sedikit tidak berbahaya jika diiringi dengan kebiasaan makan yang baik. Ya, makanan bisa membantu agar aktivitas begadang yang harus Anda lakukan tidak akan merugikan kesehatan Anda. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari saat begadang!



Konsumsi Ini saat Begadang!

1. Kopi. Mengutip The Jakarta Post, minum lebih dari dua cangkir kopi semalam tidak direkomendasikan karena dapat membuat Anda merasa gelisah dan tidak nyaman. Konsumsi kopi dengan tepat dengan: berhenti meminum kopi seminggu sebelum jadwal begadang atau minum secangkir kopi saat siang hari. Seimbangkan konsumsi kopi dengan air.

2. Yoghurt. Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi protein saat begadang sangatlah penting. Alasannya, otak bekerja lebih keras dan butuh lebih banyak energi saat Anda begadang. Yoghurt merupakan sumber protein yang baik dan bisa menyediakan energi jangka panjang bagi tubuh Anda.



3. Air. Meski kafein digadang ampuh untuk membantu tubuh Anda tetap terjaga, air merupakan opsi minuman penjaga kantuk yang lebih sehat dan efektif. Dehidrasi dapat membuat tubuh menjadi lesu dan tidak berfungsi dengan optimal, terutama otak.

4. Sayuran dan buah-buahan. Alih-alih mengonsumsi makanan berat, Moms bisa makan kudapan sehat yang terdiri dari buah-buahan atau sayuran. Makanan ini dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil agar tubuh dapat tetap terjaga dengan baik. Olah buah dan sayuran dengan bahan makanan lainnya agar kaya protein dan karbohidrat sehat.

5. Teh hijau. Dilansir dari Health, Elizabeth Shaw, MS, RDN, seorang nutrisionis, mengatakan bahwa teh hijau atau matcha tinggi akan antioksidan. Teh hijau juga tinggi kafein dan protein. Maka dari itu, baik matcha maupun teh hijau biasa bisa membantu Anda merasa berenergi lebih lama.

Hindari Ini saat Begadang!

1, Minuman berenergi. Alasannya, minuman berenergi mengandung kafein dalam jumlah teramat banyak yang setara hingga 5 cangkir kopi, seperti dikutip dari Healthline. Dosis kafein dalam jumlah yang sangat tinggi dapat bersifat racun bagi tubuh, terlebih lagi jika dicampur dengan alkohol ataupun obat-obatan.

2. Makanan manis. Mengonsumsi makanan manis atau tinggi gula, seperti permen, cookies, atau cake, saat begadang dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas, lho. Selain itu, makanan tinggi gula juga tidak mendukung tubuh tetap segar berenergi ketika Anda mesti begadang.

3, Kudapan kemasan atau siap saji. Pasalnya, makanan ini cenderung tinggi gula dan garam, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Makanan yang tinggi gula dapat berujung pada obesitas dan diabetes, sedangkan makanan tinggi garam bisa meningkatkan risiko hipertensi. Makanan-makanan ini juga hanya memberikan energi dalam jangka waktu pendek, sehingga bisa mendorong keinginan untuk terus makan yang malahan bisa menyebabkan Anda makan terlalu banyak. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: begadang,   kesehatan,   makanan yang perlu dimakan saat begadang,   makanan yang dihindari saat begadang