Mother&Baby Indonesia
5 Makanan yang Dapat Memicu Anda Mengalami Mimpi Buruk

5 Makanan yang Dapat Memicu Anda Mengalami Mimpi Buruk

Tidur nyenyak, nyaman, dan mimpi indah? Tiga hal ini bisa dibilang “mewah” dan sangat didambakan para Moms, khususnya para ibu baru. Namun bicara soal tidur dan mimpi, ternyata beberapa jenis makanan bisa memicu seseorang lebih mudah mengalami mimpi buruk, lho! Makanan mungkin tidak secara langsung menyebabkan mimpi buruk, namun efek dari makanan tersebut bisa membuat tubuh bereaksi dan membuat tidur Anda tidak nyaman.

Mengutip National Sleep Foundation, makanan bisa memengaruhi banyak hal di tubuh Anda, termasuk suasana hati, kualitas tidur, dan bagaimana keadaan tubuh saat tidur dan bangun. Makanan yang membuat tubuh tidak nyaman (seperti sensitivitas produk susu atau makanan pedas), bisa membuat Anda sulit tidur, mudah terbangun, dan terbangun dalam keadaan ingat mimpi-mimpi buruk. Ketika Anda tidur, mimpi buruk atau kenangan buruk tentang makanan yang Anda konsumsi dapat terulang di alam bawah sadar. Begitulah hubungan makanan dengan mimpi buruk.



Sebagai contoh, makan terlalu banyak sebelum Moms tidur bisa meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme tubuh. Dua hal yang menyebabkan aktivitas otak saat tidur di fase REM (fase mimpi) turut meningkat. Ketika meningkat, otak menjadi lebih aktif, sehingga mimpi aneh pun bisa terjadi.

Apa saja makanan yang berpotensi memicu mimpi buruk? Waspadai beberapa makanan di bawah ini, Moms, terutama jika Anda mengonsumsinya tepat sebelum tidur.



1. Saus Sambal

Anda mungkin sering mendengar mitos tentang saus sambal dapat memicu mimpi buruk, benarkah? Menurut studi yang dipublikasikan di Frontiers of Psychology, orang yang mengonsumsi saus sambal sebelum tidur akan mengalami kesulitan tidur dan mimpi buruk. Makanan pedas mengubah temperatur tubuh yang kemudian mengubah formasi mimpi. Makanan pedas juga bisa mengubah pola tidur Anda dan membuat Anda sering terbangun di tengah malam.

2. Cookies

Ternyata mengonsumsi makanan manis seperti cookies dan kue sebelum tidur tak hanya bisa memicu obesitas dan diabetes, tetapi juga mimpi buruk. Menurut Frontiers in Psychology, 31 persen orang yang mereka teliti mengalami mimpi aneh atau buruk setelah makan cookies dan cakes. Maka jika Anda mengonsumsi ini, pastikan nikmati 6 jam sebelum tidur ya, Moms.

3. Keju

Keju dan segala makanan yang berkeju bisa dibilang makanan yang paling terkenal menyebabkan mimpi buruk. Hampir 44 persen peserta penelitian melaporkan mengalami mimpi buruk setelah mengonsumsi susu dan produk susu lainnya. British Cheese Board di tahun 2005 mengeluarkan studi yang menghubungkan keju dengan mimpi buruk. Dalam studi ini, jenis keju Stilton menyebabkan 85 persen partisipan wanita mengalami mimpi aneh, sedangkan 75 persen partisipan pria mengalami mimpi yang janggal.

4. Salad Dressing

Saus untuk salad dan saus manis lainnya dapat menyebabkan mimpi buruk lho, Moms. Ini mungkin karena saus-saus manis ini menyimpan gula yang terselubung, yang membuat Anda jadi sulit tidur dan mudah terbangun saat tidur.

5. Pasta

Karbohidrat memang penting, tetapi jika dikonsumsi berlebihan maka akan berubah menjadi glukosa berlebih yang dapat mengganggu pola tidur. Nah, jika Anda ingin mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, seperti pasta, nasi, atau roti, cobalah untuk mengonsumsinya beberapa jam sebelum waktu tidur Anda. Tidak mau makanan enak ini menyebabkan mimpi buruk dong, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: mimpi buruk,   makanan,   nutrisi