Mother&Baby Indonesia
Selain Susu, Ini Sumber Makanan Lain yang Juga Tinggi Kalsium

Selain Susu, Ini Sumber Makanan Lain yang Juga Tinggi Kalsium

Moms pasti sudah tahu berbagai manfaat dari kalsium untuk anak maupun dewasa. Mineral yang satu ini memang terkenal sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak dan menjaga kesehatan tulang. Tak hanya untuk tulang dan gigi, kalsium juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung juga memelihara fungsi otot dan saraf tubuh.

Perlu Moms ketahui, kebanyakan orang dewasa membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari, sedangkan anak usia 4-18 tahun membutuhkan sekitar 1.300 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium juga berbeda untuk lansia wanita di atas 50 tahun dan semua lansia di atas 70 tahun, yaitu 1.200 mg per hari.



Agar tubuh tidak kekurangan kalsium, Moms bisa memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dengan mengonsumsi aneka makanan tinggi kalsium. Sumber kalsium yang baik bukan cuma susu sapi lho, Moms. Ada banyak sumber kalsium yang enak dan aman dikonsumsi oleh orang dengan alergi susu. Simak daftar makanan tinggi kalsium berikut ini yuk, Moms.

Biji-bijian

Baik chia seeds, wijen, atau poppy seeds, semua biji-bijian merupakan sumber kalsium yang baik. Sebagai contoh, 1 sendok makan (9 gram) poppy seeds mengandung 126 mg kalsium atau setara dengan 13 persen rekomendasi kalsium harian. Sedangkan 1 sendok makan wijen, setara dengan 9 persen kebutuhan kalsium harian Anda.



Sarden

Jenis ikan yang mudah didapat di pasaran ini juga merupakan sumber kalsium yang baik. Sebagai info tambahan, semua jenis ikan yang tulangnya dapat dimakan (seperti ikan teri) memiliki kandungan kalsium yang tinggi, lho. Mengutip Healthline, 92 gram sarden kemasan dapat membantu memenuhi 35 persen kebutuhan kalsium harian Anda.

Ikan berminyak ini juga mampu memberikan protein dan asam lemak omega-3 berkualitas tinggi, Moms. Ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan kulit Anda. Bagaimana dengan isu kandungan merkuri? Tenang, ikan berukuran kecil seperti sarden umumnya mengandung merkuri yang lebih rendah, namun memiliki kandungan selenium yang tinggi, ini adalah mineral yang mencegah keracunan merkuri. Aman, Moms!

Kacang-kacangan

Segala jenis kacang tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga kaya protein dan tentunya kalsium. Kacang-kacangan juga kaya akan zat besi, zinc, folat, magnesium, dan potasium. Kecipir juga tergolong dalam kacang-kacangan lho, Moms. Dalam 172 gram kecipir terkandung 244 mg kalsium atau setara dengan 24 persen kebutuhan kalsium harian. Tambahan info menarik: Kacang-kacangan juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Almond

Dibanding semua jenis kacang, kacang almond adalah varian yang kandungan kalsiumnya paling tinggi. Satu ons almond (sekitar 22 butir) membantu memenuhi 8 persen dari kebutuhan harian tubuh Anda akan kalsium. Almond juga memberikan 3 gram serat per 28 gram. Kacang yang sangat enak dan populer ini juga kaya akan magnesium, mangan, dan vitamin E. Mengonsumsi almond dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, lemak tubuh, dan faktor risiko lain dari penyakit metabolik.

Protein Whey

Ini biasanya ditemukan di produk susu dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Protein whey juga kaya akan kalsium, sekitar 28 gram bubuk protein whey mengandung 200 mg kalsium atau 20 persen kebutuhan kalsium harian. Produk protein whey sudah sangat mudah ditemukan di pasaran kok, Moms. Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan dan menjadikannya smoothies lezat untuk sarapan. Yummy! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kalsium,   makanan,   nutrisi,   kesehatan