Mother&Baby Indonesia
Beraroma Khas Menenangkan, Ini 7 Manfaat Kayu Manis

Beraroma Khas Menenangkan, Ini 7 Manfaat Kayu Manis

Indonesia memang dikenal kaya akan rempah-rempah. Termasuk kayu manis atau cinnamon yang bisa menambahkan cita rasa pada makanan dan juga minuman. Apakah Moms termasuk salah satu orang yang sering menggunakan kayu manis sebagai bumbu masak dan penambah aroma pada makanan?

Kayu manis yang biasa kita gunakan untuk keperluan memasak sendiri terbuat dari ekstrak kulit kayu pohon kayu manis. Namun, selain sebagai penambah aroma, nyatanya kayu manis juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Apa saja kebaikan dari kayu manis jika dikonsumsi secara rutin? Berikut ulasannya, Moms.



1. Mengandung Antijamur dan Antibakteri

Kayu manis memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang akan mencegah infeksi akibat jamur atau bakteri tertentu. Zat aktif cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi. Jadi, tubuh akan lebih kuat melawan bakteri penyakit seperti Escherichia coli, Salmonella, hingga Staphylococcus. Kedua sifat tadi, antijamur dan antibakteri, juga bisa memabantu mengurangi bau mulut, mempercepat proses penyembuhan luka, hingga mencegah risiko kerusakan pada gigi.

2. Kaya Antioksidan

Sistem kekebalan tubuh juga akan lebih kuat dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin. Kandungan antioksidan seperti polifenol serta cinnamaldehyde akan melindungi dan memperbaiki sel tubuh dari kerusakan. Dengan begitu, sistem imun pun akan meningkat dan mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.



3. Menjaga Kesehatan Jantung

Menu makanan yang digoreng memang memiliki kadar lemak lebih tinggi. Jika Anda penyuka gorengan dan ingin mengurangi kadar lemak di dalam tubuh akibat makanan yang digoreng, Anda bisa menguranginya dengan mengonsumsi kayu manis. Menurut American Heart Association, kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalam kayu manis mampu memperlambat proses penimbunan lemak, terutama di bagian perut, sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Mengontrol Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kayu manis memiliki khasiat unuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Sebaliknya, kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh akan meningkat. Hal ini tentunya akan bisa membantu Anda mengurangi risiko adanya gangguan pada jantung dan tekanan darah tinggi.

5. Meringankan Gejala Menstruasi

Saat sedang menstruasi, Moms mungkin merasakan perut yang tegang dan gejala lain yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk meredakan rasa nyeri dan menenangkan perut, Anda bisa menyiapkan teh yang ditambahkan dengan kayu manis. Aromanya juga bisa mengurangi rasa mual yang parah saat menstruasi.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Rebusan dari kayu manis bisa membantu melindungi neuron, meningkatkan neurotransmitters yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik. Karenanya, kayu manis dapat mencegah penyakit dengan gejala menurunnya fungsi sel otak secara bertahap, seperti Parkinson dan Alzheimer.

7. Mencegah Kanker

Adanya antioksidan yang terkandung dalam kayu manis juga menjadi kunci untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan yang bisa didapat dari ekstrak kayu manis ini akan membantu detoksifikasi pada usus, sehingga dapat melindungi DNA dari penyebab kanker, seperti radikal bebas. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kayu manis,   rempah,   kesehatan