Mother&Baby Indonesia
12 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

12 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tak hanya dapat menambah aroma pada masakan, cengkeh juga menjadi salah satu rempah yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Melansir dari laman Stylecraze, cengkeh adalah kuncup bunga kering yang berasal dari pohon cengkeh (Syzygium aromaticum).

Cengkeh telah digunakan sejak lama sekitar 1500 tahun yang lalu sebagai obat tradisional dan kecantikan. Ini berkat beberapa nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, termasuk mangan, serat, serta vitamin C dan K. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kekebalan, bahkan baik dalam mengobati jerawat.



Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini M&B telah merangkum beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja? Yuk, disimak Moms!

1. Melawan Peradangan

Penelitian pada tahun 2017 telah menunjukkan bahwa kandungan eugenol dalam cengkeh berperan sebagai agen antiinflamasi yang kuat. Lebih lanjut, penelitian lainnya menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat membantu meredakan peradangan pada mulut dan tenggorokan, yang terkait dengan plak dan radang gusi.

2. Membantu Mengobati Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Karachi, Pakistan, mengungkapkan bahwa cengkeh mengandung senyawa yang disebut dengan nigericin, yang diketahui dapat meningkatkan sekresi insulin dan kesehatan sel yang memproduksi insulin. Ini berarti cengkeh dapat menjaga kadar gula darah Anda saat dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan polifenol pada cengkeh kering, seperti eugenol dan eugenol extractives diketahui dapat meningkatkan kepadatan tulang. Tak hanya itu, senyawa lainnya dalam cengkeh, yakni mangan, dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan metabolisme.

4. Meningkatkan Kesehatan Hati

Eugenol, senyawa antioksidan dan antiinflamasi pada cengkeh, diketahui dapat meningkatkan kesehatan hati. Menurut penelitian, senyawa asam askorbat dan beta sitosterol dalam cengkeh dapat menghambat proliferasi sel hati. Bahkan, Eugenol-Rich Fraction (ERF) dalam cengkeh juga dapat menurunkan stres oksidatif dan mampu melawan sirosis hati. 

5. Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak cengkeh dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker esofagus. Bahkan dalam penelitian lain, ekstrak cengkeh juga diketahui dapat mematikan sel kanker payudara. Ini berkat kandungan eugenol pada cengkeh yang memiliki sifat antikanker. Selain itu, cengkeh juga merupakan sumber antioksidan kuat yang mampu melawan peradangan dan mencegah kanker.



6. Membantu Kesehatan Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah gangguan kesehatan pencernaan, cengkeh dapat membantu mengatasinya. Ini karena cengkeh mengandung beberapa serat yang diketahui dapat mencegah sembelit dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Bahkan, minyak cengkeh juga dapat meningkatkan ketebalan lendir lambung, sehingga mampu melindungi lapisan lambung dan mencegah terjadinya tukak lambung.

7. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Tak hanya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, cengkeh, khususnya minyak cengkeh bisa digunakan untuk mengobati asma. Hal ini karena minyak cengkeh dapat menenangkan dan memberikan kelegaan pada saluran pernapasan sekaligus memiliki efek antiinflamasi.

Bahkan, minyak cengkeh diketahui juga bisa mencegah bakteri membentuk koloni di paru-paru. Anda bisa mengoleskan dan memijat minyak cengkeh ke dada atau batang hidung. Anda juga bisa mencampurkan beberapa cengkeh ke dalam segelas air hangat dan menjadikannya sebagai teh.

8. Mengobati Jerawat

Cengkeh juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Cengkeh memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengobati jerawat. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta mengurangi peradangan dan kemerahan, sehingga efektif mengobati jerawat, mencegah jerawat, dan meningkatkan kesehatan kulit. Menurut sebuah studi pada 2017, minyak cengkeh direkomendasikan dalam literatur aromaterapi untuk mengobati jerawat.

Dikutip dari Bebeautiful, untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan beberapa tetes minyak esensial cengkeh dengan minyak pembawa (carrier oil) dan gunakan sebagai spot treatment atau tambahkan ke dalam pelembap harian Anda, lalu oleskan ke seluruh wajah secara merata. Namun, hindari penggunaan minyak cengkeh jika Anda memiliki kulit sensitif, ya.

9. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Minyak cengkeh disebut-sebut dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat mengatasi masalah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Senyawa eugenol yang ditemukan dalam minyak cengkeh dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut saat dioleskan ke akar rambut. Selain itu, penggunaan minyak cengkeh secara teratur juga dapat memperbaiki, memperkuat, dan menambah kilau sehat batang rambut. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada rambut sebagai kondisioner setelah keramas, lalu pijat-pijat perlahan. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, mendorong pertumbuhan rambut yang lebih kuat, dan membuat rambut hitam berkilau.

10. Membantu Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut umum yang memengaruhi kulit kepala dan dapat dialami oleh hampir semua orang, baik wanita atau pria. Ketombe bisa menjadi masalah yang memalukan, terutama jika ketombe mengelupas dan jatuh di bahu Anda. Nah, ternyata minyak cengkeh dapat membantu mengatasi masalah ketombe.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak cengkeh mengandung sifat antijamur dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe dan mencegah munculnya sensasi gatal. Caranya, tambahkan beberapa tetes minyak esensial cengkeh ke sampo yang biasa Anda gunakan.

11. Mencegah Tanda-tanda Penuaan Dini

Tahukah Anda bahwa minyak cengkeh merupakan salah satu antiaging ingredient yang kuat, yang biasa digunakan dalam produk kecantikan? Minyak cengkeh berperan dalam mengurangi kulit kendur sekaligus meminimalisir tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Penggunaan minyak cengkeh bisa meningkatkan sirkulasi darah yang membuat kulit tampak lebih muda dan glowing. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam pelembap pada kulit yang telah dibersihkan di malam hari, sebelum tidur, untuk hasil terbaik.

12. Memudarkan Flek Hitam dan Noda Bekas Jerawat

Selain dapat mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah, manfaat minyak cengkeh lainnya yaitu dapat memudarkan flek hitam dan noda bekas jerawat. Ini karena, cengkeh memiliki sifat mild exfoliating yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan memastikan warna kulit merata.

Campurkan beberapa tetes minyak esensial cengkeh dengan minyak pembawa (carrier oil), lalu pijat wajah Anda dengan gerakan memutar. Ulangi setiap malam untuk hasil terbaik. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Azerbaijan_Stockers/Freepik)



Tags: cegkeh,   kesehatan,   kecantikan