Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Memilih Kemasan Pangan untuk Ibu Hamil dan Anak-anak

Tips Aman Memilih Kemasan Pangan untuk Ibu Hamil dan Anak-anak

Moms, apa sih, yang Anda pertimbangkan saat membeli produk pangan (makanan atau minuman)? Mungkin kemasan dari produk pangan tersebut menjadi salah satu perhatian Anda, ya. Bagaimana tidak, terlepas dari desainnya, lewat kemasan sebuah produk pangan, kita bisa melihat segala informasi terkait bahan-bahan pembuat makanan atau minuman tersebut, nilai gizi, cara penyajian, sampai tanggal kedaluwarsa.

Sayangnya, meski kebanyakan dari Anda mungkin menaruh perhatian besar pada kemasan sebuah produk, Anda sering lupa memperhatikan jenis dan bahan kemasan produk pangan itu sendiri. Padahal, tak sedikit dari bahan-bahan kemasan produk pangan seperti plastik, kertas, karton, gelas atau kaca, logam (untuk kemasan kaleng), styrofoam, yang digunakan untuk mengemas makanan atau minuman tersebut berbahaya untuk kesehatan.



Misalnya saja plastik, salah satu bahan yang umum digunakan untuk kemasan produk pangan. Tahukah Moms bahwa tidak semua kemasan plastik itu bebas BPA? Beberapa kemasan plastik biasanya mengandung Bisphenol A (BPA), yaitu bahan kimia yang digunakan untuk menghasilkan produk yang transparan, stabil terhadap pemanasan, serta meningkatkan kekuatan fisiknya.

Diketahui bahwa kandungan BPA pada kemasan plastik bisa berbahaya bagi ibu hamil dan anak-anak. Paparan BPA dapat mengakibatkan gangguan perkembangan tubuh janin, masalah reproduktif, keguguran, gangguan fungsi otak, diabetes, penyakit jantung, dan masalah perilaku pada balita. Selain itu ada beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan apabila kita tidak memilih kemasan dengan tepat.

Untuk menghindari risiko masalah kesehatan tersebut, maka penting untuk selalu memilih kemasan produk pangan yang aman untuk kesehatan Moms dan keluarga. Berikut caranya:

1. Pastikan Kemasan yang Digunakan Bebas BPA

Seperti telah disebutkan sebelumnya, paparan BPA bisa menyebabkan berbagai risiko masalah kesehatan. Oleh karena itu pastikan untuk selalu memilih kemasan yang bebas BPA. Moms dapat mengenali kemasan plastik yang digunakan mengandung BPA atau tidak dengan memeriksa kode segitiga plastik yang ada di kemasan tersebut. Salah satu jenis kemasan plastik yang bebas BPA ditandai dengan logo segitiga plastik nomor 1.



2. Pastikan Kemasan Tidak Rusak atau Penyok

Kemasan yang telah rusak, menggelembung, atau penyok, biasanya disebabkan karena paparan udara luar atau sinar matahari dalam waktu yang lama. Hal ini pun akan berpengaruh pada kualitas, rasa, bahkan warna pada produk makanan atau minuman tersebut yang tentunya tidak layak untuk dikonsumsi.

3. Pilih Kemasan Produk Pangan yang Kedap Udara

Tahukah Moms bahwa sangat penting untuk menggunakan kemasan kedap udara? bayangkan saja apabila kita menyimpan makanan pada wadah yang tidak tertutup rapat, pasti rasanya sedikit berubah, bukan? Selain itu kemasan yang tidak rapat juga dapat menyebabkan udara, bakteri, atau virus masuk ke dalam makanan tersebut. Untuk itu, pastikan kemasan yang Moms gunakan ini rapat dan kedap udara untuk menjamin kualitas makanan/minuman di dalamnya terbebas dari kontaminasi udara luar, virus, dan bakteri, sehingga kualitasnya pun tetap terjaga dan tidak mudah basi.

4. Pilih Kemasan yang Bening

Salah satu cara lainnya untuk dapat memudahkan Moms dalam memilih kemasan yang baik adalah dengan memilih kemasan yang bening. Kemasan yang bening membuat kita lebih yakin akan kehigienisannya, karena kita bisa melihat langsung isi di dalamnya. 


Galon Le Minerale, Bersih dan Aman untuk Anda dan Keluarga

Tips aman memilih produk pangan di atas tentunya bisa Anda terapkan saat memilih produk air mineral, termasuk air mineral dalam kemasan galon. Pastikan kemasan galon yang Moms gunakan di rumah memenuhi kriteria di atas. Kini hadir galon Le Minerale yang kemasannya bebas BPA sehingga aman untuk digunakan seluruh anggota keluarga.

Selain itu, kemasan galon Le Minerale selalu baru, bukan dicuci ulang. Kemasannya pun bening dan transparan sehingga terlihat kejernihan air di dalamnya. 


Kemasan galon Le Minerale juga dilengkapi dengan tutup ulir yang rapat dan kedap udara sehingga antirembes dan bebas dari kontaminasi virus, bakteri, dan udara luar. Semua keunggulan yang terdapat pada galon Le Minerale membuat Moms makin yakin kan, untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga?

Galon Le Minerale, Bikin Tenang, Bikin Nyaman. (Vonda Nabilla/ND/Dok. Freepik, Le Minerale)



Tags: kesehatan,   bpa free,   kemasan pangan,   kemasan yang aman,   le minerale