Mother&Baby Indonesia
Punya Fungsi Penting, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Punya Fungsi Penting, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Ginjal merupakan organ tubuh yang terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang. Anda tentunya sudah tahu bahwa ginjal memiliki fungsi penting dalam menjaga kelangsungan hidup.

Ukuran ginjal tidak terlalu besar, kira-kira sebesar kepalan tangan atau sekitar 10-12 sentimeter. Namun di dalam organ tersebut terdapat sekitar satu juta nefron atau saringan darah yang sangat kecil. Ginjal sendiri memiliki sejumlah fungsi, yaitu:



• Menyaring darah.

• Menyaring dan membuang limbah yang tidak diperlukan tubuh.

• Memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh.

• Mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah.

• Mengatur sel darah merah.



• Menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit.

• Menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D.

Mengingat betapa vitalnya peran ginjal dalam menjaga kesehatan tubuh, maka Anda diharapkan untuk bisa menjaga kelangsungan kerja organ yang satu ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ginjal agar tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

1. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Minum banyak cairan akan membantu ginjal menjalankan fungsinya dengan baik. Bagaimana Anda bisa mengetahui bahwa tubuh Anda telah mendapatkan cukup cairan? Well, Anda bisa melihat dari warna urine Anda.

Apabila urine berwarna kuning atau lebih gelap, hal itu bisa menjadi pertanda tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan kata lain, Anda perlu menambah asupan cairan, khususnya air putih. Minum lebih sering juga disarankan bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di bawah terik matahari atau berolahraga berat, guna menggantikan cairan yang hilang karena berkeringat.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Menerapkan pola makan seimbang akan memastikan Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian seperti pasta gandum, roti, dan nasi. Hindari makan terlalu banyak makanan asin dan berlemak.

3. Memperhatikan Tekanan Darah

Anda sangat disarankan untuk memeriksakan tekanan darah secara teratur. Tekanan darah tinggi biasanya tidak memiliki gejala khusus, tapi dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada ginjal dan jantung. Perlu diketahui, tekanan darah yang ideal berada di angka 90/60 mmHG dan 120/80 mmHg. Apabila tekanan darah Anda di atas angka normal, dokter biasanya akan langsung menyarankan perubahan pola hidup dan memberikan obat penurun tekanan darah.

4. Stop Merokok atau Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Salah satu cara untuk menjaga ginjal Anda agar tetap sehat adalah dengan menghentikan atau setidaknya mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kedua kebiasaan buruk ini sama-sama bisa meningkatkan tekanan darah. Nah, tekanan darah yang terlalu tinggi merupakan salah satu penyebab paling umum dari penyakit ginjal.

5. Menjaga Berat Badan Ideal 

Kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan darah yang tentunya bisa berdampak buruk bagi ginjal. Cobalah untuk selalu menjaga berat badan tetap ideal dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti makan dalam porsi normal, tetap aktif, dan rutin berolahraga.

Anda tidak perlu selalu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Olahraga dengan intensitas sedang, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang setiap minggu juga bisa membantu Anda menjaga berat badan agar tetap ideal, Moms.

Jika Anda perlu melakukan diet, pastikan diet tersebut dipantau oleh dokter atau ahli gizi sehingga tidak berisiko menimbulkan efek samping. Diet yang dilakukan secara berlebihan juga berisiko menimbulkan masalah bagi ginjal Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: ginjal,   kesehatan