Mother&Baby Indonesia
Ajarkan 11 Life Skills Ini pada Anak Sejak Dini agar Ia Sukses

Ajarkan 11 Life Skills Ini pada Anak Sejak Dini agar Ia Sukses

Life skills atau kemampuan hidup merupakan bekal penting bagi Si Kecil untuk menjalani kehidupannya di masa depan. Namun sayangnya, banyak anak yang tidak tahu cara mengatasi berbagai masalah hidupnya hingga ia menjajaki dunia remaja.

Moms tak perlu menunggu Si Kecil tumbuh menjadi remaja untuk mengajarkan life skills yang ia butuhkan. Ajarkan sekarang, sedini mungkin, agar proses perkembangan dan pertumbuhannya semakin optimal. Dilansir dari Very Well Family, berikut ini 11 life skills yang perlu Anda ajarkan sejak dini, Moms.



1. Mengambil Keputusan

Membuat keputusan yang baik adalah life skill yang perlu dipelajari oleh setiap anak sejak kecil. Moms bisa mulai membantunya dengan memberikan opsi antara es krim cokelat dan vanilla, kaus kaki putih atau hitam, serta bermain mobil-mobilan atau boneka. Moms bisa membantu Si Kecil menimbang opsi-opsi yang ia punya, mengevaluasi pro dan kontra opsi, dan biarkan Si Kecil memilih keputusan akhirnya sendiri.

2. Kebersihan dan Kesehatan

Si Kecil tak pernah terlalu dini untuk belajar kebersihan dan kesehatan. Bahkan kita sudah melakukan rutinitas kebersihan dan kesehatan, seperti mandi, menyikat gigi, atau mengganti pakaian dalam, meski tanpa penjelasan. Untuk itu, Moms bisa jelaskan kepada Si Kecil tentang alasan pentingnya kebersihan dan kesehatan dalam hidup mereka.

3. Manajemen Waktu

Sebagai orang dewasa, Moms pasti sadar pentingnya manajemen waktu yang baik. Untuk itu, Moms perlu ajarkan manajemen waktu pada Si Kecil sejak dini. Moms bisa ajarkan Si Kecil untuk mengukur waktu, melakukan aktivitas sesuai agenda, serta membuat jadwal. Life skill ini tak hanya akan membuat hidup Anda lebih mudah, namun juga membantu hidup Si Kecil kelak.



4. Persiapan Makan

Moms bisa ajarkan Si Kecil untuk membuat sandwich atau mengambil alat makannya sendiri. Seiring dengan tumbuhnya rasa percaya diri anak di dapur, Si Kecil akan berkembang menjadi pribadi yang siap melayani dirinya sendiri atau mandiri.

5. Manajemen Uang

Manajemen uang adalah salah satu masalah yang masih banyak dialami orang dewasa. Maka dari itu, Moms perlu ajarkan Si Kecil manajemen uang sejak kecil agar ia siap ketika tiba saatnya ia mendapat uangnya sendiri. Ajarkan Si Kecil untuk menabung dan mengeluarkan uang dengan bijak.

6. Bersih-bersih

Kemampuan bersih-bersih sangatlah penting diajarkan kepada anak sejak dini untuk mempersiapkannya hidup mandiri di kemudian hari, baik ketika kuliah ataupun bekerja. Moms bisa mulai dari hal dasar, seperti membereskan tempat tidur sendiri, mengelap meja, atau membereskan mainannya sendiri.

7. Mencuci Pakaian

Mengajarkan Si Kecil cara mencuci, melipat, dan menyimpan pakaiannya akan sangat bermanfaat bagi Si Kecil dan Moms. Balita bisa mulai diajarkan dengan memintanya memisahkan pakaian berdasarkan warna. Ketika Si Kecil sudah lebih besar, Moms bisa minta ia untuk memasukkan pakaian kotor ke mesin cuci dan mengoperasikannya.

8. Perbandingan saat Belanja

Ketika kita beranjak dewasa, kita memahami nilai uang dan pentingnya perbandingan saat belanja. Mengajarkan Si Kecil kemampuan ini akan membantunya menjadi pribadi yang bijak saat berbelanja dan pandai berhemat. Moms bisa bantu Si Kecil dengan mencari perbandingan dan menjabarkan singkat perbedaan yang ada pada produk-produk yang ia inginkan.

9. Memesan Makanan di Restoran

Mengajarkan Si Kecil memesan makanan sejak dini bisa membantu menumbuhkan rasa percaya dirinya. Seiring dengan rasa percaya diri yang tumbuh, Si Kecil bisa mengutarakan keinginannya. Jangan lupa juga mengajarkan sikap yang baik saat memesan ya, Moms.

10. Bersiap-siap

Si Kecil juga bisa mulai belajar untuk mempersiapkan keperluannya. Biarkan ia memilih pakaian yang ia ingin kenakan besok sebelum tidur. Letakkan sisir dan sikat giginya di tempat yang mudah dijangkau oleh Si Kecil. Moms juga bisa gunakan bantuan visual untuk mengilustrasikan proses siap-siap secara keseluruhan.

11. Merawat Rumah

Si Kecil sangat suka untuk membantu Anda dan selalu ada hal yang bisa ia lakukan. Salah satunya adalah merawat rumah. Tugas mudah seperti mengganti tisu toilet atau membuang sampah adalah contoh pelajaran awal merawat rumah. Life skill ini akan membantunya menjadi pribadi yang mandiri, sehat, cekatan, bahkan lebih bahagia di kemudian hari. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   life skills