Mother&Baby Indonesia
5 Hak Anak yang Mendasar dan Harus Dipenuhi Orang Tua di Rumah

5 Hak Anak yang Mendasar dan Harus Dipenuhi Orang Tua di Rumah

Setiap orang memiliki hak atau sesuatu yang didapatkan dan bersifat pokok, termasuk anak-anak. Orang tua pun berkewajiban untuk memenuhi hak-hak tersebut agar anak memiliki kehidupan yang layak, terutama ketika di rumah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, berikut ini pedoman hak-hak Si Kecil yang perlu Moms dan Dads penuhi selama di rumah.

1. Hak Bermain dan Belajar

Banyak literatur dan pernyataan ahli menyebutkan bahwa usia anak-anak adalah usia bermain. Karenanya, orang tua perlu memberikan serta menyediakan waktu untuk bermain bersama anak. Selain itu, Moms dan Dads juga perlu membantu mengarahkan anak untuk mampu bersosialisasi dan mempunyai teman sebaya. Dengan begitu, Si Kecil tak hanya akan mempelajari hal baru secara langsung, tetapi juga mendapatkan pengawasan dan bimbingan yang tepat dari orang tuanya.



2. Hak Kesehatan

Kesehatan merupakan faktor utama anak untuk bisa memiliki tumbuh kembang yang optimal. Dan untuk menjaga kesehatannya, pemberian ASI menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan. Selain itu, Si Kecil juga harus mendapatkan imunisasi sesuai jadwalnya.

Apabila ia sakit, orang tua pun sepatutnya memeriksakan kondisi anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tidak hanya fisik, kesehatan mental atau psikis juga penting diperhatikan agar anak merasa aman, nyaman, dan bahagia, seiring usianya bertambah.



3. Hak Kesejahteraan

Kesejahteraan memiliki arti hidup dalam keadaan baik, makmur, sehat, dan damai. Maka, anak-anak pun perlu mendapatkannya, seperti pemberian sandang, pangan, dan papan. Si Kecil perlu diberikan pakaian yang layak, makanan yang penuh nutrisi, serta tempat tinggal dengan lingkungan yang baik. Selain itu, mengajak anak berekreasi dan memberikan waktu istirahat juga menjadi hak yang wajib ia dapatkan di rumah.

4. Hak Perlindungan

Anak-anak juga berhak mendapatkan perlindungan dan keamanan dari orang tua. Perlindungan diberikan untuk mencegah Si Kecil mendapat perlakuan diskriminasi, eksploitasi (ekonomi maupun seksual), penelantaran, kekerasan, serta ketidakadilan.

Selain perlakuan yang salah, anak juga perlu dilindungi ketika menentukan pilihan hidupnya. Ia mendapatkan hak untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya. Hal ini akan membantu anak untuk lebih berani, terutama dalam menentukan sesuatu yang ia inginkan di masa depan.

5. Hak Pendidikan

Hal yang juga penting dipenuhi orang tua adalah memberikan pendidikan dan pengajaran pada setiap anak, tak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Hak tersebut dimaksudkan untuk pengembangan pribadi serta meningkatkan kecerdasan anak dari sisi akademis. Di samping itu, anak juga berhak mendapatkan bimbingan sesuai dengan minat dan bakat alaminya.

Jadi, Si Kecil tidak hanya dituntut untuk mematuhi ketegasan dan memenuhi keinginan dari orang tua. Ia juga perlu mendapatkan hak-hak di atas agar tumbuh kembangnya optimal dan menjadi pribadi yang baik untuk diri sendiri maupun bangsa di masa depan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   tumbuh kembang balita,   perawatan balita,   hak anak