Mother&Baby Indonesia
Ini 8 Cara Dukung Anak untuk Bersikap Positif dan Optimis

Ini 8 Cara Dukung Anak untuk Bersikap Positif dan Optimis

Sebagai orang tua, Moms pasti ingin anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang sukses dalam banyak hal. Untuk itu, sikap yang positif sangatlah penting dimiliki Si Kecil. Bersikap positif, seperti percaya diri dan berpikir positif, dapat membantu Si Kecil memecahkan masalah dan gigih dalam menjalani hidupnya kelak.

Nah, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung Si Kecil memiliki sikap positif, Moms. Dilansir dari Firstcry Parenting, berikut ini 8 cara yang bisa Moms lakukan agar Si Kecil tumbuh dengan sikap positif.



1. Katakan Bahwa Mengekspresikan Emosi Bukan Masalah

Salah satu cara utama adalah dengan mendorong Si Kecil memahami perasaannya. Sedih, bahagia, takut, malu, khawatir, dan emosi lainnya sangatlah normal untuk dialami sewaktu-waktu. Setelah belajar menerima berbagai perasaan ini, maka hal-hal negatif tidak akan memenuhi benaknya.

Saat Si Kecil marah, tanyakan apa masalahnya. Setelah ia memberitahu Anda tentang masalah dan perasaannya, katakan pada Si Kecil bahwa segala hal negatif ini akan berlalu. Dorong Si Kecil untuk mencari solusi daripada mengkhawatirkan masalah. Dengan begini, ia akan memahami bahwa setiap masalah memiliki solusi dan ia akan belajar hidup dengan optimis.

2. Menjadi Contoh bagi Anak

Si Kecil belajar banyak hal dari Anda, orang tuanya. Jika Moms bersikap optimis, maka Si Kecil juga akan mengembangkan sikap yang sama. Moms mungkin tidak menyadarinya, tapi Si Kecil mempelajari semua perilaku, emosi, dan perasaan Anda. Perlahan-lahan ia akan mengikuti apa pun yang Anda lakukan dan pikirkan.



3. Dorong dan Motivasi Anak

Jika Si Kecil merasa tidak termotivasi, Moms perlu mendorongnya untuk melihat berbagai hal baik di dalam hidupnya. Apresiasi Si Kecil ketika ia sukses dan jangan marahi Si Kecil jika ia membuat kesalahan. Alih-alih mengomeli Si Kecil jika ia berperilaku tidak sesuai dengan harapan Anda, jelaskan padanya bahwa perilakunya tidaklah bisa diterima dan ajarkan ia untuk memperbaiki kesalahannya. Hal ini akan mendorong Si Kecil untuk terus bersikap positif.

4. Berikan Kebebasan

Disiplin adalah hal penting bagi Si Kecil, namun di saat yang sama ia juga tetap perlu diberikan kebebasan yang cukup. Pada saat-saat tertentu, biarkan Si Kecil bersikap sesuai keinginannya. Ini dapat mendorongnya untuk mewujudkan tujuan dan mimpinya kelak.

5. Pastikan Anak Ada di Lingkungan Bertumbuh yang Positif

Teman adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi Anda dan Si Kecil, dan jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang positif, maka tentu cara kita melihat berbagai hal juga akan positif. Untuk itu, Moms bisa jaga atau pastikan bahwa Si Kecil berada di lingkungan yang positif dan bahagia.

6. Dorong Anak untuk Menceritakan Peristiwa Baik

Rasanya menyenangkan untuk tahu pengalaman sehari-hari Si Kecil, ya. Namun, pastikan Moms mengutamakan peristiwa positif yang ia alami daripada mengkhawatirkan peristiwa negatif. Tunjukkan bahwa peristiwa positif punya kekuatan untuk mengalahkan peristiwa negatif. Dorong Si Kecil untuk fokus dengan peristiwa positif karena hal ini dapat membantunya melewati hari-hari dengan optimis dan tanpa stres.

7. Ajarkan Nilai dan Moral

Anak yang mengetahui tentang mana yang benar dan mana yang salah akan tumbuh menjadi sosok yang lebih positif. Untuk itu, Moms perlu mengajarkan tentang nilai dan moral pada Si Kecil sejak dini. Ketika mengetahui nilai dirinya sendiri, maka ia akan tahu bahwa ia perlu menjadi sosok yang baik. Jika ia berpegang pada moral dan melakukan hal-hal yang benar, maka ia tak akan memiliki rasa bersalah atau penyesalan karena melakukan hal buruk. Hal ini akan mendorongnya untuk mengembangkan sikap positif kelak.

8. Bercerita dan Melakukan Permainan

Sikap positif bisa diajarkan dengan menceritakan cerita-cerita positif pada Si Kecil. Moms juga bisa mendorong Si Kecil untuk bersikap positif melalui aktivitas dan permainan. Dengan begini, Si Kecil akan belajar hal-hal penting melalui cara yang menyenangkan. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak bersikap positif,   anak optimis