Mother&Baby Indonesia
10 Lagu Anak-anak yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Balita

10 Lagu Anak-anak yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Balita

Moms mungkin ingat dengan lagu anak-anak di masa kecil Anda. Sayangnya, saat ini lagu yang dikhususkan bagi anak-anak sudah mulai jarang terdengar. Si Kecil justru lebih sering mendengarkan lagu pop dari berbagai negara, di mana liriknya terkadang kurang pas untuk mereka dengarkan. Padahal, memutarkan lagu anak tak hanya berguna sebagai hiburan, tetapi dapat menjadi cara untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak sejak usia dini.

Seperti disebutkan dalam hasil penelitian University of Southern California's Brain and Creativity Institute di 2016, memperdengarkan musik dapat mempercepat perkembangan otak anak, terutama kemampuan berbahasa dan keterampilan membacanya. Berikut ini lagu anak-anak yang bisa Moms perdengarkan sebagai teman bermain Si Kecil sekaligus membantu meningkatkan kecerdasannya. 



1. Jangan Lupa Sikat Gigimu!

Mengajarkan Si Kecil dengan rutinitas memang bukan hal mudah. Namun, lagu berjudul Jangan Lupa Sikat Gigimu! ini dapat menjadi ajakan untuk anak agar ia mau rutin menyikat gigi dengan benar.

2. Nama-nama Hari

Apakah anak Anda sudah mengenal nama-nama hari? Jika belum, putar lagu ini yang akan menyebutkan semua nama hari. Selain nada yang ceria, anak juga diajak untuk mengenal nama-nama hari dan rajin belajar, lho!

3. Ayo Kenalan

Anak-anak memang masih suka malu-malu saat bertemu dengan teman sebayanya. Ajarkan ia untuk berani berkenalan dengan memutar lagu Ayo Kenalan berikut ini. Terdapat juga gerakan sederhana yang bisa Si Kecil dan temannya lakukan untuk lebih mudah menyebutkan nama mereka.

4. Jangan Takut Gelap

Lagu Jangan Takut Gelap ini rilis 9 tahun lalu dan dinyanyikan oleh penyanyi cilik Tasya Kamila berduet dengan Duta, vokalis grup band Sheila on 7. Dari lagu ini, Anda bisa melatih Si Kecil untuk tidak takut dengan situasi yang minim cahaya dan kebiasaan baik lainnya sebelum ia tidur.



5. Kalau Kau Suka

Moms juga cukup familiar dengan lagu Kalau Kau Suka atau dalam bahasa Inggris If You Happy. Lagu ini bisa menjadi pengenalan perasaan bahagia atau senang pada anak, sambil mengajaknya untuk aktif bergerak. 

6. Dua Mata Saya

Mendengarkan lagu ciptaan Pak Kasur, salah satu pencipta lagu anak-anak Indonesia ternama, ini bisa sekaligus mengajarkan Si Kecil mengenal anggota tubuhnya serta belajar berhitung dan mengenal angka.


7. A B C

Lagu ini juga bisa Anda perdengarkan pada Si Kecil sekaligus mengenalkannya pada huruf, mulai dari A sampai Z. Si Kecil pasti suka menyanyikannya sambil mendengarkan musiknya yang ceria. Selain itu, ia juga akan bisa menghafal berbagai huruf dengan mudah.


8. Kepala Pundak Lutut Kaki

Lagu ini juga bisa membantu Si Kecil belajar mengenal anggota tubuhnya, mulai dari kepala, pundak, lutut, hingga kaki. Untuk versi bahasa Inggrisnya, Moms juga bisa memperdengarkan balita Anda lagu berjudul Head Shoulder Knees and Toes sembari Si Kecil belajar bahasa Inggris.


9. Aku Indonesia

Penyanyi Naura menjadi salah satu bintang yang disukai anak-anak. Lagu yang berjudul Aku Indonesia pun bisa Moms putar untuk memperkenalkan Si Kecil pada budaya Indonesia serta menumbuhkan rasa bangga menjadi orang Indonesia tentunya.

10. Asyik Aja

Tak hanya Naura, Neona sang adik juga turut menjadi penyanyi favorit anak-anak saat ini. Salah satu lagunya, Asyik Aja bisa menjadi ajakan untuk Si Kecil agar tetap ikhlas dan menerima kondisi sesulit apa pun dengan tetap tersenyum.

Memperdengarkan lagu-lagu tersebut, selain akan meningkatkan kemampuan bicara dan berbahasa balita, juga akan membantu mempertajam daya ingat Si Kecil serta membangkitkan perasaan senangnya dengan mendengar musik dan nada yang ceria. Yuk, ajak balita Anda bersenang-senang dan belajar sambil mendengarkan lagu anak-anak ini, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   lagu anak-anak,   musik,   kecerdasan anak