Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Lho Beda Pertumbuhan Anak Perempuan dan Laki-laki

Moms, Ini Lho Beda Pertumbuhan Anak Perempuan dan Laki-laki

Punya anak laki-laki dan perempuan sama saja. Hal tersebut memang benar adanya, Moms. Mendidik dan membesarkan anak, baik laki-laki maupun perempuan, pada prinsipnya sama saja.

Namun lain halnya jika menyinggung soal pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, Moms perlu mengetahui perbedaan pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan agar tidak selalu membandingkan pertumbuhan Si Kecil dengan yang lain.



Selain itu, dengan mengetahui perbedaan pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan, Moms bisa mempersiapkan dengan matang bagaimana cara mengedukasi atau memberikan pengasuhan yang tepat. Jadi, mari simak perbedaan tumbuh kembang antara anak laki-laki dan anak perempuan berikut ini, Moms.

Perbedaan dari Segi Pertumbuhan Fisik

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan tidak bisa disamakan. Meskipun memiliki tinggi dan berat badan yang hampir sama, tetapi pertumbuhan fisik anak perempuan akan lebih cepat ketimbang anak laki-laki, meski pada akhirnya tinggi badan laki-laki akan melebihi tinggi badan anak perempuan. Sama halnya dengan pubertas pada anak. Pubertas pada anak perempuan akan terjadi lebih cepat ketimbang pada anak laki-laki.

Saat anak mulai mengalami pubertas, terutama anak perempuan, Moms perlu memperkenalkan bagian tubuh mana saja yang akan mengalami pertumbuhan. Hal tersebut dilakukan agar anak tidak kaget melihat perubahan yang terjadi. Jelaskan pula bagian tubuh apa saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. Dengan penjelasan yang lengkap, anak akan lebih memahami dan mengerti tentang perubahan yang terjadi pada tubuhnya tersebut.



Perbedaan Kemampuan Verbal

Perbedaan pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan yang kedua dapat dilihat dari kemampuan verbalnya. Hal tersebut disebabkan oleh faktor genetik atau hormonal yang memengaruhi fungsi otak anak. 

Anak laki-laki akan cenderung mengalami tahapan berbicara yang lebih lambat ketimbang anak perempuan. Bukan itu saja, anak laki-laki biasanya juga memiliki kosakata yang lebih sedikit ketimbang anak perempuan. Namun tidak menutup kemungkinan anak laki-laki memiliki kemampuan yang setara atau bahkan lebih baik daripada anak perempuan seusianya.

Sementara itu, anak perempuan dinilai lebih pandai berkomunikasi karena cenderung lebih mahir membaca tanda-tanda nonverbal, seperti ekspresi atau intonasi. Mereka juga lebih terampil dalam berkomunikasi saat melibatkan emosi.

Perbedaan Keterampilan Motorik

Pada umumnya, keterampilan motorik pada anak laki-laki, seperti berlari, melompat, dan menjaga keseimbangan berkembang lebih cepat ketimbang anak perempuan. Sedangkan kemampuan motorik halus, seperti keterampilan menulis, menggambar, atau mewarnai berkembang lebih cepat pada anak perempuan. Hal tersebut yang membuat anak laki-laki cenderung lebih suka bermain dan bergerak bebas. Meski demikian, faktor lingkungan juga akan berpengaruh terhadap keterampilan motorik anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan.

Perbedaan Emosi

Anak perempuan lebih ekspresif dalam menunjukkan emosinya, seperti akan menangis saat sedih dan tertawa saat merasa senang. Sedangkan anak laki-laki lebih ekspresif dalam menunjukkan kemarahan, seperti menendang atau memukul benda. Jika dilihat dari kepribadiannya, anak laki-laki akan memiliki karakter yang lebih sulit untuk diarahkan ketimbang anak perempuan.

Meskipun ada perbedaan pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan, tapi tumbuh kembang anak tetap dipengaruhi oleh faktor utama, yaitu keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Jadi Moms tidak perlu terlalu khawatir jika pertumbuhan buah hati Anda sedikit berbeda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   pertumbuhan anak,   anak perempuan,   anak laki-laki