Mother&Baby Indonesia
Kaya Vitamin A, Ini 5 Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi Anda

Kaya Vitamin A, Ini 5 Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi Anda

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan fase yang tak kalah penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Sebab, di usia 6 bulan, bayi sudah memiliki sistem pencernaan yang lebih kuat dan tubuhnya membutuhkan nutrisi yang lebih banyak selain dari ASI.

Saat Si Kecil memasuki tahapan MPASI, penting untuk Moms memperkenalkan beragam jenis sayuran yang kaya nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil agar optimal. Nah, salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk diberikan pada bayi adalah wortel.



Dengan warna oranye mencolok dan rasa yang manis, wortel bisa menjadi menu MPASI favorit Si Kecil, Moms. Nutrisi seperti vitamin dan mineral yang terkandung di dalam wortel tentu akan memberikan beragam manfaat baik untuk bayi Anda.

Kapan Moms bisa berikan wortel sebagai MPASI untuk Si Kecil? Sebagian pakar berpendapat, karena teksturnya yang padat, Anda bisa kenalkan wortel saat Si Kecil berusia 8 bulan. Namun, sebagian pakar lainnya membolehkan orang tua memberikan wortel sejak awal pemberian MPASI.

Tentunya, yang perlu diperhatikan dalam pemberian wortel untuk MPASI adalah teksturnya. Di masa awal MPASI, Moms bisa berikan Si Kecil wortel yang dihaluskan dan dicampurkan dengan sayuran lain atau dibuat puree. Seiring pertambahan usia Si Kecil, Moms bisa berikan wortel sebagai finger food untuk bayi Anda. Berikut manfaat wortel untuk bayi Anda, Moms.



1. Menjaga Kesehatan Mata

Sudah bukan rahasia lagi, wortel merupakan sayuran yang dikenal baik untuk kesehatan penglihatan. Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Kandungan ini akan meningkatkan fungsi penglihatan, membantu pertumbuhan retina mata, dan menjaganya tetap dalam kondisi baik.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sayuran dengan warna terang ini juga memiliki kandungan nutrisi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Beta karoten yang terdapat dalam wortel akan diubah tubuh menjadi vitamin A dan asam retinoat aktif untuk mendorong sel imun bekerja dengan baik.

3. Menjaga Saluran Pencernaan

Wortel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk membantu mengatasi masalah pada pencernaan. Jenis serat yang terkandung dalam wortel adalah serat larut air. Serat ini akan diolah oleh bakteri baik di dalam usus menjadi asam lemak yang akan memperkuat fungsi lapisan pelindung usus.

4. Melindungi Organ Tubuh

Di dalam wortel, terkandung zat gizi mikro berupa flavonoid. Zat ini akan membantu menjaga kesehatan jantung dan ginjal. Sistem peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh juga akan lancar. Organ hati anak juga akan terlindungi dari bahan kimia dan bisa berfungsi dengan baik.

5. Memelihara Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain penggunaan produk perawatan kulit, Moms juga bisa memelihara kesehatan kulit Si Kecil dengan memberikan wortel. Kandungan beta karotennya mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA. Vitamin B6 di dalamnya juga dapat mencegah terjadinya ruam kulit dan dermatitis seboroik. Wortel juga bisa membuat rambut Si Kecil sehat dan tampak berkilau.

Wortel sendiri menjadi salah satu sayuran dengan tingkat risiko alergi yang rendah, sehingga aman diberikan pada bayi. Untuk menjadikan wortel sebagai finger food, Moms dapat merebusnya dulu selama 10-15 menit. Anda juga bisa mengolahnya menjadi puree dengan rasa manis alami yang pastinya akan disukai Si Kecil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   wortel