Mother&Baby Indonesia
10 Tanda Bayi Genius yang Bisa Anda Perhatikan Sejak Dini

10 Tanda Bayi Genius yang Bisa Anda Perhatikan Sejak Dini

Memiliki anak yang sehat dan pintar tentu menjadi harapan semua orang tua ya, Moms. Tidak sekadar pintar, Moms pasti berharap anak Anda terlahir genius. Benarkah anak genius baru terlihat ketika ia sudah memasuki usia sekolah? Ternyata ciri anak genius sudah bisa terlihat sejak dini lho, Moms, bahkan sejak anak masih bayi. Apa saja ciri bayi berpotensi genius? Mengutip First Cry Parenting, ketahui tanda-tandanya berikut ini yuk, Moms!

1. Bayi Lebih Waspada

Ketika bayi sedang tidak tidur, ia menghabiskan waktunya untuk mengobservasi sekitarnya, mulai dari lingkungan, orang, dan segala suara serta gerakan yang ada. Anak genius sudah bisa melakukan kontak mata sejak bayi dengan orang yang mengajaknya berbicara dan memberikan respons. Kecerdasan ini mungkin terkesan sepele, tetapi hal tersebut dapat menunjukkan kecerdasan persepsi yang sangat baik.



2. Cerdas Emosional

Tak hanya cerdas mengenali lingkungan sejak bayi, anak genius juga bisa mengenali perubahan emosional dari orang di sekitarnya. Coba perhatikan ketika Moms merasa sedih, apakah bayi Anda berusaha memeluk Anda atau memberikan perhatian lebih untuk Anda? Jika ya, kecerdasan emosional tersebut bisa menjadi ciri bayi Anda genius.

3. Kepribadian Kuat

Walau masih bayi, Si Kecil yang genius dapat menunjukkan kepribadian yang kuat. Bayi genius juga memiliki kemampuan untuk berhubungan baik dengan orang lain atau hewan peliharaan.

4. Tumbuh Kembang Lebih Cepat

Tanpa maksud membanding-bandingkan tumbuh kembang dengan anak lain, anak genius biasanya selangkah lebih maju dalam urusan tumbuh kembang. Bahkan sering kali bayi genius tidak butuh bantuan untuk meraih tumbuh kembang tersebut. Sebagai contoh, di usia 4 bulan ia sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu.



5. Suka Menyendiri

Umumnya bayi genius lebih suka sendirian, bermain dengan mainan, puzzle, atau buku mewarnai. Ketika ia bermain dengan anak lain, itu dilakukan untuk mendapatkan kecerdasan emosional yang lebih tinggi lagi. Anak genius biasanya lebih suka bermain dapat grup yang lebih kecil, mungkin isinya hanya 1-2 teman.

6. Keras Kepala

Jangan buru-buru memberi label “susah diatur” ketika anak keras kepala, karena sebenarnya ini menjadi salah satu ciri anak genius lho, Moms. Si Kecil akan mencoba bernegosiasi dengan Anda, dan kecerdasan bernegosiasi ini bahkan sudah bisa ia tunjukkan sejak bayi (yang tentunya akan semakin baik seiring bertambah usianya).

7. Sangat Fokus

Umumnya bayi susah fokus, mudah teralihkan, dan daya fokusnya hanya sebentar. Sebelum 1 tahun, kemampuan fokus bayi pada umumnya hanya 10-15 menit, sedangkan anak genius bisa sangat fokus lebih lama dari itu sejak usia 6 bulan! Jangan kaget kalau permainan mencocokkan warna dan bentuk adalah jenis permainan yang terlalu mudah bagi bayi 10 bulan yang genius.

8. Penuh Rasa Ingin Tahu

Anak banyak bertanya? Jangan marah, karena ini ciri anak genius lho, Moms. Rasa ingin tahu ini sudah ia asah sejak masih bayi. Ia mungkin akan bereksperimen dengan reaksi orang-orang di sekitarnya tiap kali melakukan berbagai hal. Ini awal dari rasa ingin tahu yang sulit dibendung. Jadi ketika anak memasuki usia batita, balita, dan seterusnya, jangan kaget kalau ia sering menanyakan pertanyaan-pertanyaan ajaib yang sulit dijawab.

9. Jarang Tidur

Umumnya anak genius memiliki energi yang lebih tinggi dibanding anak lain seusianya. Mereka tidak butuh banyak waktu tidur dan tidak rewel walau tidurnya lebih sedikit dibanding anak lain. Anak dengan otak cerdas butuh waktu lama untuk “mengistirahatkan” otaknya, dan itu membuat mereka susah tenang dan tidur.

10. Berat Lahir Tinggi

Berita baik untuk anak yang lahir dengan berat badan tinggi. Menurut First Cry Parenting, lebih tinggi bobot lahir, maka semakin tinggi pula tingkat kecerdasannya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   anak genius,   kecerdasan,   bayi,   tumbuh kembang