Mother&Baby Indonesia
Penjelasan Menarik tentang Arti Tanda Lahir di Tubuh Bayi

Penjelasan Menarik tentang Arti Tanda Lahir di Tubuh Bayi

Moms, tentunya Anda sudah tidak asing ya, bila melihat tanda lahir yang mungkin muncul pada tubuh, baik tubuh Anda, orang lain, begitu pun pada tubuh bayi Anda yang baru lahir. Tanda lahir bisa didefinisikan sebagai noda atau bercak berwarna yang terlihat pada tubuh. Diketahui, 80 persen bayi yang baru lahir memiliki tanda lahir.

Tanda lahir ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, serta dapat muncul di berbagai area tubuh. Meskipun penyebab timbulnya tanda lahir ini belum diketahui secara pasti, namun para komunitas medis memiliki pandangannya sendiri tentang munculnya tanda lahir. Begitu juga dengan setiap budaya yang memiliki legenda atau dongengnya masing-masing yang memberikan makna spiritual pada tanda lahir ini.



Pandangan Medis tentang Tanda Lahir

Beberapa tanda lahir disinyalir disebabkan oleh faktor keturunan. Timbulnya tanda lahir ini pun tak selalu terjadi saat bayi lahir, melainkan bisa beberapa waktu setelahnya. Bergantung pada jenisnya, tanda lahir ini bisa terlihat gelap, memudar, menyusut, tumbuh, atau menghilang seiring bertambahnya usia anak. Terkadang tanda lahir dapat menandakan masalah medis mendasar yang lebih besar seperti gangguan saraf dan kulit atau kanker.

Kebanyakan tanda lahir diketahui tidak menyebabkan cedera fisik, tetapi beberapa kasusnya dapat menyebabkan tekanan emosional atau psikologis jika tanda lahir tersebut dianggap tidak sedap dipandang atau menodai tubuh. Meski sampai saat ini belum diketahui cara untuk mencegah timbulnya tanda lahir ini, tetapi ada pilihan untuk pengobatan dan penghapusan untuk jenis tanda lahir tertentu.

Pandangan Spiritual

Setiap budaya di seluruh dunia diketahui memiliki kepercayaanya sendiri terkait tanda lahir. Keyakinan ini sering membangun stigma dan takhayul seputar arti tanda lahir. Banyak dari cerita rakyat tersebut memiliki referensi ke kehidupan masa lalu, serta pengalaman cedera atau trauma yang mungkin terjadi di kehidupan lain. Beberapa dari mereka bahkan menghubungkan tanda lahir dengan stres yang dialami ibu selama kehamilan atau keinginannya yang tidak terpenuhi.

Pandangan spiritual ini juga banyak berfokus pada lokasi tanda lahir yang dianggap bisa meramalkan karakteristik yang membedakan setiap anak. Selain itu, sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh Dr. Ian Stevenson menemukan hubungan antara tanda lahir dan kehidupan masa lampau. Tanda lahir dikaitkan dengan luka, cedera, penyiksaan, dan bahkan penyebab kematian seseorang di kehidupan sebelumnya.

Arti di Balik Lokasi Tanda Lahir 

Berbagai budaya percaya bahwa lokasi timbulnya tanda lahir bisa memperlihatkan karakter, kepribadian, dan keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut ini beberapa arti dari tanda lahir sesuai lokasinya:

• Lengan: Di lengan kanan menunjukkan kehidupan yang kaya, sedangkan di lengan kiri menggambarkan seseorang akan berjuang dengan masalah finansial. Untuk pria, tanda lahir di lengan bisa menunjukkan sosok family man yang senang berada di rumah dan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Sedangkan bagi wanita, hal ini menunjukkan sosok yang mandiri dan mementingkan karier.



• Dekat mulut: Dipercaya sebagai simbol kekayaan dan kebahagiaan, serta menunjukkan karakter yang sensitif, suka mengobrol, juga sosok yang ceria.

• Dagu: Bagi pria, hal ini menunjukkan sifat mudah marah, sedangkan untuk wanita bisa berarti akan menjadi pemimpin dan pencari nafkah di keluarganya.

• Tangan atau jari: Diindikasikan sebagai pribadi yang bergantung pada orang lain atau memiliki bakat tertentu.

• Dada: Berarti keberuntungan, kesejahteraan, dan kehidupan yang bahagia.

• Perut: Indikasi orang yang tamak dan egois.

• Punggung: Berarti pribadi yang jujur, dapat dipercaya, dan berpikiran terbuka, namun di sisi lain bisa dipercaya memiliki kehidupan yang penuh beban.

• Kaki: Menunjukkan pribadi yang bergantung pada orang lain dan tidak dapat membuat keputusan sendiri, tetapi di sisi lain dianggap sebagai tanda kebebasan.

• Pergelangan kaki: Di kaki kanan menunjukkan pribadi yang suka berpetualang atau bepergian, sedangkan di kaki kiri menunjukkan orang yang cerdas.

Arti Bentuk Tanda Lahir

Bentuk tanda lahir pada tubuh juga dipercaya memiliki arti khusus, di antaranya:

• Bentuk hati: Dipercaya akan memiliki kehidupan yang penuh cinta dengan belahan jiwanya, dan memiliki kepribadian yang penuh gairah dan menyenangkan.

• Bintang: Menunjukkan keberuntungan.

• Burung: Menunjukkan pribadi yang baik dan memiliki bakat di bidang musik atau akan menjadi artis yang hebat.

• Kucing: Tanda lahir yang identik dengan misteri, kerahasiaan, dan kekuatan magis. Banyak budaya menganggapnya sebagai tanda penyihir atau iblis. Sedangkan yang lain percaya bahwa pemilik tanda lahir berbentuk kucing merupakan aktor, jaksa, dan pengacara yang hebat.

• Bentuk hewan lainnya: Menunjukkan hubungan khusus dengan kerajaan hewan, percaya pada reinkarnasi, dan simbol hidup sebagai hewan di kehidupan sebelumnya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   tanda lahir