Mother&Baby Indonesia
Dream Feeding, Metode Ampuh agar Bayi Tidur Lebih Lama

Dream Feeding, Metode Ampuh agar Bayi Tidur Lebih Lama

Saat memiliki bayi, tandanya Moms sudah harus siap untuk menyesuaikan waktu tidur Anda dengan waktu tidur buah hati serta mencari cara bagaimana agar Anda tetap bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup saat mengasuh Si Kecil, karena pada dasarnya bayi tidaklah sama dengan orang dewasa, di mana Si Kecil tidak bisa tidur pulas sepanjang malam, sering terbangun, dan ketika terbangun ia akan menangis dan rewel.

Nah, untuk bisa membuat bayi Anda bisa tidur kembali dengan nyenyak, tak sedikit ibu yang melakukan dream feeding. Apakah Anda sudah akrab dengan istilah tersebut, Moms? Atau jangan-jangan Anda malah sering melakukannya?

Dream feeding adalah aktivitas menyusui bayi saat Si Kecil masih dalam kondisi setengah tidur atau belum sepenuhnya bangun dari tidurnya. Hal ini biasanya dilakukan untuk membuat bayi tidur lebih lama dengan cara mencoba membangunkannya untuk menyusu yang bertujuan untuk membuatnya merasa kenyang, sehingga Si Kecil setelah itu dapat tidur dengan nyenyak dan tidak mudah terbangun di malam hari.



Efektif Membantu Ibu Baru

Sebenarnya, melakukan dream feeding merupakan pilihan pribadi masing-masing ibu. Akan tetapi, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memberikan ASI tambahan antara pukul 10 malam sampai tengah malam, di mana ini merupakan waktu Anda tidur, bisa membantu membuat Si Kecil tidak terbangun di waktu yang tidak tepat, dan membuatnya tidur lebih lama.

Dari hasil penelitian tersebut, bisa dikatakan bahwa dengan melakukan dream feeding, para ibu terbantu untuk bisa mendapatkan waktu istirahat atau tidur yang lebih lama. Tentunya hal ini menjadi penting bagi para ibu, khususnya ibu baru, di mana memiliki waktu istirahat yang cukup sangat dibutuhkan selama proses pemulihan pascapersalinan mereka.

Selain itu, dream feeding menjadi cara yang cukup efektif dilakukan para ibu karena pada dasarnya bayi memiliki naluri alami untuk mengisap puting payudara ibu, sehingga ia cenderung menyusu secara sukarela, tanpa ada kerumitan apa pun. Hal ini akhirnya juga dapat membantu para ibu di masa-masa awal ketika mencoba melatih bayi tidur.



Manfaat Lain Dream Feeding

Tidak hanya bisa membuat bayi Anda tidur lebih lama, menerapkan metode dream feeding ini juga membantu bayi menyesuaikan dirinya dengan jadwal tidur yang sama. Selain itu, dream feeding juga membantu bayi mendapatkan nutrisi ekstra yang ia butuhkan dan membantu Moms memiliki jadwal tidur yang teratur pula.

Begitu bayi Anda terbiasa dengan metode dream feeding, hal ini juga akan membantu Si Kecil untuk menyusu lebih sedikit pada malam hari dan meningkatkan intensitas menyusunya saat siang hari.

Cara Tepat Melakukan Dream Feeding

Manfaat dream feeding bisa Moms dapatkan saat Anda menerapkannya dengan benar. Nah, salah satu cara tepat untuk melakukan dream feeding ini adalah sebelum Anda tidur. Namun, berhati-hatilah agar Anda tidak memperpanjang waktu dream feeding ini hingga larut malam (atau bahkan setelah tengah malam), karena hal ini bisa mengubah waktu menyusu Si Kecil di malam hari dan jadi mengganggu seluruh jadwal menyusunya. Maka, usahakan untuk tetap melakukan dream feeding sesuai jadwal, misalnya antara pukul 10.00 dan 11.30 malam.

Pada beberapa jam pertama bayi tidur, biasanya ini merupakan waktu tidurnya yang paling nyenyak, sehingga akan sulit untuk membangunkannya karena ia tentu akan sangat mengantuk. Maka coba gelitik bayi Anda dengan lembut, atau ajak ia bermain sehingga ia tidak sepenuhnya bangun, tetapi masih cukup sadar untuk bisa menyusu. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: dream feeding,   bayi,   menyusui bayi