Mother&Baby Indonesia
Daftar 10+ Perlengkapan Bayi yang Tidak Perlu Anda beli

Daftar 10+ Perlengkapan Bayi yang Tidak Perlu Anda beli

Moms saat ini mungkin sedang atau sudah menuliskan barang-barang untuk menyambut kelahiran Si Kecil. Rasanya ada banyak sekali dan semuanya penting untuk dimiliki, terutama bagi Anda para ibu baru. Perlengkapan bayi yang ingin Anda beli tak hanya dilihat dari kegunaannya, tapi juga dari bentuk dan warnanya yang menarik perhatian Anda untuk memilikinya.

Padahal, tidak semua benda yang disebut perlengkapan bayi harus dimiliki di awal lho, Moms! Ada beberapa hal yang sebenarnya tak perlu Anda beli semua dalam satu waktu. Jadi, Anda pun bisa menghemat pengeluaran yang bisa dipakai untuk keperluan lain atau menjadi tabungan untuk masa depan Anda dan keluarga. Apa saja sih, perlengkapan bayi yang sebenarnya tidak perlu dibeli? Berikut ini daftarnya, Moms

1. Pakaian untuk Newborn

Sebenarnya, Moms tidak perlu membelikan pakaian khusus untuk bayi baru lahir. ASI yang diberikan secara maksimal akan membuat berat badannya bertambah sehingga baju tersebut akan lebih cepat sempit. Namun, jika Anda tetap ingin membelinya, tentu boleh saja, tetapi Anda disarankan untuk mencari ukuran 0-3 bulan atau 3-6 bulan dan tidak usah terlalu banyak ya, Moms.



2. Sepatu Bayi

Moms juga belum perlu membelikan Si Kecil sepatu bayi dengan motif lucu, karena barang tersebut justru tidak akan dipakai hingga bayi Anda mulai belajar berjalan. Akan lebih baik jika Anda membiarkan Si Kecil bertelanjang kaki yang membuatnya lebih nyaman serta membantu stimulasi motorik kakinya lebih maksimal.

3. Bantal dan Boneka

Anda yang sudah memiliki boks bayi tidak perlu melengkapinya dengan bantal khusus bayi. Sebab, bantal bayi hanya akan meningkatkan risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS. Hal ini sama dengan keberadaan boneka yang justru bisa memengaruhi organ pernapasan Si Kecil saat tidur. Moms hanya perlu menyediakan seprai cadangan serta benda empuk yang bisa membatasi bayi agar tidak terantuk kayu boks tidurnya.

4. Tempat Mandi Bayi

Bayi yang baru lahir tetap perlu dimandikan, namun tidak perlu terlalu sering. Jadi, Anda tidak harus membeli tempat mandi bayi atau baby bather yang justru akan jarang dipakai. Akan lebih baik jika Moms dan Dads melatih keterampilan untuk memandikan sendiri Si Kecil sambil memanfaatkan skin-to-skin contact secara langsung saat melakukannya.

5. Bantal Menyusui

Kehadiran bantal khusus menyusui memang diperuntukkan agar Moms dan Si Kecil nyaman ketika proses memberikan ASI. Namun sebenarnya, kenyamanan ini bisa didapat dengan memanfaatkan bantal tidur, guling, atau bantal kecil biasa yang sudah ada di rumah.

6. Meja untuk Mengganti Popok

Keberadaan changing table atau meja sebagai tempat mengganti popok Si Kecil juga tidak perlu Moms masukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi. Anda dapat memanfaatkan matras biasa yang lebih praktis dibawa kemana pun. Sebagai saran, Moms justru bisa membeli lemari untuk menyimpan keperluan bayi yang juga dapat dipakai dalam jangka panjang.



7. Mainan Bayi

Bayi yang baru lahir juga memerlukan interaksi langsung dari orang tuanya dengan cara bermain bersama. Hal ini bisa dilakukan tanpa adanya mainan khusus, tapi dari dekapan, pelukan, ciuman, dan sentuhan Anda yang akan membantu stimulasi panca indra Si Kecil. Namun untuk mendukung tumbuh kembangnya, Moms bisa menyediakan softbook, high contrast book, atau board books setelah usia Si Kecil di atas enam bulan.

8. Baby Walker

Si Kecil memang akan membutuhkan bantuan saat ia mulai belajar berjalan. Namun, Anda tidak perlu sampai membelikan baby walker untuknya. Selain keamanan yang dirasa kurang oleh para ahli, alat ini justru malah dianggap bisa meningkatkan risiko gangguan pada tumbuh kembang bayi.

9. Ayunan Bayi

Ayunan atau bouncer untuk bayi ditujukan untuk memudahkan Anda menidurkan Si Kecil. Tetapi, alat ini mungkin hanya akan dipakai dalam waktu singkat saja. Dibandingkan dengan alat, Moms dan Dads bisa bergantian menidurkan Si Kecil dengan mendekap dan mengayunkannya secara perlahan, kok.

10. Sarung Tangan dan Kaus Kaki

Sama seperti sepatu, Moms juga tidak perlu membelikan sarung tangan dan kaus kaki untuk bayi. Keduanya dapat mengganggu dan menghambat sensitivitas sensorik Si Kecil. Jika tetap ingin membelinya, tak perlu terlalu banyak dan pakaikan ketika udara sedang dingin saja.

11. Sisir berbulu lembut

Bayi rata-rata lahir dengan rambut yang tidak terlalu tebal. Meski begitu, Moms tidak harus menyiapkan sisir khusus yang memiliki bulu lembut untuk menyisir rambut Si Kecil. Cukup tata dengan kelembutan tangan Anda yang bisa dirasakan langsung olehnya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   perlengkapan bayi