Mother&Baby Indonesia
7 Lagu untuk Pengantar Tidur agar Bayi Mudah Terlelap

7 Lagu untuk Pengantar Tidur agar Bayi Mudah Terlelap

Moms, sering mengalami kesulitan saat menidurkan bayi Anda karena Si Kecil susah terlelap. Salah satu cara yang sering dilakukan para ibu untuk membuat bayi mereka cepat tertidur pulas adalah dengan menyanyikan lagu. Ya, menyanyikan lagu buat Si Kecil tidak hanya bisa membantunya terlelap, tapi juga menciptakan bonding yang indah antara Anda dan Si Kecil.

Merasa tidak punya suara yang cukup merdu untuk bernyanyi buat Si Kecil? Tenang Moms, Anda tidak harus memiliki suara bak penyanyi terkenal untuk melantunkan lagu sebagai pengantar tidur bayi Anda. Yang perlu Anda tahu, Begitu Si Kecil mendengarkan suara lembut Anda, ia akan merasa tenang dan nyaman.

Tetapi masih bingung, mau menyanyikan lagu apa buat Si Kecil ya, Moms? Nah, untuk membantu Anda, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa lagu yang bisa Anda nyanyikan sebagai pengantar tidur Si Kecil.



Nina Bobo

Buat masyarakat Indonesia, Nina Bobo merupakan lagu pengantar tidur yang sangat terkenal. Lagu ini bahkan diperkirakan sudah ada sejak zaman dulu. Liriknya sederhana dan mudah untuk dinyanyikan. Dalam Bahasa Indonesia, Anda mungkin juga mengenal kata nina bobo, berasal dari lagu ini, yang berarti “menyanyikan lagu untuk membuat anak tidur”.

Twinkle Twinkle Little Star

Boleh dibilang, Twinkle Twinkle Little Star merupakan lagu pengantar tidur yang paling populer di dunia. Hampir semua orang tua kenal dan hafal dengan liriknya. Jadi, mungkin tidak akan sulit buat Anda menyanyikan lagu ini untuk Si Kecil ya, Moms? Termasuk dalam kategori nursery rhymes, lagu ini memiliki melodi yang sama dengan lagu The Alphabet Song. Moms bisa nyanyikan untuk mengantarkan tidur Si Kecil sembari memandangi matanya yang indah laksana bintang di langit.

Row, Row, Row Your Boat

Hampir sama dengan Twinkle Twinkle Little Star, lagu Row, Row, Row Your Boat juga masuk dalam kategori nursery rhymes. Memiliki irama yang lembut dan menenangkan, percaya deh, Si Kecil pasti bisa lebih cepat merasakan kantuk dan segera pulas tertidur saat Anda menyanyikan lagu ini, Moms.



Pelangi Pelangi

Lagu Pelangi Pelangi tidak hanya bisa dinyanyikan saat sedang bermain dengan anak, Moms. Anda juga bisa melantunkannya sebagai lagu pengantar tidur Si Kecil. Iramanya yang lembut dan menenangkan akan mampu membuat bayi Anda langsung terlelap dan bermimpi bermain sambil berlarian di atas pelangi yang berwarna-warni.

I Will

Bosan dengan lagu anak-anak untuk dinyanyikan sebagai pengantar tidur Si Kecil? Jika Anda penggemar The Beatles, kenapa tidak nyanyikan lagu dari band asal Liverpool ini. Banyak lho, lagu The Beatles yang bisa Anda jadikan lagu pengantar tidur, salah satunya lagu berjudul I Will. Lagu ciptaan John Lennon dan Paul McCartney ini bisa membuat hati terasa hangat saat mendengarnya. Coba dengar salah satu liriknya: Who knows how long I've loved you. You know I love you still…

You Are My Sunshine

You are my sunshine, my only sunshine. You make me happy when skies are gray. Familiar dengan lirik lagu ini, Moms? Ya, lagu ini sering dibawakan dalam berbagai acara tv untuk anak, seperti Barney & Friends. Meskipun bernada gembira, lagu ini tetap bisa Anda nyanyikan sebagai lagu pengantar tidur bayi, kok. Dengan menyanyikan lagu ini, Anda sekaligus mengatakan pada Si Kecil betapa ia sangat penting buat Anda, seperti matahari yang bersinar, dan betapa Anda sangat mencintainya.

Lelo Ledhung

Nah, jika Anda orang Jawa, sekali-sekali lantunkan tembang Jawa untuk Si Kecil. Lelo Ledhung sendiri merupakan lagu tradisional Jawa yang sering dijadikan sebagai lagu pengantar tidur oleh para ibu di masyarakat Jawa. Lagu ini memiliki alunan musik yang pelan dan lembut yang akan membuat bayi anda cepat terlelap. Liriknya menggambarkan doa dan harapan orang tua agar anak bisa hidup mulia dan mengharumkan nama orang tuanya. Menyanyikan lagu ini juga bisa jadi cara untuk melestarikan budaya tradisional Indonesia. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   lagu pengantar tidur