Mother&Baby Indonesia
Mengenalkan Rutinitas pada Anak untuk Tumbuh Bahagia

Mengenalkan Rutinitas pada Anak untuk Tumbuh Bahagia

Moms, pernahkah Anda memperhatikan betapa senangnya balita dengan rutinitas dan hal yang berulang? Misalnya, setelah sarapan dan mandi, si Kecil pasti akan meminta untuk menonton serial kesayangannya di televisi, atau sebelum tidur, ia selalu menunggu Anda untuk menemaninya sambil membacakannya cerita pengantar tidur.

Ya, si Kecil sangat menyukai rutinitas! Saat ada sedikit saja perbedaan dalam aktivitasnya sehari-hari, ia pasti akan segera menyadari hal tersebut dan ingin mengetahui apa penyebabnya. Hal ini adalah sesuatu yang normal dalam perkembangan anak.

Manfaat Rutinitas untuk si Kecil

Rutinitas sendiri merupakan hal yang penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Ada sejumlah manfaat yang diperoleh si Kecil dengan memiliki rutinitas lho, Moms. Selain membantu membentuk dunianya, rutinitas dapat memberikan rasa aman pada si Kecil karena ia tahu apa yang akan dilakukannya hari ini.

Rutinitas juga bermanfaat untuk membantu si Kecil mengembangkan penguasaan diri. Dengan meningkatnya kemampuan ini, si Kecil dapat menguasai perubahan yang lebih besar. Rutinitas juga dapat mengurangi stres, membangun kepercayaan diri si Kecil, serta meningkatkan kemampuan sosial dan bahasanya.

Tips Membuat Rutinitas yang seru buat si Kecil

Karena itu, buat Happy Parents, membantu anak membuat rutinitas adalah kesempatan untuk membuatnya grow happy! Yuk, simak tips berikut untuk membuat rutinitas si Kecil yang seru!

• Mulailah dengan rutinitas yang terpenting, seperti tidur dan makan.

• Jika si Kecil belum terbiasa, bantu ia belajar untuk menghadapi dan mengerti perubahan dalam rutinitasnya.

• Berikan penjelasan mengapa hal itu terjadi dan yakinkan bahwa semua akan berjalan normal pada akhirnya.

• Responsif terhadap si Kecil dan masukkan ia ke dalam rutinitas Happy Parents sehingga akan membuatnya merasa dihargai.

• Tetap konsisten namun fleksibel. Rutinitas adalah hal yang esensial, namun yang paling penting adalah peka terhadap Si Kecil.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus Happy Parents harus hindari pada si Kecil agar rutinitas berlangsung dengan efektif, yakni:

• Jangan buat rutinitas yang terlalu kaku dan terlalu mengontrol si Kecil.

• Jika ada perubahan rutinitas pada Si Kecil, berikan ia penjelasan atau pengertian mengenai perubahan tersebut sehingga si Kecil akan mengerti.

• Jangan merendahkan Si Kecil ketika ia membuat aturan atau ritual baru dalam rutinitasnya.

• Jangan terlalu mengenalkan si Kecil dengan banyak rutinitas baru di saat yang bersamaan. Setiap anak memiliki waktu yang berbeda untuk terbiasa dengan rutinitas.

Nah, itulah tips agar rutinitas si Kecil tetap menyenangkan!

Untuk mendukung kesehatan si Kecil, Moms tentunya juga perlu memberikannya makanan bergizi.

LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri serta serat pangan inulin dan dilengkapi dengan kandungan zat besi, omega-3, omega-6, 12 vitamin, dan juga 0g sukrosa untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Yuk, bantu jaga kesehatan pencernaan balita, Moms. Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, Moms dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Karena #GrowHappy dimulai dari dalam.

(M&B/SW/Foto: Dok. 123RF/marctran)



Tags: grow happy,   lactogrow,   anak sehat,   anak bahagia,   tumbuh bahagia,   balita