Mother&Baby Indonesia
5 Makanan yang Bantu Memperlancar Pencernaan Anak

5 Makanan yang Bantu Memperlancar Pencernaan Anak

Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah yang sering dialami anak. Padahal, pencernaan yang sehat sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang dan kecerdasannya. Nutrisi yang diperoleh si Kecil dari makanannya akan diserap oleh sistem pencernaan dan didistribusikan untuk tumbuh kembangnya. Jika anak mengalami masalah pada sistem pencernaan, maka tumbuh kembangnya bisa terganggu.

Gangguan pencernaan bisa terjadi karena mungkin si Kecil salah makan atau justru asupan gizinya yang terhambat. Namun, kini Moms tak perlu khawatir, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan cara mudah, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Nah, berikut ini 5 jenis makanan yang bisa membantu memperbaiki dan memperlancar pencernaan si Kecil, Moms.

1. Pepaya

Semua buah pada dasarnya bermanfaat untuk si Kecil. Namun untuk memperlancar pencernaannya, Moms sebaiknya memberikan pepaya. Buah ini memang terkenal bagus untuk pencernaan. Pepaya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan karena mengandung enzim papain yang bisa membantu melumatkan makanan. Bukan cuma itu, pepaya juga bisa menyerap nutrisi untuk tubuh, lho. Sediakan selalu pepaya di rumah ya, Moms.

2. Puree Ubi

Selain rasanya yang enak karena manis, ubi jalar dapat membantu mencegah sembelit pada pencernaan si Kecil. Memang, biasanya puree ubi paling sering digunakan untuk makanan pendamping ASI bayi. Namun, jika si Kecil bosan dengan makanannya, sepertinya sekali-kali boleh juga Moms memberikan menu puree ubi ini. Siapa tahu si Kecil suka, kan?

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang populer dan disukai banyak orang. Walaupun mudah didapat dan harganya terjangkau, pisang tidak boleh dipandang sebelah mata, lho! Pasalnya, buah bertekstur lembut ini punya beragam kandungan yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil, seperti vitamin C, kalsium, zat besi, dan vitamin B kompleks. Ssst, pisang juga berguna untuk mengatasi sakit maag, melancarkan buang air besar, dan mengobati diare.

4. Yoghurt

Sepertinya yoghurt jadi salah satu makanan yang sangat digemari anak-anak. Yoghurt sendiri merupakan hasil olahan susu melalui proses fermentasi bakteri baik yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Bakteri baik ini berguna untuk meningkatkan daya cerna dan absorpsi pada saluran pencernaan anak serta meredakan gangguan pencernaan seperti konstipasi dan diare.

5. Sayuran Hijau

Sayuran memang sudah identik dengan makanan sehat dan sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan. Banyak sekali kandungan baik yang terdapat di sayuran hijau, mulai dari vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, karoten, dan masih banyak lainnya. Tak hanya baik untuk pencernaan, sayur juga bagus untuk meredakan mual, melancarkan pencernaan, dan mengatasi radang tenggorokan.

Jadi, sekarang Moms sudah tahu kan, apa saja makanan yang bisa menghindarkan si Kecil dari gangguan pencernaan? Yuk Moms, mulai beri si Kecil asupan nutrisi yang alami!

Untuk mendukung kesehatan si Kecil, Moms tentunya juga perlu memberikannya makanan bergizi.

LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri serta serat pangan inulin dan dilengkapi dengan kandungan zat besi, omega-3, omega-6, 12 vitamin, dan juga 0g sukrosa untuk mendukung tumbuh kembangnya.


Yuk, bantu jaga kesehatan pencernaan balita, Moms. Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, Moms dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Karena #GrowHappy dimulai dari dalam.

(M&B/SW/Foto: Dok. 123RF/Olena Yakobchuk)



Tags: grow happy,   lactogrow,   anak sehat,   anak bahagia,   tumbuh bahagia,   balita