Mother&Baby Indonesia
Kepribadian Ibu Hamil Memengaruhi Persalinan. Ini Faktanya!

Kepribadian Ibu Hamil Memengaruhi Persalinan. Ini Faktanya!

Persalinan adalah salah satu peristiwa penting tak terlupakan yang dialami oleh seorang wanita. Tak hanya merupakan peristiwa positif sebagai masa transisi yang menyenangkan untuk beralih ke kehidupan baru, persalinan juga bisa dibilang sebagai saat-saat terberat seorang wanita dalam hidupnya.

Rasa cemas, panik, takut, ketidakpastian, ditambah rasa sakit yang timbul menjelang proses melahirkan memang dialami oleh sebagian besar ibu saat menghadapi persalinan. Karena itu, selain kematangan fisik, tentunya calon ibu juga harus siap secara psikologis. Ya Moms, faktor-faktor psikologis yang menyertai proses kelahiran setiap ibu memang bermacam-macam, dan ini dikarenakan setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda.



Sejauh Mana Kepribadian Memengaruhi Proses Persalinan?

Proses persalinan memang tak dapat diprediksi, Moms. Bahkan jika Anda sudah pernah melahirkan sebelumnya, belum tentu proses melahirkan berikutnya akan sama. Terlepas dari semua intervensi yang mungkin dilakukan, kita tidak dapat mengendalikan seperti apa persalinan itu akan terjadi.

Namun, cara setiap orang bereaksi dalam menghadapi suatu hal tentu saja berbeda, dan tak semua pengalaman positif bisa disikapi dengan positif, maupun sebaliknya. Sebagai contoh, Moms yang berencana melahirkan per vaginam tiba-tiba saja harus menjalani operasi caesar. Namun Moms tetap merasa bahagia akan semua proses yang sudah berjalan. Di lain sisi, ada juga seorang ibu yang menjalani persalinan sesuai harapan, namun merasa sedih selama berhari-hari karena proses persalinan tersebut.

Nah, hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh kepribadian lho, Moms. Jangan khawatir, memiliki tipe kepribadian tertentu tak lantas menentukan pengalaman melahirkan seperti apa yang akan Moms alami, kok. Namun, dengan mengetahui secara pasti seperti apa kepribadian Anda, Moms dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan Moms sehingga Anda dapat mengatur itu semua untuk mendapatkan pengalaman persalinan yang terbaik.

Kenali Kepribadian Anda, Moms!

Moms tentunya ingin kan, memiliki proses persalinan yang sesuai dengan harapan, atau seandainya tidak sesuai, Anda bisa menyikapinya dengan baik. Nah, mengenali karakter atau kepribadian sendiri adalah langkah awal dan terbaik yang dapat Moms lakukan untuk mewujudkannya. Dalam hal ini, jangan memikirkan apakah kepribadian dan karakter Anda itu baik atau buruk, ya. Yang harus Moms lakukan adalah memanfaatkan semuanya untuk kelancaran persalinan Anda.

Jenis Kepribadian yang Membantu dalam Persalinan

Jika Moms memiliki salah satu atau lebih dari kepribadian di bawah ini, Moms tampaknya akan lebih mudah menerima segala kesulitan dan perubahan rencana yang terjadi saat melahirkan:

• Santai

• Mudah bergaul



• Spontan

• Tidak masalah jika tidak memegang kendali

• Tidak suka terlalu berencana, lebih suka mengambil keputusan di akhir

• Tidak keberatan untuk “mengikuti arus”, bahkan ketika hal itu bisa membatalkan rencana.

Nah, kepribadian-kepribadian seperti ini tentunya akan memudahkan Moms saat Anda menerima perubahan, namun jika Anda memiliki pertanyaan selama prosesnya, jangan ragu untuk menyampaikannya kepada dokter ya, Moms.

Jenis Kepribadian yang Kurang Membantu dalam Persalinan

Apakah Moms selalu merencanakan hari-hari dan memproyeksikan segala sesuatu hingga mendetail, dan senang bila hal-hal berjalan sesuai rencana? Jika kepribadian Moms cenderung seperti itu, kemungkinan besar Moms akan merasa tak nyaman jika terjadi hal-hal sebaliknya. Lebih jelasnya, ini adalah beberapa jenis kepribadian yang kurang membantu dalam proses persalinan:

• Rasa tanggung jawab yang tinggi

• Pemecah masalah

• Cemas atau gelisah ketika hal-hal tak berjalan sesuai rencana

• Berorientasi pada tujuan

• Sangat terorganisir dan berorientasi pada detail

• Perencana, tak suka “mengikuti arus”

• Suka melakukan segala hal sendiri ketimbang memercayai orang lain.

Langkah Selanjutnya…

Seperti sudah disebutkan di atas, bagaimana proses persalinan itu terjadi memang tak dapat diprediksi. Karena itu, dengan mengenali kepribadian Anda, diharapkan Moms akan lebih siap menghadapi kemungkinan apa pun yang bisa terjadi.

Pertanyaannya, “Lalu, kalau kepribadian saya ternyata termasuk ke dalam kepribadian yang kurang membantu dalam persalinan, bagaimana dong?” Jangan dulu berkecil hati Moms, justru dengan mengenalinya sejak dini, Moms akan memiliki banyak keuntungan dan memiliki pandangan ke depan untuk mengenali titik-titik kelemahan Anda dan mempersiapkannya. Moms bisa terus berlatih mengikuti arus dan membiarkan segala sesuatunya berjalan tidak mengikuti rencana.

Tak lupa juga, selalu rutin periksa ke dokter untuk menanyakan seputar kehamilan Anda secara detail, menggali informasi dari luar seperti melalui internet, teman, dan sebagainya. Jangan ragu juga untuk selalu minta didampingi oleh orang-orang terdekat terlebih suami, orang tua maupun sahabat Anda ya, Moms! (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   ibu melahirkan,   ibu hamil,   karakter ibu hamil