Mother&Baby Indonesia
15 Buah yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil dan Baik untuk Janin

15 Buah yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil dan Baik untuk Janin

Saat hamil, dokter tentu menganjurkan Moms untuk memiliki pola makan yang lebih sehat dibandingkan sebelum masa kehamilan agar bisa memberikan asupan yang baik untuk tubuh Anda dan janin. Nah, salah satu pola makan sehat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi buah.

Buah memang terkenal punya banyak kandungan serat dan nutrisi, seperti vitamin, asam folat, beta karoten, dan kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan pertumbuhan janin. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah antara 2-4 sajian per hari, dan setiap 1 sajian terdiri dari 1 buah berukuran sedang atau 1 mangkuk berisi buah potong. Nah, berikut ini 15 buah yang baik untuk Anda konsumsi, bumil.



1. Apel


Apel punya banyak kandungan zat gizi yang sangat baik untuk nutrisi bumil, seperti vitamin A, C, D, E, serat, dan zinc. Buah ini bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan janin serta menjaga sistem kekebalan tubuh dan sistem percernaan. Risiko asma dan alergi juga lebih rendah pada bayi dari ibu yang mengonsumsi apel secara teratur saat hamil.

2. Pisang


Pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk bumil, karena kaya akan kalium, mineral penting untuk menyuplai energi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, pisang juga sangat baik dikonsumsi bumil yang sering mual-mual. Kandungan lain yang terdapat pada pisang adalah vitamin C, vitamin B6, dan serat.

3. Alpukat


Selain memiliki kandungan asam folat yang tinggi, alpukat kaya akan zat bergizi seperti vitamin B, C, K, serat, kolin, magnesium, dan kalium. Magnesium dan kalium membantu meredakan mual yang sering dialami bumil. Alpukat juga bisa mengatasi gejala kram serta menjaga perkembangan otak dan saraf janin.

4. Kurma


Kurma memiliki kandungan glukosa tinggi,sehingga sangat baik untuk memenuhi asupan energi harian bumil. Kurma juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk bumil, misalnya vitamin B kompleks, zat besi, dan kalium. Buah ini pun bermanfaat untuk meningkatkan rangsangan syaraf dan sangat baik buat kecerdasan otak janin.

5. Jeruk


Jeruk kaya akan vitamin C, folat, dan asupan cairan yang diperlukan tubuh untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada bumil. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan penyerapan zat besi. Kandungan folatnya sendiri berguna untuk mencegah janin dari kecacatan otak dan saraf tulang belakang.



6. Semangka


Sama seperti jeruk, semangka juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga bermanfaat untuk menjaga tubuh bumil tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, semangka juga sarat akan vitamin, magnesium, dan potasium, yang bermanfaat untuk mengurangi kram otot yang umumnya dialami bumil saat trimester terakhir.

7. Mangga


Buah ini kaya akan vitamin C dan A. Mangga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bumil. Semangkuk buah mangga cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari yang berguna untuk pencernaan dan mengurangi sembelit. Kandungan vitamin A dalam mangga juga berlimpah yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga bayi terhindar dari gangguan pada sistem pertahanannya. Mangga merupakan buah yang sering ada, sehingga tidak sulit untuk memperoleh buah ini. Umumnya mangga memiliki rasa manis dan bisa dijadikan alternatif saat bumil ingin mengonsumsi makanan manis.

8. Anggur


Anggur adalah buah yang bagus untuk bumil karena mengandung magnesium, folat, dan sejumlah vitamin. Kandungan magnesiumnya bermanfaat untuk mengurangi kram selama kehamilan. Sedangkan kandungan zat gizi lainnya mampu memberikan efek positif pada pencernaan dan metabolisme bumil.

9. Pir


Pir menyediakan banyak nutrisi untuk bumil, seperti serat, kalium, dan folat. Serat berguna untuk meringankan sembelit, salah satu masalah pencernaan yang paling umum dialami bumil. Sementara itu, kalium dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung bumil dan janinnya serta membantu dalam proses regenerasi sel.

10. Nanas


Selama ini, banyak yang percaya jika nanas adalah buah yang sebaiknya dihindari oleh bumil. Faktanya, hingga kini, belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa nanas berbahaya untuk bumil. Buah ini mengandung bromelain, yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan perdarahan. Namun, bromelain dalam satu sajian nanas kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan kehamilan. Nanas justru kaya vitamin C, B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan berbagai nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan bumil dan janinnya. Walaupun demikian, hindari mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada Anda yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif.

11. Pepaya


Pepaya yang aman untuk dikonsumsi oleh bumil adalah pepaya yang sudah matang. Jenis pepaya ini kaya akan vitamin E, C serta sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit, dan mengandung asam folat. Sedangkan pepaya mentah tidak dianjurkan karena mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi pada rahim. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

12. Delima


Delima dikenal mengandung antioksidan yang tinggi dan zat besi, sehingga sangat dibutuhkan bagi bumil dan janin untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Antioksidan membantu melawan radikal bebas, sedangkan zat besi dapat menurunkan risiko anemia yang bisa menyebabkan kelahiran prematur.

13. Jambu Biji


Jambu biji ternyata punya kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C penting untuk pertumbuhan optimal janin dan dapat meningkatkan penyerapan zat besi untuk membantu mengirimkan oksigen buat janin. Buah ini juga bisa dikonsumsi untuk meredakan masalah pencernaan yang umum terjadi selama kehamilan, seperti refluks asam lambung dan diare.

14. Lemon


Mengonsumsi air lemon atau mengisap lemon disebut dapat membantu meredakan mual pada bumil. Lemon juga tinggi akan kandungan vitamin C dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

15. Berry


Buah-buahan berry, seperti strawberry, blueberry, dan raspberry, mengandung berbagai zat yang baik untuk bumil, seperti karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   buah untuk ibu hamil