Mother&Baby Indonesia
Amankah Ibu hamil dan Menyusui Mengonsumsi Ginkgo Biloba?

Amankah Ibu hamil dan Menyusui Mengonsumsi Ginkgo Biloba?

Moms apakah sejak hamil Anda merasa jadi mudah lupa? Tak usah khawatir, Anda tak sendirian kok, karena hal ini juga tak sedikit dialami oleh para calon ibu lainnya. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil disinyalir dapat menyebabkan penurunan kinerja otak, sehingga menghambat proses mengingat dan membuat Anda jadi mudah lupa.

Sayangnya, mudah lupa ini juga ternyata tidak hanya terjadi selama Anda hamil, setelah melahirkan pun ternyata banyak pula ibu yang menjadi pelupa. Selain diakibatkan oleh perubahan hormon usai persalinan, kelelahan di masa menyusui juga turut memiliki andil.

Nah, untuk meningkatkan daya ingat Anda tersebut, mungkin tak jarang Moms disarankan untuk mengonsumsi suplemen ginkgo biloba yang dipercaya baik untuk kesehatan otak. Ginkgo biloba atau dikenal sebagai pohon rambut gadis ini memang sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan suplemen karena dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu, ekstrak daun ginkgo yang diketahui kaya akan antioksidan juga bisa membantu melawan atau menetralkan efek radikal bebas.



Tetapi, meski menawarkan sejumlah manfaat, apakah aman bila ibu hamil dan menyusui mengonsumsi ginkgo biloba? Untuk mengetahuinya, baca penjelasan lebih lengkapnya berikut ini yuk, Moms!

Waspadai Efek Samping Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba diketahui tidak memiliki manfaat langsung bagi ibu hamil dan menyusui. Mengonsumsi ginkgo biloba dalam bentuk suplemen tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dikarenakan dapat menyebabkan efek samping berupa penyakit ringan, seperti sakit kepala, mual, gangguan pencernaan, dan alergi (ruam kulit).

Dalam beberapa kasus, mengonsumsi ginkgo biloba juga bisa menyebabkan pendarahan karena diketahui ginkgo biloba mengandung aktivitas antiplatelet. Sayangnya, tidak banyak informasi konkret mengenai aktivitas antiplatelet yang mungkin terjadi saat seseorang mengonsumsi ginkgo biloba.

Sementara itu, data ilmiah terkait khasiat ginkgo biloba untuk ibu hamil masih lemah, meski sebuah pengujian pada hewan dan studi in vitro menunjukkan bahwa daun ginkgo mungkin saja mengkhawatirkan bila dikonsumsi ibu hamil sebelum melahirkan karena bisa memperlama pendarahan. Dalam hal menyusui, studi ilmiah juga belum memastikan keamanan mengonsumsi ginkgo biloba secara pasti.



Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Sebelum Moms mengonsumsi ginkgo biloba khususnya saat masa menyusui, Moms perlu tahu dahulu bahwa berdasarkan laman Drugs.com, suplemen makanan seperti ginkgo biloba ternyata tidak harus memiliki persetujuan pra-pemasaran yang ekstensif dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika. Sebaliknya, produsen suplemen makanan ini diberi tanggung jawab untuk memastikan keamanan produknya untuk dikonsumsi manusia.

Bila faktanya demikian, tentunya Anda perlu memperhatikan dan mewaspadai masalah potensial lainnya, misalnya suplemen tersebut mungkin mengandung berbagai bahan lainnya dan mungkin ada perbedaan antara apa yang tertera di label dan bahan sebenarnya dalam suplemen tersebut.

Cara Lain untuk Meningkatkan Daya Ingat

Adanya kemungkinan pendarahan berkepanjangan selama persalinan dan belum adanya informasi konkret terkait efek mengonsumsi ginkgo biloba pada bayi saat masa menyusui, Moms bisa melakukan cara lainnya untuk bisa membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Pastikan Anda mengonsumsi kalsium, asam folat, yodium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan DHA. Jangan lupa pula untuk menerapkan pola makan sehat baik saat hamil dan menyusui ya, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: ginkgo biloba,   ibu hamil,   ibu menyusui