Mother&Baby Indonesia
Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Mengonsumsi makanan sehat saat hamil sangat penting untuk menambah nutrisi buat Anda dan janin dalam kandungan. Nah, salah satu makanan kaya gizi yang perlu Moms konsumsi rutin selama hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda adalah oatmeal.

Oatmeal atau juga dikenal dengan sebutan havermut merupakan makanan yang kaya akan serat alami, serta mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Jika rutin mengonsumsinya, maka Moms akan bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil

Berbagai kebaikan dari oatmeal bisa Anda peroleh jika Anda rutin mengonsumsinya saat hamil, Moms. Beragam nutrisi yang terkandung dalam oatmeal mampu menguatkan tubuh bumil serta janin dalam kandungan. Untuk menikmati oatmeal, Anda bisa tambahkan madu, susu, atau buah segar dan jadikan sebagai menu sarapan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi oatmeal, antara lain:



1. Mencegah Diabetes

Saat hamil, Moms berisiko mengalami diabetes, yang dikenal dengan istilah diabetes gestasional. Penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi oatmeal sebagai karbohidrat kompleks atau sangat sedikit melewati pemrosesan. Artinya, oatmeal akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna sehingga Moms jadi kenyang lebih lama. Kandungan kalori yang rendah serta magnesium di dalam oatmeal juga membantu mengatur kadar insulin dan gula dalam darah saat Anda hamil.

2. Sebagai Sumber Energi

Karena menjadi salah satu sumber dari karbohidrat kompleks, artinya oatmeal juga mampu menjadi sumber energi untuk tubuh Anda sepanjang hari. Kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya juga mampu mendukung pembentukan serta meningkatkan sistem imunitas bumil, lho!

3. Sistem Pencernaan Terjaga

Seperti disebutkan sebelumnya, oatmeal juga kaya akan serat, sehingga mampu menjaga sistem pencernaan ibu hamil. Dengan begitu, risiko terjadinya konstipasi atau masalah pencernaan lainnya akan sangat rendah. Berat badan serta kadar kolesterol dalam tubuh Moms selama hamil juga akan tetap terjaga dan jadi lebih stabil.



4. Mencegah Anemia

Ibu hamil juga rentan mengalami kondisi anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi oatmeal yang tinggi akan zat besi. Dengan begitu, proses pembentukan sel darah merah berjalan dengan baik sehingga kadar hemoglobin (Hb) dalam tubuh Moms akan terkendali.

5. Kaya Vitamin dan Mineral

Oatmeal mengandung vitamin dan mineral yang tentunya dibutuhkan oleh bumil, seperti asam folat (vitamin B9) yang membantu perkembangan sistem saraf dan otak janin serta mencegah masalah pada sumsum tulang belakang janin. Selain itu, ada juga kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi Moms serta janin tetap kuat selama masa kehamilan hingga persalinan nanti.

Cara Mengonsumsi Oatmeal yang Tepat

Agar beragam manfaat di atas bisa Moms rasakan, maka pilihlah oatmeal yang berjenis steel-cut oats atau rolled oats. Masak oatmeal dengan menambahkan air hangat dan susu, lalu beri tambahan seperti madu, buah-buahan segar, atau bubuk kayu manis untuk menambahkan rasa manis alami.

Jangan konsumsi oatmeal instan yang justru tinggi akan gula dan bisa berisiko pada kesehatan bumil. Selain itu, Moms juga perlu berkonsultasi pada dokter jika Anda memiliki alergi gluten sebelum memilih oatmeal sebagai salah satu sumber karbohidrat. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   oatmeal,   nutrisi