Mother&Baby Indonesia
Tak Hanya Atasi Strech Mark, Ini Manfaat Dry Brushing saat Hamil

Tak Hanya Atasi Strech Mark, Ini Manfaat Dry Brushing saat Hamil

Stretch mark tampaknya menjadi musuh terbesar bagi banyak wanita dan tak jarang menjadi salah satu faktor menurunnya tingkat kepercayaan diri. Salah satu penyebab timbulnya stretch mark pada kulit adalah kehamilan. Nah, untuk meminimalkan munculnya stretch mark saat hamil, selain dengan menjaga berat badan, para calon ibu biasanya rajin merawat kulitnya dengan memakai krim pencegah stretch mark atau minyak alami. 

Selain memanfaatkan berbagai jenis krim atau minyak, Moms juga bisa melakukan perawatan dengan metode dry brushing yang disinyalir memiliki banyak manfaat lho. Bila Moms rajin melakukan dry brushing saat hamil sekaligus dibarengi dengan melakukan rutinitas sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, minum cukup air, dan berolahraga secara rutin, ini bisa berdampak baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, Moms.



Nah, mau tahu bagaimana melakukan metode dry brushing saat hamil dan apa manfaat yang diperoleh? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya, Moms!

Prosedur Dry Brushing

Dry brushing merupakan metode perawatan tubuh yang bertujuan untuk mendetoksifikasi kulit selama kehamilan dan membantu mengurangi munculnya selulit, stretch mark, dan kotoran pada kulit lainnya. Untuk mempraktikkan dry brushing di rumah, Moms harus memiliki sikat kering sebagai alat utamanya.

Sikat kering tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko kesehatan dan kebugaran, apotek, ataupun toko perlengkapan alat mandi. Pastikan Moms memilih sikat kering dengan kualitas terbaik yang memiliki bulu lembut atau terbuat dari bahan alami seperti serat tanaman.

Meski diketahui dapat membantu mengatasi stretch mark, bukan berarti Anda hanya menyikat bagian tubuh yang rentan mengalami stretch mark saja. Dry brushing bisa dimulai dengan menyikat bagian bawah kaki Anda dengan gerakan lembut memutar dan beranjak ke bagian tubuh atas seperti perut, dada, lengan, leher, sampai wajah. Agar tubuh terasa lebih licin dan wangi, Moms bisa memanfaatkan minyak kelapa atau minyak esensial favorit Anda saat melakukan metode ini.

Pastikan Moms tidak menyikat tubuh Anda terlalu kuat atau keras melainkan membuat gerakan sapuan yang pelan dan sederhana. Jika Moms memiliki kulit sensitif, Anda dapat membeli sikat yang lebih kecil dan lebih lembut untuk menyikat wajah Anda.



Ritual ini biasanya dilakukan selama 5 sampai 15 menit. Setelah Anda selesai menyikat tubuh, Moms bisa mandi menggunakan air hangat untuk mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh, lalu keringkan seluruh bagian tubuh dengan baik.

Manfaat Dry Brushing

Menjadikan dry brushing sebagai rutinitas harian atau mingguan Anda selama hamil dapat bermanfaat untuk:

1. Menghilangkan racun di tubuh

Saat Moms melakukan dry brushing, racun dalam tubuh akan hilang bersamaan dengan kulit mati dan kulit kering yang terangkat dari tubuh Anda. Dry brushing mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan memungkinkan sistem limfatik terstimulasi.

Sistem limfatik sendiri merupakan bagian besar dari sistem kekebalan tubuh, di mana saat proses menyikat ini tubuh memungkinkan untuk mendetoksifikasi dirinya dengan lebih efisien. Mengoptimalkan fungsi sistem limfatik ini penting dilakukan selama kehamilan mengingat tubuh Moms cukup bekerja keras untuk mendukung pertumbuhan janin yang sedang dikandung.

2. Eksfoliasi kulit

Dry brushing bermanfaat untuk eksfoliasi pada kulit tubuh sehingga kulit Anda akan terasa lebih lembut dan terlihat lebih muda secara alami. Jika punggung, paha, atau wajah Anda rentan berjerawat, metode dry brushing dapat membantu mengatasi hal tersebut dengan membersihkan pori-pori, bahkan mengecilkan ukuran pori-pori tersebut seiring waktu. Manfaat melakukan dry brushing secara rutin ini biasanya juga dirasakan oleh mereka yang rentan dengan infeksi atau iritasi kulit tertentu.

3. Mengatasi dan mencegah penyakit tertentu atau iritasi

Bagi mereka yang mengalami masalah kulit kering, eksim, dan jerawat, dry brushing disinyalir bisa membantu mengatasi masalah tersebut dan memberikan perubahan yang cukup baik pada kulit yang bermasalah. Meski sebenarnya tidak semua orang akan melihat perubahan besar yang terjadi, tetapi dry brushing tetap bisa membantu.

4. Baik untuk kesehatan secara keseluruhan

Dry brushing dipercaya dapat meningkatkan sistem sirkulasi tubuh, proses detoksifikasi, dan secara alami merangsang distribusi energi tubuh Anda. Semua hal ini tentunya dapat berpengaruh baik pada kesehatan Anda secara keseluruhan, di mana ketika Moms berada dalam kesehatan yang lebih baik, Anda dapat dengan lebih mudah melawan pilek dan flu. Meskipun memang belum terbukti secara medis, tetap banyak orang yang merasa lebih baik secara keseluruhan sejak menjadikan dry brushing sebagai bagian dari rutinitas mereka.

Setelah melahirkan, tentunya Moms bisa tetap menjadikan dry brushing sebagai salah satu rutinitas Anda karena bisa membantu mengatasi stretch mark dan selulit. Namun sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah mendapat lampu hijau dari dokter, terutama jika Moms pernah menjalani operasi caesar atau persalinan yang sulit. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: dry brushing,   kehamilan,   ibu hamil