Mother&Baby Indonesia
Hati-hati! Ini Tandanya Anda Memiliki Ibu Mertua Toxic

Hati-hati! Ini Tandanya Anda Memiliki Ibu Mertua Toxic

Terkadang, ibu mertua masih menjadi sosok yang ditakuti, sekalipun Anda dan pasangan Anda, yaitu anak laki-lakinya, telah lama berumah tangga. Meski sebagai menantu kita berharap memiliki ibu mertua yang baik hati dan Moms beruntung menjadi salah satu orang tersebut, tetapi nyatanya di luar sana tak sedikit perempuan yang harus menghadapi ibu mertua yang terlalu banyak ikut campur, suka mengkritik, mudah tersinggung, dan banyak sifat menyebalkan lainnya.

Bila Moms berada di posisi menantu yang kurang beruntung karena memiliki ibu mertua "toxic" tersebut, mungkin Anda akan berpikir, berapa banyak energi yang terkuras untuk menghadapinya. Anda pun pasti berusaha untuk berhati-hati dalam bersikap, berbicara, sampai berpakaian, agar bisa terhindar dari kritikan pedas ibu mertua.

Tentunya akan menjadi mimpi buruk bila Anda harus menghadapi ibu mertua toxic tersebut. Tetapi bagaimana sih, kriteria ibu mertua yang toxic? Nah, bila mungkin sampai saat ini Anda masih bingung bagaimana sosok ibu mertua Anda, apakah ia termasuk ibu mertua toxic atau tidak, simak beberapa tandanya berikut ini, Moms.

1. Selalu Ingin Tahu

Tak bisa dimungkiri bahwa sosok ibu mertua yang selalu ingin tahu alias kepo itu memang ada. Sosok ibu mertua seperti itu sepertinya selalu memiliki pendapat tentang setiap masalah, meskipun itu bukan urusan mereka. Moms mungkin akan melihat bahwa ia bisa saja tiba-tiba mendengarkan percakapan pribadi Anda dan pasangan, kemudian melontarkan pendapat yang mungkin bagi Anda malah menyinggung. Ibu mertua yang kepo juga cenderung menguping percakapan Anda dan tidak peduli tentang privasi dari percakapan tersebut.

2. Tidak Memiliki Batasan

Sosok ibu mertua yang tidak memiliki batasan akan senang membuat keputusan untuk Anda dan seluruh keluarga, meskipun sebenarnya itu tidak diperlukan. Ia mungkin akan mengganggu Anda dan pasangan saat sedang pergi berkencan. Selain itu, ia juga mungkin akan bertindak terlalu jauh dan membuat keputusan untuk anak Anda, bahkan tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan Anda atau pasangan.

3. Mengkritik Segala Hal yang Anda Lakukan

Ibu mertua yang toxic biasanya akan mengkritik setiap hal yang Anda lakukan dan akan menilai setiap keputusan yang Anda buat. Ia mungkin tak akan berhenti mengeluh tentang cara Anda mengasuh, cara Anda memasak, atau bahkan cara Anda berpakaian.

4. Mengungkit Masa Lalu

Tak peduli berapa kali Anda meminta maaf atau mencoba melupakan kejadian di masa lalu yang pahit, ibu mertua yang toxic akan selalu ada untuk mengungkit masa lalu Anda, setiap saat. Ia melakukannya karena merasa puas dan gembira ketika melihat Anda murung. Ia bahkan tidak mampu memahami perasaan Anda dan tak ingin membiarkan masalah berlalu begitu saja. Jika Moms pernah mencoba melawannya, ia akan menyimpannya sebagai dendam sampai akhir hayatnya.

5. Egois dan Tidak Menghargai Pilihan Anda

Ibu mertua yang toxic hanya percaya pada pendapat dan keputusannya sendiri serta tidak peduli dengan pilihan Anda. Ia tidak akan berpikir dua kali sebelum berhasil "menjatuhkan" Anda karena memiliki pikiran dan pendapat sendiri yang tentunya tidak sepemikiran dengannya.

So Moms, apakah ibu mertua Anda menunjukkan tanda-tanda di atas? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   ibu mertua,   mertua toxic