Mother&Baby Indonesia
Selain Bikin Langsing, Ini Manfaat Mengejutkan dari Bercinta

Selain Bikin Langsing, Ini Manfaat Mengejutkan dari Bercinta

Berhubungan intim atau bercinta merupakan salah satu aktivitas favorit setiap pasangan suami istri. Tak hanya menyenangkan, bercinta dengan pasangan juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan Anda lho, Moms! Helena Tubridy, seorang pakar kesuburan serta penulis buku Fertility In Mind: How to succeed with IVF mengungkapkan beberapa manfaat mengejutkan dari bercinta. Simak selengkapnya!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat orgasme, sel NK (Natural Killer Cell) dan fagosit (sel darah putih) meningkat. Keduanya memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh untuk bisa membantu Anda melawan infeksi dan penyakit lainnya.

2. Meredakan Sakit Kepala

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa orgasme dapat meredakan sakit kepala pada sekitar 12 persen penderita migrain. Sementara itu sebanyak 30 persennya lagi merasakan lebih sedikit rasa sakit, tak mudah tersinggung dan kelelahan saat melakukan seks yang lembut.

3. Meringankan Stres

Saat bercinta, Anda akan melupakan segalanya dan menikmati aktivitas seksual yang Anda lakukan dengan pasangan. Rangsangan pada bagian-bagian tertentu saat bercinta dapat memengaruhi saraf vagus yang dapat menenangkan tubuh Anda. Bercinta juga diyakini dapat menurunkan denyut nadi dan tekanan darah ke tingkat yang sehat, sehingga hal ini bisa membuat Anda lebih mampu menghadapi situasi stres dengan lebih mudah.

4. Menguatkan Otot Dasar Panggul

Gerakan seks pada vagina diibaratkan sebagai latihan Kegel untuk Anda. Saat dasar panggul kencang, orgasme akan lebih intens dan mencegah kandung kemih bocor. Rahim dan saluran telur akan tetap lentur, sehingga membantu pembuahan.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Setelah bercinta, tak sedikit pasangan yang merasa kelelahan dan tertidur. Hal ini dikarenakan hormon yang dihasilkan saat bercinta, yaitu oksitosin, prolaktin, dan vasopresin, bisa membuat Anda mengantuk. Aktivitas seksual juga diyakini dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga membantu tidur lebih nyenyak.

6. Bikin Langsing

Bercinta bisa menjadi salah satu “olahraga” yang menyenangkan. Melakukan aktivitas seks selama 30 menit bersama pasangan Anda diketahui dapat membakar hingga 100 kalori. Mungkin ini tidak seberapa, tapi bayangkan bila Anda bercinta lima kali dalam seminggu, tentunya ini bisa membuat tubuh Anda lebih langsing dan terasa ringan dalam setahun.

7. Meningkatkan Harga Diri

Seks yang hebat dapat meningkatkan citra tubuh atau body image (bagaimana seseorang memandang tubuhnya sendiri), suasana hati, dan harga diri Anda. Ketika Anda mencintai tubuh Anda, maka Moms akan lebih peka dengan tubuh Anda sendiri. Ketika kita merasa diinginkan oleh pasangan, menikmati kesenangan sensual, dan lebih memperhatikan diri sendiri, tentunya ini bisa membuat kita jadi lebih bahagia dan berpengaruh dalam membentuk self esteem.

8. Bikin Awet Muda

Berhubungan intim diketahui dapat membuat Anda awet muda lho, Moms. Saat berhubungan seks, tubuh melepaskan hormon yang struktur molekulnya mirip dengan insulin yang dapat membantu menguatkan otot wajah dan mencegah kerutan.

9. Meredakan Kepanasan saat Menopause

Saat memasuki masa menopause, tak sedikit wanita yang mengeluhkan tubuhnya kepanasan atau kegerahan. Nah, melakukan seks secara teratur dapat menyeimbangkan hormon tubuh dan membuat hormon estrogen meningkat sehingga membantu tubuh terasa lebih sejuk dan tidak kegerahan.

10. Menghindari Risiko Kanker Prostat

Pria yang sering ejakulasi, sekitar 20 kali per bulan, diketahui memiliki risiko lebih kecil terkena kanker prostat. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: manfaat bercinta,   seks,   berhubungan intim,   suami istri