Mother&Baby Indonesia
5 Trik Ampuh untuk Membuat Daun Tanaman Hias Mengilap

5 Trik Ampuh untuk Membuat Daun Tanaman Hias Mengilap

Kepopuleran tanaman hias, terutama di masa pandemi, membuat banyak orang memilikinya di rumah. Meski tampak mudah, merawat tanaman hias juga ada triknya agar tetap sehat dan bersih. Salah satu tandanya adalah daunnya yang mengilap hingga tampak warna aslinya.

Sama seperti permukaan suatu benda, daun tanaman hias juga bisa tertutup debu. Dengan membersihkannya secara rutin, maka daun tak hanya bersih tapi juga akan tampak mengilap dan cantik. Tanaman hias Anda akan mengalami proses transpirasi alami sehingga fotosintesis bisa terjadi dengan maksimal. Agar Moms bisa melakukan perawatan yang tepat, simak trik ampuh membuat daun tanaman hias Anda mengilap berikut ini.

1. Usap dengan Minyak

Daun tanaman hias bisa tampak mengilap dengan bantuan minyak goreng ataupun baby oil. Tuangkan minyak ke kapas dan oleskan kapas ke daun secara perlahan. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan air dengan cuka dan minyak kelapa. Semprotkan campuran minyak dan gunakan kain lembut atau microfiber agar daun tidak mudah rusak.



2. Gunakan Kulit Pisang

Untuk membuat daun tanaman hias mengilap, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang untuk digosokkan ke permukaan daun. Kandungan alami kulit pisang juga bisa menimbulkan aroma sedap pada tanaman Anda. Gunakan cara ini seminggu sekali atau saat tanaman tampak berdebu.

3. Manfaatkan Mayones

Cara lain untuk membuat daun mengilap adalah dengan mengusapkan mayones menggunakan handuk kertas. Gosokkan secara perlahan, lalu usap dengan kain basah agar bersih sempurna. Cara ini akan membantu debu tidak mudah menempel pada daun dan membuat daun tetap mengilap.



4. Campurkan Susu dan Air

Gabungan antara susu dan air juga bisa membuat daun tanaman hias Anda mengilap. Moms bisa manfaatkan susu murni atau susu skim yang bisa memberikan hasil lebih optimal. Susu mengandung antimikroba, antijamur serta antibakteri yang dapat melindungi tanaman dari embun tepung atau serbu putih yang membuat tanaman jadi terlihat kusam. Selain mencegah debu menempel pada daun, campuran susu dan air juga membantu proses fotosintesis tanaman hias Anda.

5. Pakai Air Sabun

Moms juga bisa memakai 3 tetes sabun cuci piring yang dilarutkan dalam air untuk membuat daun tanaman hias mengilap. Semprotkan sabun pada kain lap atau tisu, lalu usapkan pada daun secara perlahan dan tanaman hias Anda akan tampak lebih cantik setelahnya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   tanaman hias,   membuat daun mengilap