Mother&Baby Indonesia
Mengenal Mercury Retrograde dan Dampaknya pada Zodiak Anda

Mengenal Mercury Retrograde dan Dampaknya pada Zodiak Anda

Mercury Retrograde, untuk Moms yang menyukai astrologi dan horoskop, mungkin istilah ini tak asing lagi. Meskipun begitu, bisa jadi banyak dari Anda yang belum tahu mengenai istilah ini. Mercury Retrograde secara harfiah bisa dijelaskan sebagai kondisi saat planet Merkurius terlihat seperti bergerak berlawanan arah atau bergerak mundur dari planet lainnya.

Dilihat dari ilmu sains, Mercury Retrograde adalah sebuah ilusi optik di mana planet Merkurius tampak berputar terbalik di langit. Sedangkan astrologi melihat peristiwa ini sebagai momen kritis yang perlu diwaspadai. Sebabnya, peristiwa ini dipercaya dapat memengaruhi komunikasi dan teknologi.

Merkurius sendiri merupakan planet yang terletak paling dekat dengan matahari. Karena itu, orbitnya jauh lebih pendek daripada bumi. Sekitar 3 atau 4 kali setahun, laju perjalanan planet ini terlalu cepat melewati bumi, atau bumi disalip oleh Merkurius. Periode ketika Merkurius terlihat seperti “mundur” lalu tampak “maju” lagi inilah yang kemudian diistilahkan sebagai Mercury Retrograde.



Mercury Retrograde dapat terjadi sebanyak 3 hingga 4 kali setahun. Selama tahun 2021, Mercury Retrograde terjadi pada 30 Januari hingga 21 Februari, 29 Mei hingga 22 Juni, dan 27 September hingga 23 Oktober. Lalu, apa yang harus diperhatikan? Apa saja yang harus diwaspadai? Simak penjelasan berikut ini, Moms!

Kata Sains

Seperti telah disebutkan, Merkurius merupakan planet yang letaknya paling dekat dengan matahari. Planet Merkurius mengelilingi matahari lebih dari 4 kali setiap kali bumi mengorbit. Ketika bumi dan Merkurius berada di sisi dari matahari yang sama, Merkurius tampak bergerak melintasi langit dari barat ke timur, seolah-olah berubah arah dan bergerak mundur. Setiap planet dalam tata surya mengalami peristiwa ini. Tapi Merkurius mengorbit dengan sangat cepat, sehingga terjadi lebih sering daripada planet lain dan membuatnya mudah dikenali oleh manusia.

Dampaknya pada Astrologi

Banyak astrolog yang percaya bahwa fenomena Mercury Retrograde dapat berpengaruh terhadap sejumlah aspek kehidupan manusia di bumi dan apa yang kita lakukan di bumi dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana halnya pengaruh bulan purnama atau gerhana bulan.

Dalam mitologi Yunani dan Romawi, Merkurius dipercaya sebagai dewa pengantar pesan. Maka, Merkurius yang tampak bergerak terbalik melambangkan kekacauan dalam komunikasi. Melansir Vogue, Susan Miller, ahli astrologi dan pemilik website Astrology Zone, menyatakan pentingnya Mercury Retrograde. “Mercury Retrograde adalah satu-satunya peristiwa yang memengaruhi semua orang,” tutur Susan.



“Walau begitu, peristiwa ini akan lebih memengaruhi zodiak Virgo dan Gemini karena kedua zodiak ini diatur oleh planet Merkurius. Saat Merkurius bergerak terbalik, kondisinya juga akan berubah, namun kita tidak bisa melihat arah tujuannya. Dunia akan mengalami perubahan dalam periode waktu ini,” kata Susan.

Bagi para astrolog, perubahan arah gerakan Merkurius dapat menciptakan konsekuensi kekacauan di bumi. “Merkurius mengatur segala hal yang bergerak di bumi. Jangan beli komputer atau mobil selama Mercury Retrograde karena hal tersebut dapat menimbulkan masalah. Jangan menandatangani kontrak apa pun karena mungkin Anda akan menyadari telah melupakan sesuatu dan perlu adanya negosiasi ulang. Selain itu, saya juga tidak merekomendasikan kencan pertama, karena komunikasi dapat sangat berdampak pada periode ini,” jelas Susan.

Intinya, akan ada berbagai hambatan atau masalah dalam komunikasi dan teknologi selama berlangsungnya periode Mercury Retrograde. Moms bisa saja mudah melupakan hal-hal penting, ponsel mulai sering hang, ataupun mengalami problemmiskomunikasi.

Selain masalah seputar teknologi dan komunikasi, Mercury Retrograde juga memiliki pengaruh lain. “Mercury Retrograde adalah momen tepat untuk ‘mengunjungi masa lalu’ atau menemui proyek dan teman lama. Sebagai manusia, kita gemar untuk berjalan maju. Namun Mercury Retrograde merupakan kesempatan sempurna untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi,” ujar Susan.

Percaya atau tidak, tak ada salahnya untuk mengecek kembali dompet dan kunci Anda saat akan bepergian atau memastikan to-do list harian selama Mercury Retrograde agar Anda bisa terhindar dari kekacauan ya, Moms. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: horoskop,   zodiak,   astrologi,   mercury retrograde