Mother&Baby Indonesia
DIY Hair Mask dari Bahan Alami untuk Semua Jenis Rambut

DIY Hair Mask dari Bahan Alami untuk Semua Jenis Rambut

Rambut adalah mahkota wanita! Setuju dong, Moms? Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut memang penting banget, karena bad hair day bisa bikin mood Anda berantakan seharian. Tak terkecuali bagi Moms yang berhijab, yang pasti juga berusaha menjaga kesehatan rambut agar kuat dan mudah diatur.

Nah, agar rambut tetap kuat terawat, tidak kering, tidak lepek, dan tentunya bebas ketombe, Moms bisa membuat sendiri masker rambut dari bahan-bahan alami. Ini mudah, murah, dan tentunya lebih aman dibandingkan dengan memakai masker rambut berbahan dasar kimia. Penasaran? Yuk, coba praktikkan beberapa resep masker rambut berikut ini. Alami banget, lho!

Madu + Telur + Cuka Apel




Masalah rambut: Kering

Jika rambut terasa kasar dan pecah-pecah, masker alami yang satu ini cocok untuk Anda. Bahan-bahan ini bagus untuk untuk menjaga rambut tetap terhidrasi dengan baik, berkilau, dan ternutrisi dari akar rambut.

Resep: 1 sendok teh madu, 1 butir telur, 1 sendok makan cuka apel

Cara pakai: Campurkan semua bahan dalam satu wadah, Anda bisa membuat 2 resep jika rambut Anda tebal dan panjang. Balurkan di rambut dan diamkan selama 30 sampai 40 menit, kemudian bilas bersih. Perawatan ini juga cocok untuk segala jenis rambut.

Alpukat + Telur + Minyak Zaitun


Masalah rambut: Rusak

Rambut rusak karena terlalu sering diwarna, dicatok, dan blow dry? Atasi dengan masker rambut ini, Moms. Perpaduan minyak zaitun dan alpukat memberikan kebaikan omega-3 pada rambut Anda agar kembali sehat dan kuat.

Resep: Setengah buah alpukat, 1 butir telur, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu

Cara pakai: Aduk rata semua bahan, kemudian aplikasikan pada rambut basah. Ratakan dengan jari-jari Anda, dari mulai kulit kepala hingga ujung rambut. Setelah itu, tutup rambut dengan shower cap, blow dry selama 10 menit. Kemudian diamkan selama 20 menit. Cuci bersih rambut Anda, dan ulangi lagi setidaknya 1 minggu sekali.



Madu + Cuka Apel + Minyak Kelapa


Masalah rambut: Kusam

Untuk mengatasinya, Moms perlu menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat dan berkilau. Ketika ujung rambut mulai terlihat kusam, cuka apel dapat membantu mengembalikan kilau alami rambut.

Resep: Madu asli, cuka apel, dan minyak kelapa. Semua bahan dicampur dengan perbandingan 1:1

Cara pakai: Setelah semua bahan tercampur rata, aplikasikan ke rambut lembap, dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan keramas menggunakan sampo. Resep masker ini juga bisa menjaga warna rambut yang dicat menjadi lebih tahan lama, lho.

Kayu Manis + Minyak Kelapa


Masalah rambut: Pertumbuhan rambut lambat

Rempah alami ini dikenal efektif menstimulasi sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, campuran bubuk kayu manis dan minyak kelapa ini juga bisa membantu memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

Resep: Campur bubuk kayu manis dan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1. Misalnya, 1 sendok makan kayu manis bubuk dicampurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa.

Cara pakai: Campurkan bahan hingga teraduk rata, oleskan ke akar rambut, pijat lembut, dan biarkan selama 30 hingga 45 menit. Bilas bersih, dan ulangi lagi setidaknya seminggu sekali. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: masker rambut,   hair mask,   kecantikan