Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Oregano, Rempah Asal Eropa Beraroma Kuat

7 Manfaat Oregano, Rempah Asal Eropa Beraroma Kuat

Moms, familiar dengan daun oregano? Rempah asal Eropa Selatan dan Amerika Latin ini memang tergolong jarang dipakai di menu masakan Indonesia. Oregano sendiri memiliki aroma yang harum dan kuat, namun rasanya sedikit pahit. Meski begitu, rempah yang biasa menjadi taburan sup, saus, pasta, atau pizza ini bisa memberikan efek hangat untuk tubuh.

Daun oregano yang dikeringkan lebih umum dipakai sebagai bumbu dibandingkan daun yang masih segar. Semakin baik kualitasnya, maka semakin tajam aroma dan cita rasa yang dihasilkannya. Nutrisi di dalamnya juga baik untuk tubuh, di antaranya protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, potasium, kalsium, zat besi, serta magnesium. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat dengan menambahkan oregano pada makanan? Simak penjelasan berikut ini, Moms.



1.Bersifat Antiinflamasi

Di dalam oregano, terdapat kandungan beta caryophyllene yang membuatnya memiliki sifat antiinflamasi. Dengan mengonsumsinya oregano, maka rasa nyeri dan peradangan di area otot serta sendi bisa mereda dengan cepat. 

2. Mengatasi Infeksi Pernapasan

Selain dikeringkan, oregano juga bisa diekstrak menjadi minyak yang dapat membantu mengatasi masalah pada sistem pernapasan Anda. Minyak esensial ini mengandung kadar carvacrol yang tinggi sehingga mampu meringankan masalah hidung tersumbat hingga infeksi sinus.



3. Mencegah Infeksi

Infeksi bisa terjadi karena adanya bakteri jahat serta jamur. Kandungan antibakteri dan antijamur di dalam oregano mampu mencegah serta menjadi obat alami bagi kondisi infeksi akibat kedua hal tersebut, seperti tifus dan candidiasis.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan carvacrol pada oregano nyatanya juga bisa membatasi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Mengonsumsi oregano disertai rutin berolahraga dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat akan mampu menurunkan risiko kanker pada Anda serta anggota keluarga.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Oregano juga mampu meningkatkan sekresi cairan sehingga kesehatan sistem pencernaan jadi lebih terjaga. Selain itu, oregano juga membantu menjaga kadar kolesterol lebih stabil serta menurunkan berat badan dengan mencegah terjadinya penimbunan jaringan lemak.

6. Mengatasi Alergi

Apabila Moms atau Si Kecil mengalami gejala alergi seperti ruam merah dan bersin-bersin, masalah tersebut bisa segera diatasi dengan mengonsumsi oregano. Sifat antialergen yang ada menjadikan oregano sebagai obat alergi alami. Selain itu, tubuh Anda juga bisa terlindungi dari parasit yang merugikan tubuh.

7. Melancarkan Menstruasi

Siklus menstruasi memang sangat penting untuk diperhatikan, khususnya bagi Anda yang merencanakan kehamilan. Oregano sebagai emmenagogue (zat yang membantu mendorong menstruasi) bisa membantu stimulasi kelancaran menstruasi serta mengurangi rasa nyeri yang Anda alami ketika datang bulan.

Jadi, tak ada salahnya jika Moms mulai mengolah berbagai menu yang bisa ditambahkan oregano untuk dikonsumsi setiap hari, nih. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   oregano,   rempah,   kesehatan