Mother&Baby Indonesia
Cegah Virus, 8 Sayuran Ini Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Cegah Virus, 8 Sayuran Ini Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Di masa pandemi seperti saat ini, meningkatkan sistem imun tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Imunitas yang baik akan mampu memberikan perlindungan bagi tubuh dari ancaman berbagai macam virus yang sewaktu-waktu bisa saja menyerang dan menyebabkan penyakit.

Karena itu, kekebalan tubuh harus selalu kita jaga dan tingkatkan agar terhindar dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit. Ada banyak cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, salah satu cara yang alami adalah dengan rutin mengonsumsi sayuran.

Beberapa jenis sayuran memang dikenal memiliki khasiat yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Karena itu, mengonsumsi sayuran merupakan pilihan yang tepat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah sayuran yang punya manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, Moms.



1. Brokoli


Brokoli merupakan sayuran yang mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan. Dua kandungan ini dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, bila sistem imun tubuh kuat, tubuh Anda akan bisa menangkal berbagai macam virus penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi yang ada pada brokoli adalah dengan mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin, seperti mengukusnya. Disarankan untuk tidak mengolah brokoli terlalu lama atau merebusnya dalam suhu tinggi karena hal tersebut hanya akan merusak kandungan nutrisinya.

2. Bayam


Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Fungsi dari kandungan nutrisi tersebut akan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dengan cara menguatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Untuk mendapatkan manfaat bayam yang optimal, pastikan Moms mengolah sayuran ini dengan benar. Jika sudah dimasak, segera habiskan sayur bayam yang Anda buat ya, Moms. Hindari memanaskannya kembali, karena proses tersebut bisa mengurangi kandungan nutrisi dari bayam.

3. Kembang Kol


Sayuran satu ini ternyata memiliki senyawa yang disebut dengan glutathione. Glutathione merupakan antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh, namun zat ini juga terkandung di dalam berbagai jenis makanan, salah satunya adalah kembang kol.

Glutathione yang bersifat antioksidan ini terbentuk dari 3 jenis asam amino, yaitu L-cysteine, glycine, dan L-glutamate. Ada banyak manfaat glutathione yang penting bagi kesehatan, di antaranya mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta menunjang sistem kekebalan tubuh.



4. Wortel


Selain baik untuk mata karena kandungan vitamin A yang tinggi, wortel juga dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fungsi lain dari vitamin A pada wortel dan kandungan beta karoten yang dimilikinya dipercaya dapat memerangi infeksi dan membuat sistem kekebalan tubuh Anda jadi lebih baik.

5. Kubis


Mungkin banyak orang yang belum menyadari ini, tetapi kubis kaya akan vitamin C, lho! Bahkan, kandungan vitamin C dalam kubis setara dengan satu buah jeruk. Dan seperti sudah kita ketahui bersama, vitamin C sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Kale


Sering dijuluki sebagai ratu sayur, kale memang kaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Sayuran ini punya kandungan tinggi antioksidan. Kale mengandung beta karoten dan vitamin C, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Flavonoid quercetin dan kaempferol yang ditemukan dalam jumlah relatif besar pada kale punya efek antiinflamasi, antivirus, antidepresi, dan antikanker.

7. Paprika Merah


Paprika termasuk sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan dengan berat yang sama, paprika mengandung hampir 2 kali lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Kandungan vitamin C dalam paprika merah yang cukup tinggi mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan memelihara keremajaan kulit.

8. Tomat


Kandungan likopen yang tinggi serta vitamin dan mineral yang melimpah di dalam tomat, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, dan folat akan sangat baik untuk menjaga kekuatan sistem imun tubuh anda. Karena itu, tomat menjadi salah satu sayuran yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   imunitas tubuh,   kesehatan,   sayuran untuk tingkatkan imunitas tubuh