Mother&Baby Indonesia
Mampu Tingkatkan Imunitas, Ini Beragam Manfaat Ubi Ungu

Mampu Tingkatkan Imunitas, Ini Beragam Manfaat Ubi Ungu

Ubi ungu mungkin menjadi salah satu camilan favorit Moms dan Dads di rumah. Tak kalah dengan ubi jalar, ada banyak manfaat dari ubi ungu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda pun bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dibuat menjadi kue yang lembut.

Di dalam ubi ungu terkandung antosianin dan antioksidan serta beragam nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, dan kadar lemak yang rendah. Selain itu, ada banyak vitamin dan mineral yang juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Apa saja manfaat dari umbi-umbian berwarna khas ini? Simak khasiat ubi ungu berikut ini, Moms!



1. Meningkatkan Imunitas

Kandungan antosianin dalam ubi ungu mampu menekan stres akibat kerusakan oksidatif di dalam tubuh. Hal ini memicu antioksidan yang juga dapat menangkal radikal bebas. Dengan begitu, sistem kekebaalan tubuh serta metabolisme pencernaan juga bisa bekerja dengan baik. Tubuh pun menjadi kuat untuk melawan paparan bakteri dan virus dari luar.

2. Menjaga Berat Badan

Karena sistem imunitas yang baik, maka penurunan berat badan akan menjadi lebih mudah. Kandungan serat yang cukup tinggi pada ubi ungu juga akan membantu Anda menjadi kenyang lebih lama. Penderita obesitas pun disarankan untuk mengonsumsi ubi ungu sebagai langkah untuk menurunkan serta menjaga berat badan agar tetap stabil.



3. Obat Alami Diabetes dan Hipertensi

Meski keduanya disebabkan oleh faktor yang berbeda, namun risiko diabetes dan hipertensi bisa berkurang dengan mengonsumsi ubi ungu. Dengan memakannya, kadar gula darah yang berlebihan serta tekanan darah yang tinggi akan menurun secara bertahap dan terjaga dalam kisaran yang normal.

4. Mencegah Kanker

Seperti disebutkan bahwa ubi ungu mengandung antioksidan yang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh Anda. Kandungan tersebut dapat menetralkan radikal bebas sehingga mampu menurunkan risiko kanker lambung, ginjal, usus besar, dan payudara. Namun, sifat antikanker ini akan berkurang jika ubi ungu disimpan dalam waktu lama.

5. Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Mengonsumsi ubi ungu juga bisa mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Antosianin yang terkandung di dalamnya ternyata mampu menyamarkan keriput dan garis-garis halus, memudarkan flek hitam serta bintik-bintik akibat pertambahan usia, dan masalah penuaan dini lainnya. Dengan begitu, wajah Moms akan jadi lebih segar dan tampak awet muda.

6. Meredakan Peradangan

Selain kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, E, hingga vitamin K, ubi ungu juga memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini mampu menurunkan produksi TNF-alfa, sehingga kondisi seperti radang sendi atau radang tenggorokan bisa diredakan dengan mengonsumsi ubi ungu.

Hebatnya lagi, ubi ungu juga bisa mencegah pembekuan darah, asam urat, hingga menjaga kesehatan fungsi hati dan mengobati infeksi yang terjadi di tubuh Anda. Karenanya, memilih ubi ungu sebagai camilan untuk seluruh anggota keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat kan, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   ubi ungu