Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Oyong, Sayur Lezat yang Mampu Atasi Sinusitis

7 Manfaat Oyong, Sayur Lezat yang Mampu Atasi Sinusitis

Dibandingkan dengan sayuran lain, oyong atau dikenal juga dengan nama gambas, mungkin tidak terlalu populer. Namun, sayuran dengan nama Latin Luffa acutangula ini ternyata sangat menyehatkan dan punya banyak manfaat baik bagi tubuh lho, Moms!

Oyong berbentuk memanjang, serupa dengan mentimun atau zucchini. Namun, oyong memiliki tonjolan pada bagian permukaan kulit dengan warna hijau gelap dan dagingnya berwarna putih. Biasanya, oyong disajikan dalam menu kuah bening yang digabungkan dengan bayam dan wortel. Beragam manfaat bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi oyong, antara lain:

1. Kaya Akan Nutrisi

Oyong atau gambas mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, hingga serat. Tak ketinggalan vitamin A, B1, B2, B5, B6, dan C, hingga mineral seperti mangan, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor juga termasuk di dalamnya. Karenanya, oyong sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan keluarga.



2. Solusi saat Alergi

Bagi Anda yang mengalami gejala rhinitis alergi, berbagai studi menjelaskan bahwa semprotan hidung homeopati yang mengandung ekstrak oyong, Galphimia glauca, histamin, dan sulfur bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Para penderita rhinitis alergi dapat menggunakan semprotan hidung homeopati sebanyak 4 kali, selama kurang lebih 40 hari untuk menghilangkan gejala gangguan ini.

3. Mengatasi Sinusitis

Penelitian lain menunjukkan bahwa penggunaan produk homeopati yang mengandung ekstrak oyong, lungmoss, dan kalium selama 2 minggu mampu mengatasi berbagai gejala sinusitis. Meskipun begitu, penelitian lebih jauh masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat oyong tersebut. Anda juga tetap perlu berkonsultasi untuk memastikan manfaat satu ini dengan dokter terkait.

4. Mencegah Diabetes

Oyong mengandung mangan yang terbukti mampu meningkatkan seksresi insulin, fungsi mitokondria, dan mengurangi peroksidasi lipid. Hal tersebut dapat mencegah diabetes atau penyakit serangan gula darah berlebih. Selain itu, sayur yang menjadi sumber magnesium ini juga dapat menurunkan risiko terserang diabetes tipe 2 sebanyak 15 persen.



5. Memiliki Sifat Antiradang

Biji dari oyong dianggap dapat menjadi obat antiradang alami. Hal tersebut didapat karena kandungan flavanoid dan asam fenolik serta sifat analgesik atau pereda nyeri yang ada di dalam biji yang sudah diekstrak untuk meredakan rasa sakit akibat peradangan.

6. Merawat Kecantikan Tubuh

Untuk Moms, oyong yang kaya akan vitamin C akan mampu membantu menjaga kesehatan kulit Anda, mulai dari mempercepat penyembuhan luka, melembapkan kulit, mencegah keriput, hingga mengatasi jerawat. Selain itu, oyong juga dipercaya mampu menjaga dan menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan banyaknya kadar air, tingginya kandungan serat, serta rendahnya lemak jenuh yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Menjaga Fungsi Otak

Zat besi di dalam oyong tak hanya berfungsi untuk mencegah anemia, tetapi juga penting dalam menjaga kesehatan otak. Dengan begitu, Anda dan anggota keluarga akan bisa lebih produktif, serta tidak mudah mengalami stres. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   oyong,   gambas,   kesehatan