Mother&Baby Indonesia
Ini Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Cara Mengatasinya

Kulit berminyak menjadi salah satu kondisi yang bisa Moms alami. Jenis kulit ini bisa terjadi akibat kelenjar sebasea memproduksi sebum dalam jumlah banyak. Efeknya, kulit menjadi tampak mengilap yang justru jadi membuat Anda tidak nyaman.

Kulit wajah yang berminyak akan menimbulkan banyak komedo dan jerawat yang tidak diinginkan. Karenanya, Moms perlu menjaga kelembapan kulit agar pori-pori wajah mengecil, halus, serta cerah tanpa adanya minyak. Untuk menangani kondisi kulit ini, yuk, cari tahu penyebabnya dulu, Moms!



Penyebab Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah berminyak, ada beberapa faktor yang memengaruhi kondisi ini. Penyebabnya pun ada yang bisa dicegah, tapi ada juga yang terjadi secara alami dari dalam tubuh, antara lain:

1. Usia

Usia menjadi salah satu faktor yang akan mengubah kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Pada usia remaja serta orang dewasa muda, kelenjar sebasea dapat memproduksi sebum mencapai 500 persen. Karenanya, Anda yang berada di kelompok usia ini justru akan mengeluhkan kondisi kulit berminyak. Namun seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan protein termasuk kolagen, yang justru membuat produksi sebum menurun, sehingga kulit akan terasa lebih kering.

2. Genetik

Selain usia, genetik atau riwayat dari keluarga juga bisa menjadi faktor yang membuat kulit berminyak. Apabila orang tua Anda memang memiliki kondisi kulit wajah berminyak, maka hal tersebut bisa diturunkan, sehingga Moms perlu melakukan perawatan lebih ekstra.

3. Hormon Tidak Seimbang



Masa kehamilan serta penggunaan alat kontrasepsi bisa membuat kadar hormon dalam tubuh berubah. Sikslus menstruasi hingga menopause pun menjadi faktor lain dari hormon yang tidak seimbang. Hal ini akan memengaruhi kondisi kulit, termasuk menjadi lebih berminyak daripada sebelumnya.

4. Perubahan Cuaca

Kondisi cuaca serta iklim di lokasi Anda tinggal juga menjadi faktor lain yang bisa menyebabkan kulit berminyak. Apabila tempat tinggal berada di wilayah yang beriklim cukup panas, maka kulit wajah berisiko lebih berminyak dan mengilap, terutama di musim panas.

5. Penggunaan Produk Perawatan Kulit

Bagi beberapa orang, kulit wajah memang sangat sensitif, terutama saat terkena produk perawatan kulit. Karenanya, Moms harus pintar memilih skincare yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit. Anda juga dianjurkan untuk tidak terlalu sering mencuci muka dan mengeksfoliasi wajah, agar kelenjar sebasea tidak memproduksi sebum atau minyak alami pada kulit secara berlebihan.

6. Pori-pori Wajah Membesar

Jika pori-pori wajah Anda membesar, maka kondisi tersebut akan bisa membuat wajah lebih berminyak. Hal ini terjadi karena pertambahan usia, perubahan berat badan, maupun ketidakcocokan kulit terhadap penggunaan produk perawatan kulit tertentu.

7. Makanan yang Dikonsumsi

Penting untuk Moms menjaga asupan makanan untuk mencegah kulit wajah berminyak. Biasanya, kondisi ini dikarenakan makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi, seperti gula, karbohidrat, dan lemak jenuh. Selain itu, berbagai makanan tersebut juga meningkatkan risiko kadar androgen pada tubuh yang menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.

8. Stres

Hormon kortisol dalam tubuh yang terlalu tinggi akibat Anda mengalami stres bisa ditandai dengan kulit yang berminyak. Karenanya, hindari rasa stres untuk mencegah risiko masalah kulit lain yang malah akan bisa mengganggu penampilan Anda.

Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak

Sebagai langkah awal, Moms dianjurkan untuk tetap mencuci muka maksimal 2 kali sehari. Pilih sabun cuci muka yang bebas alkohol serta wewangian tertentu. Sebagai saran, Anda bisa memilih tea tree sebagai salah satu bahan yang aman untuk membersihkan serta merawat wajah.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap (moisturizer) secara rutin untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. American Academy of Dermatology juga merekomendasikan penggunaan tabir surya atau sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide, serta SPF 3 untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

Tak hanya itu, Moms juga harus cukup minum air putih untuk menghidrasi kulit tubuh serta wajah. Konsumsi juga makanan buah dan sayur yang mampu membantu mengontrol kadar minyak. Dengan asupan yang tepat, maka wajah Anda akan menjadi lebih sehat, halus, serta bercahaya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kulit,   wajah,   kulit berminyak,   kecantikan