Mother&Baby Indonesia
6 Kebiasaan Makan Malam yang Bisa Memperpendek Hidup Anda

6 Kebiasaan Makan Malam yang Bisa Memperpendek Hidup Anda

Bagi Moms yang sedang menjalani program diet, makan malam tampaknya menjadi hal yang berusaha Anda hindari. Padahal Anda tak perlu melakukannya, karena pada dasarnya makan malam sama pentingnya dengan sarapan dan makan siang.

Meski makan malam tidak dilarang, ada baiknya Anda tidak makan terlalu berat untuk menghindari gangguan pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur. Tetapi tak bisa dimungkiri, Anda mungkin masih saja melakukan kebiasaan yang buruk saat makan malam, dan kebiasaan tersebut bisa memperpendek usia hidup Anda, lho! Apa saja kebiasaan makan malam yang buruk tersebut?



1. Memanaskan Makanan di Wadah Plastik

Saat Anda memanaskan makanan menggunakan wadah plastik ke dalam microwave, berarti Anda mengonsumsi banyak bahan kimia yang tidak sehat. Wadah yang tidak aman digunakan untuk microwave dapat melarutkan BPA dan ftalat ke dalam makanan, terutama jika makanan tersebut berlemak. Bahan kimia tersebut juga diduga dapat mengganggu endokrin (kelenjar yang menghasilkan hormon) dan meniru hormon tersebut yang mengganggu sel sehat dalam tubuh.

2. Tidak Minum Sebelum Makan

Dehidrasi menyebabkan berbagai dampak negatif, mulai dari sakit kepala, sembelit, sampai kelelahan. Tidak hanya itu, dehidrasi juga diketahui menyebabkan kemungkinan penambahan berat badan dan pencernaan yang buruk. Untuk menjaga berat badan yang sehat, maka Anda disarankan untuk minum air sebelum makan agar membantu Anda mengonsumsi kalori dalam jumlah lebih sedikit.

3. Tidak Makan Sayuran saat Makan Malam

Saat menu makan malam Anda tidak berisi banyak buah dan sayuran, ini bisa membuat Anda mengalami masalah kardiovaskular di masa mendatang. Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada konferensi tahunan American Society for Nutrition pada 2019, diketahui 1 dari 12 orang meninggal karena penyakit kardiovaskular dan stroke akibat mereka tidak makan cukup sayuran.



4. Tidak Mengonsumsi Sumber Protein saat Makan Malam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidak mengonsumsi sumber protein saat makan malam bisa membuat Anda lebih cepat lapar dan akhirnya justru menambah kalori ekstra. Kalori ekstra ini berarti bisa membuat Anda mengalami kenaikan berat badan, yang nantinya akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

5. Makan Terlalu Cepat

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada konferensi ilmiah American Heart Association pada 2017 menunjukkan bahwa menelan makanan terlalu cepat dapat membuat Anda jadi gemuk dan membahayakan jantung.

Sementara itu, orang yang makan dengan cepat memiliki persentase sebesar 11,6 persen untuk lebih mungkin mengalami sindrom metabolik, yang meliputi tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan kadar trigliserida tinggi. Selain itu, makan terlalu cepat juga dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Perlu diingat, saat Anda makan dengan cepat, berarti Anda tidak mengunyah makanan dengan benar. Hal itu juga akan bisa memengaruhi jumlah nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan sehat.

6. Duduk Terlalu Lama Setelah Makan

Berdasarkan studi yang dilakukan American Cancer Society, duduk lama di waktu yang senggang dikaitkan dengan risiko kematian yang tinggi. Diketahui pula bahwa orang yang tidak melakukan gerakan apa pun setelah makan malam memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat kanker, jantung, diabetes, stroke, penyakit ginjal, penyakit hati, paru-paru, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, dan gangguan saraf.

Nah Moms, mulai sekarang pastikan Anda meninggalkan kebiasaan makan malam yang buruk tersebut demi menjaga kesehatan Anda dan membuat Anda jadi panjang umur tentunya! (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kebiasaan makan,   makan malam,   kesehatan