Mother&Baby Indonesia
8 Manfaat Bermain Sepatu Roda bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Bermain Sepatu Roda bagi Kesehatan Tubuh

Selain bersepeda, bermain sepatu roda juga menjadi salah satu olahraga yang sedang digemari lho, Moms. Uniknya lagi, jenis sepatu roda yang sedang ngetren adalah jenis yang terbilang jadul, yaitu quad skate. Berbeda dengan inline skate di mana 4 roda berada dalam 1 garis panjang, roda quad skate berada 2 di kanan dan 2 kiri. Letak rem inline skate dan quad skate juga berbeda, rem inline skate berada di belakang, sedangkan rem quad skate berada di depan.

Baca juga: Rekomendasi Toko Online untuk Memulai Hobi Bermain Sepatu Roda



Masing-masing jenis sepatu roda tentu memiliki tantangan dan keseruannya masing-masing. Namun yang pasti, keduanya sama-sama seru dan menyehatkan tubuh! Apa saja manfaat bermain sepatu roda bagi kesehatan? Let’s roll, Moms!

1. Meningkatkan Keseimbangan

Baik inline skate atau quad skate, keduanya sama-sama membutuhkan keseimbangan tinggi agar tidak terjatuh dan bisa meluncur dengan mulus. Agar bisa seimbang saat bermain sepatu roda, Anda membutuhkan keseimbangan dari otot perut dan punggung bagian bawah. Semakin sering Anda bermain sepatu roda, maka otomatis keseimbangan Anda pun semakin baik dan otot-otot perut juga punggung Anda akan semakin kuat.

2. Menyehatkan Jantung

Menurut American Heart Association (AHS), sepatu roda merupakan termasuk jenis olahraga aerobik yang baik untuk menyehatkan jantung. Bermain sepatu roda bisa meningkatkan detak jantung menjadi 140-160 detak per menit. Ini tentu merupakan latihan jantung yang baik dan seru!



3. Mencegah Diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan dua jenis aktivitas fisik untuk mencegah diabetes dan mengendalikannya, yaitu latihan kekuatan dan latihan aerobik. Berita baiknya: Bermain sepatu roda termasuk dalam dua jenis aktivitas fisik yang disebutkan. Ya, meluncur dengan sepatu roda adalah latihan aerobik yang paling sederhana, di mana tubuh terbantu agar dapat menurunkan kadar gula darah.

4. Kaki Lebih Kuat

Tentu saja, otot-otot kaki adalah modal utama dalam bermain sepatu roda. Semakin sering Anda meluncur dengan sepatu roda, maka kaki pun akan lebih kuat. Lemak-lemak di kaki dan paha juga bisa berkurang dengan rutin bersepatu roda lho, Moms. Jangan lupa pakai pelindung kaki setiap kaki bermain sepatu roda, ya! Better safe than sorry, right?

5. Lebih Ramah Sendi

Aktivitas fisik seperti berjalan dan berlari memberi tekanan pada sendi-sendi kaki dan berpotensi memberikan cedera permanen, berbeda dengan bersepatu roda yang tergolong dalam aktivitas dampak rendah bagi sendi kaki. Pergerakan saat bersepatu roda sangat lembut, sehingga tidak merusak persendian. Mengutip Word Of Health, sebuah penelitian dari University of Massachusetts, bersepatu roda bisa menyebabkan dampak cedera pada sendi kaki 50 persen lebih rendah dibanding berlari.

6. Membakar Kalori

Walau terlihat santai, bersepatu roda tetap membakar kalori tubuh lho, Moms. Menurut Mayo Clinic, orang dengan berat badan sekitar 72 kilogram dapat membakar 913 kalori tubuh saat bersepatu roda 1 jam dengan kecepatan sedang. Sedangkan pada orang dengan berat tubuh sekitar 90 kilogram, kalori yang terbakar dengan bersepatu roda selama 1 jam adalah sekitar 1.138 kalori.

7. Membentuk Otot Tubuh

Bersepatu roda adalah olahraga kardio yang bisa membantu Anda membentuk otot-otot tubuh. Dengan bersepatu roda, otot-otot juga akan lebih kuat, khususnya otot-otot di area perut, paha, betis, dan area bokong. Berita baiknya, bersepatu roda juga membantu membasmi lemak-lemak membandel di area tersebut lho, Moms. Tubuh menjadi lebih berisi dan kencang. Bye bye lemak-lemak yang menggelambir!

8. Menjaga Kesehatan Mental

Bayangkan meluncur dengan sepatu roda sambil menikmati udara segar di alam terbuka, pasti seru dan menyenangkan banget kan, Moms. Dengan rutin bersepatu roda, Anda tidak hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Anda juga bisa mencoba berbagai trik-trik keren yang mudah dan menyenangkan. Coba juga berdansa sepatu roda ala tahun 80-an dengan teman-teman tersayang. Dijamin stres pergi dan kesehatan mental pun terjaga. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: sepatu roda,   quad skate,   olahraga,   kesehatan