Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Minum Kopi yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

Ini Cara Minum Kopi yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

Bagi beberapa orang, kopi menjadi minuman yang dipercaya dapat membantu meningkatkan fokus berkat kandungan kafein yang ada di dalamnya. Bahkan, beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi kopi dengan manfaat kesehatan tertentu.

Namun sayangnya, minum kopi tidak selalu menyenangkan bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki gangguan pada sistem pencernaannya, seperti asam lambung. Oleh karena itu, orang-orang dengan gangguan ini berusaha mencari solusi untuk bisa menikmati kopi tanpa menyebabkan peningkatan atau memperburuk kondisi asam lambung mereka.



Nah, berikut ini beberapa cara minum kopi yang aman bagi Anda yang menderita asam lambung tanpa menyebabkan peningkatan atau memperburuk kondisi asam lambung Anda.

1. Pilih Kopi dengan Kadar Asam Rendah

Jika Anda memiliki masalah asam lambung namun tetap ingin minum kopi, sebaiknya Anda memilih jenis kopi yang punya kadar asam yang rendah. Kopi dengan kadar asam rendah cenderung memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan kopi dengan kada asam lebih tinggi. Biasanya, kadar asam pada kopi bisa diminimalisir dengan memanggang biji kopi dengan sangat lambat. Dijamin, kopi akan tetap kaya rasa dan tidak akan menimbulkan peningkatan asam lambung buat Anda.



2. Pilih Kopi dengan Profil Dark Roast

Dikutip dari Very Well Health, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa dark roast diketahui dapat menurunkan kandungan asam klorogenat dan meningkatkan kandungan senyawa kimia N-methylpyridinium (NMP) dibandingkan dengan medium roast. Penelitian lain menemukan bahwa kopi yang mengandung konsentrasi senyawa kimia NMP yang lebih tinggi diketahui bisa meminimalisir peningkatan asam lambung.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencari kopi yang lebih aman buat perut Anda, kopi dark roast bisa jadi pilihan karena memiliki lebih sedikit senyawa yang dapat meningkatkan asam lambung dan lebih banyak bahan kimia yang dapat menurunkan asam lambung.

3. Pilih Kopi Cold Brew

Cold brew adalah teknik penyeduhan yang dilakukan dengan cara merendam bubuk kopi selama kurang lebih 8 jam. Kopi yang diseduh dengan teknik ini biasanya akan lebih ramah di perut dan tidak menyebabkan masalah asam lambung.

Teknik cold brew dapat membuat kadar asam pada kopi lebih kecil ketimbang teknik lainnya, karena biasanya teknik ini menggunakan air dingin untuk mengekstraksi rasa dari biji kopi. Diketahui, kopi cold brew mengandung kadar asam 70 persen lebih rendah dibandingkan dengan kopi biasa. Tak hanya itu, teknik cold brew akan menghasilkan konsentrat kopi yang lebih pekat dengan rasa lebih manis serta rendah kafein.

4. Tambahkan Susu

Seperti yang diketahui, susu merupakan salah satu minuman yang baik bagi penderita asam lambung. Oleh karena itu, menambahkan susu pada minuman kopi dapat menjadi alternatif yang aman dalam menikmati kopi. Tambahan susu ke dalam minuman kopi dapat membuat kandungan kafein menjadi lebih rendah dibandingkan minum kopi hitam biasa atau espresso.

Namun yang perlu Anda perhatikan, pilih susu rendah lemak (susu almond dan susu kedelai) agar kalori tetap terjaga dan aman di perut. Pastikan juga Anda tidak memiliki alergi pada produk susu, dan hindari susu yang dapat menyebabkan asam lambung, seperti susu dengan kandungan lemak yang tinggi. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Cookie_Studio/Freepik)



Tags: kesehatan,   kopi,   asam lambung,   minum kopi aman untuk penderita asam lambung