Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Masker Bengkuang untuk Kecantikan Wajah Anda

Ini Manfaat Masker Bengkuang untuk Kecantikan Wajah Anda

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang bersih, cerah, sehat, dan cantik? Rasanya hampir semua wanita menginginkannya ya, Moms. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh kulit wajah yang bersih, cerah, dan sehat adalah rutin melakukan perawatan kulit dengan mengaplikasikan masker wajah.

Nah, Moms bisa membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan alami, salah satunya dengan memakai bengkuang. Umbi berwarna putih ini sudah dikenal sejak lama punya segudang khasiat untuk kulit, karena kaya akan antioksidan dan mineral yang sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit.



Dilansir dari Nutrition Data, bengkuang mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin E, riboflavin, tiamin, kalsium, fosfor, tembaga, zinc, dan asam pantotenat. Semua kandungan ini sangat baik untuk kulit, mulai dari membantu untuk melembapkan wajah hingga mencerahkan kulit. Berikut beberapa manfaat masker bengkuang untuk kulit wajah Anda, Moms.

1. Mencerahkan Kulit

Seperti disebutkan di atas, salah satu vitamin yang terkandung dalam bengkuang adalah vitamin C. Menurut Ayur Times, vitamin C di dalam bengkuang bekerja sebagai antioksidan kuat dan mencegah infeksi kulit. Selain itu, vitamin ini juga menurunkan produksi melanin. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah dan lebih bersinar.

2. Mencegah Penuaan Dini

Selain membantu mencerahkan kulit, kandungan vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan kuat ini juga dapat melawan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, meningkatkan produksi kolagen, dan menjaga elastisitas kulit. Bahkan vitamin C dalam bengkuang dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang berperan dalam proses penuaan kulit.

Tak hanya antioksidan, kandungan isoflavon di dalam bengkuang juga dapat membantu mengurangi penuaan kulit. Oleh karena itu, penggunaan masker bengkuang secara teratur akan membantu Anda memperoleh kulit yang cerah dan mencegah penuaan dini.

3. Melembapkan dan Menyegarkan Kulit

Bengkuang mengandung banyak air yang dapat memberi kesegaran dan melembapkan kulit, sehingga kulit tampak lebih segar dan lembap. Terlebih lagi, bengkuang dapat menormalkan suhu kulit setelah terkena paparan sinar UV yang intens.



4. Mengurangi Jerawat dan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling menakutkan bagi banyak orang, baik pria maupun wanita, karena kehadirannya dinilai dapat merusak penampilan wajah kita. Nah, perawatan kulit dengan menggunakan masker bengkuang bisa membantu menghilangkan jerawat berkat kandungan vitamin E dalam bengkuang.

Menurut laman Health Benefits Times, vitamin E dinilai mampu mengurangi peradangan untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Ini juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat pada wajah. Sedangkan komponen air yang tinggi dapat menetralkan bagian kulit yang terkena jerawat dengan cepat. Karena itu, masker bengkuang bisa membantu menghilangkan jerawat di wajah. Tak berhenti sampai di situ, masker bengkuang juga dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat atau noda hitam pada wajah.

Cara Membuat Masker Wajah Bengkuang

• Siapkan 1 buah bengkuang berukuran sedang dan air secukupnya. Siapkan juga beberapa peralatan seperti mangkuk, alat parut, kuas masker, dan saringan.

• Cuci dan kupas bengkuang hingga bersih, kemudian parut bengkuang hingga halus.

• Tambahkan air secukupnya pada parutan bengkuang, lalu peras menggunakan saringan.

• Pisahkan air perasan ke dalam mangkuk dan diamkan selama 15-30 menit hingga terjadi endapan berwarna putih di bagian dasar mangkuk. Jika sudah, pisahkan air dari endapan di mangkuk terpisah.

• Gunakan endapan putih ini sebagai masker wajah.

Cara Mengaplikasikan Masker Bengkuang pada Wajah

• Oleskan endapan putih menggunakan kuas masker secara menyeluruh ke permukaan wajah, kecuali area bibir dan mata.

• Diamkan selama 10-15 menit

• Bilas wajah dengan menggunakan air hangat, kemudian lanjutkan membilas wajah dengan menggunakan air dingin agar pori-pori wajah tertutup.

• Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker bengkuang ini tiga kali dalam seminggu.

Selamat mencoba, Moms! (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Senivpetro/Freepik)



Tags: bengkuang,   masker bengkuang,   kesehatan,   kecantikan,   kulit,   wajah