Mother&Baby Indonesia
5 Teh yang Baik dan Aman untuk Dikonsumsi Balita Anda

5 Teh yang Baik dan Aman untuk Dikonsumsi Balita Anda

Teh dipercaya memiliki khasiat yang berlimpah untuk kesehatan tubuh kita. Tak hanya buat orang dewasa, khasiat teh juga bisa dirasakan oleh Si Kecil yang masih balita. Meskipun sebagian dari Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk memberi teh pada Si Kecil karena khawatir dengan kandungan kafein yang bisa membahayakan kondisi anak Anda, sebenarnya masih banyak teh berbahan dasar herbal yang aman dikonsumsi anak Anda yang masih balita.

Berikut ini 5 teh terbaik dan aman untuk dikonsumsi balita yang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk Si Kecil, Moms.

1. Teh Jahe

Meskipun memiliki rasa pedas yang mungkin tidak disukai oleh beberapa balita, tetapi jika Si Kecil dapat mengatasi rasanya, teh jahe bisa menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatannnya. Jahe diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang mampu menurunkan tingkat stres anak.



Selain itu, teh jahe juga dipercaya baik untuk pencernaan serta membantu meredakan mual dan mabuk perjalanan. Untuk Si Kecil yang masih balita, pastikan Moms hanya memberi teh jahe dalam jumlah sedang. Hal ini dikarenakan rasa pedas jahe bisa berisiko menyebabkan mulas pada Si Kecil.

2. Teh Mint

Mint merupakan tanaman herbal yang dikenal berkhasiat untuk meringankan sakit perut dan membantu mengatasi sembelit. Oleh karena itu, saat Si Kecil menderita sakit perut kronis atau memiliki penyakit yang membuat pencernaannya terganggu, minum teh mint dapat meringankan sakit pada perutnya. Mengonsumsi teh mint juga diketahui dapat meringankan Si Kecil yang sulit bernapas karena sinus.

3. Teh Chamomile

Chamomile merupakan salah satu tanaman herbal yang bila diseduh dengan secangkir air panas akan membantu memberikan efek menenangkan. Teh chamomile tentu cocok dikonsumsi Si Kecil sebelum ia tidur karena bisa membuatnya jadi rileks, sehingga memudahkannya untuk tidur.



Selain menenangkan, chamomile juga diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik (membuat otot menjadi lemas dan rileks). Namun perlu diingat Moms, chamomile merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan ragweed, dan serbuk sari ragweed diketahui merupakan alergen agresif. Si Kecil bisa jadi akan berisiko mengalami reaksi alergi saat minum teh Chamomile, terutama saat pertama kali mencicipinya. karena itu, agar aman, sebaiknya Moms berkonsultasi dulu dengan dokter anak tentang keamanan teh chamomile bagi balita.

4. Teh Adas

Balita rentan mengalami kembung yang membuat perut mereka terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Si Kecil disarankan untuk mengonsumsi secangkir teh adas atau fennel. Rasa adas diketahui mirip dengan permen black licorice, yang sebenarnya bukan merupakan rasa yang disukai kebanyakan balita. Oleh karena itu, mungkin Moms perlu membuat teh ini lebih cair agar rasanya bisa lebih diterima oleh balita Anda.

5. Teh Rooibos

Teh rooibos dipercaya memiliki banyak manfaat untuk balita. Tidak hanya mendukung kualitas tidur dan pencernaan Si Kecil, teh rooibus diketahui mengandung vitamin C, sehingga diyakini bisa mengatasi serangan flu atau masalah tidur yang dialami Si Kecil.

Bila Moms masih memiliki keraguan untuk memberikan teh pada Si Kecil, Moms bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak Anda terkait takaran dan manfaat dari teh yang akan dikonsumsi Si Kecil. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   teh,   teh untuk balita