Mother&Baby Indonesia
7 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Balita

7 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Balita

Seperti yang Moms ketahui, perkembangan otak anak terbagi menjadi tiga, yaitu perkembangan fisik, emosional, dan kognitif. Nah, salah satu kecerdasan yang akan dibahas kali ini adalah kecerdasan kognitif. Ini adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Apa saja yang termasuk dalam kecerdasan kognitif? Contoh yang masuk dalam aspek kognitif adalah kemampuan anak mengenali bentuk, mengingat pesan, memperhatikan lingkungan, dan berkomunikasi.

Kecerdasan kognitif ini bisa diasah sejak dini lho, Moms. Anda bisa mengajak Si Kecil melakukan aktivitas seru sambil melatih kecerdasan kognitifnya, tepatnya di bidang daya ingat, konsentrasi, perhatian, dan persepsi. Apa saja cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak? Read on, Moms!



1. Bernyanyi Bersama

Tidak hanya seru, bernyanyi bersama anak juga membantu meningkatkan kemampuannya untuk mengingat. Beri contoh nyanyian seru yang anak sukai, kemudian biarkan ia meniru Anda hingga lancar menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. Kegiatan seru ini juga baik untuk anak mengenal kata-kata, sehingga perbendaharaan katanya meningkat.

2. Mengenali Bising

Apakah anak Anda pernah penasaran dengan asal suara-suara bising yang ia dengar? Misalnya suara vacuum cleaner tetangga, suara air mengalir, atau kicauan burung. Jika ia mulai penasaran, coba ajak ia mengenali bising tersebut dan dari mana asal suara bisingnya. Cara seru ini membuat anak lebih mengenali lingkungannya, ia pun akan belajar bagaimana cara kerja benda menghasilkan suara.



3. Belajar Mengenal Huruf

Ingin membantu Si Kecil cerdas mengenali huruf sejak dini? Salah satu cara mudahnya tentu dengan menyanyikan lagu ABC. Selain itu, Moms bisa meningkatkan kecerdasan kognitif ini dengan bermain puzzle dan membacakan buku-buku tentang huruf. Anda juga bisa lho, mengajak anak mencari “harta karun” berupa huruf-huruf yang disembunyikan di rumah. 

4. Belajar Berhitung

Ada banyak cara mudah untuk mengenalkan angka dan cara berhitung ke anak. Salah satu cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan kognitif yang satu ini adalah menghitung jumlah sepatu yang ada di rumah atau menghitung jumlah kaus di lemari. Semua benda di rumah bisa dijadikan sarana seru belajar berhitung lho, Moms!

5. Kenalkan Bentuk dan Warna

Kecerdasan kognitif yang satu ini bisa ditingkatkan dengan mengidentifikasi benda-benda di sekitar anak. Misalnya, bola merah bulat atau meja biru kotak. Semakin besar anak, Anda bisa menggabungkan latihan angka dan huruf dengan bentuk dan warna. Misalnya, minta anak menemukan 5 huruf E berwarna biru di dalam kardus kotak. Tanpa disadari, anak sedang belajar dengan cara yang menyenangkan, Moms.

6. Tawarkan Pilihan

“Kamu mau pakai baju biru atau merah?” atau “Kamu mau camilan yoghurt atau es krim?” adalah contoh cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Dengan membiarkan anak bebas memilih, maka ia bisa lebih mandiri. Ini juga akan membantu anak lebih percaya diri dalam mengambil keputusan, yang tentunya sangat berguna di kehidupannya kelak.

7. Latihan Tanya Jawab

Meningkatkan kecerdasan kognitif anak berarti harus melatihnya bisa berpikir untuk dirinya sendiri, tanpa harus bertanya pada orang tua. Ini bisa dilatih dengan cara tanya jawab, seperti, “Setelah bermain di kasur, mainan mana yang harus kita bereskan terlebih dahulu agar kita bisa tidur nyaman di kasur?” atau “Menurut kamu, kenapa kita harus berjalan pelan dan hati-hati saat naik dan turun tangga?”

Mengajukan pertanyaan seperti ini mungkin terdengar sepele, tetapi bisa membantunya belajar memecahkan masalah dan mengenali lingkungannya lebih baik lagi. Meningkatkan kecerdasan kognitif anak, tidak sulit kan, Moms?(Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kecerdasan kognitif,   anak,   balita,   stimulasi